Mahasiswa Internasional KKM UIN Maliki Malang Ikuti Perayaan Isra Mi’raj di Thailand
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 134 views
6728_kakam.jpg

HUMAS UIN MALANG-Mahasiswa UIN Maliki Malang, Muhammad Riyadi Nugraha dan Muhammad Hafidhil Ahkam yang sedang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Mahsiswa (KKM) Thailand, mengikuti perayaan Isra & Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di Lapangan Eakkapap Pattana School, Pattani, Thailand, tepat pada Kamis (25/01/2024).
Perayaan Isra Mi’raj ini berlangsung meriah dengan adanya berbagai perlombaan yang diikuti oleh pelajar Mattayom (jenjang sekolah menengah pertama dan atas). Di antara perlombaan yang ada yaitu lomba nasyid, tilawah Al-Qur’an, khitobah, muhadatsah tiga bahasa (Bahasa Melayu, Arab, Inggris), adzan, dan cerdas cermat. Selain itu, ada juga penyampaian ceramah dan ada sesi pemberian sertifikat bagi pelajar berprestasi di sekolah.

6729_kakam.jpg


Kepala sekolah Eakkapap Pattana School atau juga biasa disebut Ma’had Al-Wahdah, Babo Ma (babo: panggilan untuk kiai di Thailand) mengatakan bahwa peringatan ini adalah kegiatan perdana yang diadakan oleh sekolah. Dia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat para pelajar dalam meningkatkan prestasi belajar.
“Semoga dengan adanya kegiatan ini pelajar bahagia, dan juga bisa meningkatkan prestasi belajar mereka, serta mampu berpikir dan berkomunikasi dengan baik” lanjutnya.
Sejalan dengan ini, Ustadz Muhammad Zin Methalong sebagai ketua pengajaran bagian Agama menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata untuk memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alayhi Wasallam saja, tapi juga harapannya agar pelajar bisa terus meningkatkan kemampun kreativitasnya.
“Di samping kita meneladani peristiwa agung dalam perjalanan Isra & Mi’raj ini, semoga kemampuan kreativitas kita semakin baik. Semangat membaca, semangat menulis, dan jangan lupa untuk berpikir positif,” ucapnya saat memberi sambutan.
Pada akhir acara, ada pembagian hadiah undian kepada seluruh pelajar dan dewan guru yang ada. Hadiah tersebut adalah berasal dari dewan guru dan beberapa kalangan masyarakat, yang kemudian diserahkan kepada sekolah. Adapun hadiah yang dibagikan cukup menarik. Seperti kipas, payung, guling, selimut, meja, buku, sejadah, uang, dan masih banyak lagi.
Turut hadir dengan aktif dan antusias sekitar 50 pelajar, dan 20 dewan guru. Kegiatan ini juga sebagai ajang unjuk minat dan bakat para pelajar, serta untuk memberikan ruang kesempatan dalam meningkatkan kreativitasnya.
Sebagai informasi, peringatan Isra Mi'raj di Thailand juga sebenarnya tidak jauh beda dengan Indonesia, khususnya warga nahdliyyin. Baik secara esensial maupun eksistensial.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up