Jaga Akuntabilitas, Fakultas Saintek Lakukan Penilaian Pendahuluan Zona Integritas
Abadi Wijaya Kamis, 1 Februari 2024 . in Berita . 208 views
6740_fs.jpg

HUMAS UIN MALANG - Setelah mensubmit evidence atau input bukti fisik penilaian pendahuluan, Fakultas Saintek melalui Tim Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) mengevaluasi penilaian pendahuluan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag RI, Kamis siang (1/2/2024).

Penilaian yang berlangsung hybrid, berasa di Ruang Meeting Gedung Saintek Lantai 1 dan Zoom Meeting, dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Turut hadir beberapa pejabat dalam evaluasi ini, diantarannya, Wakil Rektor Bidang AUPK, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, Dekan Fakultas Saintek, Prof. Dr. Hj. Sri Harini, M.Si, Wakil Dekan II Bidang AUPK, Dr. Akyunul Jannah, M.P., Ketua Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Malang, Bapak In'am, Ketua Tim PMPZI Saintek, Dr. Hainur Rahman, M.Si., Sekretaris Tim PMPZI Saintek, Mutia Hikmah, M.Si

Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, selaku Wakil Rektor Bidang AUPK, menyampaikan adanya beberapa tujuan dari penilaian ini. "(Penilaian ini) bukan sekadar penilaian di atas kertas, namun sebagai upaya membangun kinerja yang Islami," ujar salah satu Guru Besar UIN Malang itu.

Lebih lanjut, Prof Ilfi menjelaskan, kinerja islami itu selaras dengan zona integritas yang harus dipaksa untuk kebaikan internal. "Kami memiliki kewajiban fardhu ain yang berbudaya untuk melayani dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, perlu mengupayakan itu dengan baik, walau harus dipaksa," jelasnya.

Selaras dengan Prof. Ilfi, Ketua Tim PMPZI Saintek, Dr. Hainur Rahman, M.Si. menegaskan komitmennya bersama tim untuk menerapkan pelayanan yang baik. “Kami berkomitmen mewujudkan tata kelola fakultas yang baik dan pelayanan terpadu dengan tetap berprinsip bersih tanpa ada kepentingan tertenu," tegasnya.

Sementara itu, penilai dari Tim Pendis baik Satuan Pengawasan Internal (SPI) maupun Organisasi Kepegawaian Hukum (OKH) yang diwakili para ketua yakni, Eri Muhibbuddin dan Karyadi hadir melalui Zoom Meeting untuk memberikan masukan yang membangun bagi Tim PMPZI Saintek.

6741_fs.jpg

Dalam kesempatan itu, Eri Muhibbuddin menyampaikan bahwa aspek terpenting dalam sebuah program adalah keberlanjutan yang terdokumentasi. "Bukti program berkalanya ada baiknya diinput juga ya bapak ibu sekalian, karena ini menjadi penting dalam edivence," jelasnya.

Eri juga mengapresiasi evaluasi dan penilaian dari Tim PMPZI Fakultas Saintek, "Sudah bagus, dan perlu ditingkatkan dengan sinkronisasi berkala sesuai program yang diagendakan," begitu menurutnya.

Terakhir, Dekan Fakultas Saintek menyampaikan terima kasih atas rekomendasi yang telah disampaikan oleh penilai dari Pendis Kemenag RI sekaligus mengharap dukungan dari semua pihak agar PMPZI Fakultas Saintek UIN Malang dapat meraih predikat WBK dan WBBM. “Terima kasih atas masukan dan sarannya. Insya Allah kami terus berupaya dan berkomitmen menjaga integritas kami di UIN Malang. Kami juga memohon doa restu untuk mencapai target itu (predikat WBK dan WBBM),” tegasnya. (sf)

 

Reporter & Fotografer: Sulthan Fathani Elsyam

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up