SUB PIN Polio Putaran 1: Keterlibatan Mahasiswa Kesehatan KKN Kelompok 80 & 81 dalam Imunisasi Polio
Abadi Wijaya Jumat, 19 Januari 2024 . in Berita . 657 views
6638_polio.jpg

HUMAS UIN MALANG -  Imunisasi polio serentak dilaksanakan di Desa Karangnongko selama 5 hari, 15-19 Januari 2024 dengan jumlah 990 peserta terimunisasi. Target dari kegiatan ini adalah 5 PAUD dan TK, 3 SD, 2 MI dan posyandu balita yang ada di Dusun Nongkosewu, Karanganyar Lor, Paras, Baran, dan Tenggeran.

Imunisasi ini dibantu oleh mahasiswa KKN jurusan kesehatan kelompok 80 & 81. Mereka tak hanya melibatkan diri karena tugas, tetapi juga dengan semangat pengabdian masyarakat bersama bidan, perawat, dan kader kesehatan desa.

Imunisasi polio bukanlah sekadar rutinitas medis, melainkan suatu upaya serentak untuk mencegah dan memutus rantai penularan virus penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak. Misi ini tidak hanya tentang memberikan vaksin, tetapi juga memberikan perlindungan menyeluruh dan memperkuat daya tahan tubuh anak-anak rentan usia 0 hingga 7 tahun.

6639_polio.jpg

Instruksi dari pemerintah menjadi landasan pelaksanaan imunisasi polio serentak ini, menegaskan pentingnya kolaborasi antara pihak-pihak terkait untuk mencapai cakupan imunisasi yang optimal.

Bidan desa, Bu Tanti, memberikan apresiasi tinggi terhadap kontribusi mahasiswa KKN. Dalam tanggapannya, ia menyatakan, "Mahasiswa KKN sangat membantu dalam pelaksanaan SUB PIN Polio putaran 1 sehingga pelaksanaan berjalan dengan baik dan lancar."

6640_polio.jpg

Salah satu mahasiswa KKN, Bryka, jurusan kedokteran, juga berbagi kesan dan pesannya. "Saya sangat antusias mengikuti PIN putaran 1. Di sini saya banyak belajar hal baru. Terima kasih Bu Tanti dan Bu April atas pengalamannya." Dengan raut wajah berseri-seri, Bryka menegaskan bahwa pengalaman ini tidak hanya mengisi lembaran akademisnya, tetapi juga membangun ikatan kuat antara mahasiswa dan masyarakat desa.

Dengan keberhasilan pesta imunisasi polio ini, Desa Karangnongko tidak hanya menjadi lebih aman dari ancaman penyakit, tetapi juga merayakan semangat gotong-royong dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka. Pesta kesehatan ini memberikan kesan mendalam bahwa bersama-sama, kita mampu menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bahagia.

 

Reporter & Fotografer: Raalins W

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up