Rektor Buka Orientasi Maba Pascasarjana dengan Sorotan pada Era Digitalisasi 4.0
Abadi Wijaya Rabu, 21 Februari 2024 . in Berita . 180 views

 

6857_sungkem.jpg

HUMAS UIN MALANG - Pagi ini, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr H.M. Zainuddin, MA, dengan penuh semangat membuka Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana di Aula Gedung C Lt. 4. Memulai sambutannya, Prof Zainuddin menyambut 258 peserta orientasi Maba Pascasarjana pada semester genap tahun akademik 2023/2024. Rabu, 21 Februari 2024.

 

6858_serta.jpg

Dalam arahannya, Prof Zainuddin menekankan pentingnya penguasaan IT bagi mahasiswa Pascasarjana UIN Maliki Malang di era digitalisasi 4.0. "Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari teknologi, mahasiswa Pascasarjana harus mahir mengoperasikan komputer dan laptop untuk mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof Zainuddin menyoroti perlunya perangkat media pembelajaran dan alat penunjang akademik lainnya seperti buku referensi dan laptop. "Mahasiswa Pascasarjana harus aktif melakukan riset, kreasi, dan inovasi dalam kegiatan belajar," tegasnya.

6859_simbo.jpg

Menariknya, Prof Zainuddin juga menekankan pentingnya membaca dan menulis bagi mahasiswa Pascasarjana. "Buku harus menjadi teman sejati dalam perjalanan akademik, dan mahasiswa diharapkan bisa menjadi narasumber di berbagai acara penting serta menjadi kolumnis aktif di media massa," tambahnya.

Tak hanya itu, Prof Zainuddin juga mengajak mahasiswa untuk merencanakan penelitian yang mendalam, dengan menemukan masalah yang relevan dan mencari solusi yang tepat. "Penelitian haruslah terikat dengan rumusan masalah dan tujuan yang jelas," jelasnya.

6860_alm.jpg

Terakhir, Prof Zainuddin mendorong mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal nasional maupun internasional serta memastikan hasil karya ilmiahnya terindeks di Google Scholar atau Scopus. "Ini akan meningkatkan eksposur dan dampak dari penelitian yang dilakukan," tutupnya.

Dengan arahan yang komprehensif dari Rektor, diharapkan mahasiswa Pascasarjana UIN Maliki Malang dapat menjadi agen perubahan yang berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan zaman.

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up