Rektor UIN Malang: AICIS Buka Cakrawala Akademisi Atasi Krisis Kemanusiaan Global
Abadi Wijaya Jumat, 2 Februari 2024 . in Berita . 270 views
6744_rek.jpg

HUMAS UIN MALANG - Hari ini, Seluruh Rektor PTKN hadir langsung dalam perhelatan akbar tahunan yang digelar oleh Kementerian Agama Indonesia (Diktis), yaitu Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), dengan mengangkat tema yang penuh makna, "Agama dan Krisis Kemanusiaan Global". Jumat 2 Februari 2024.

Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA turut hadir dan memberikan dukungan penuh suksesnya kegiatan akbar tahunan ini yang bertujuan untuk menggali pemahaman lebih dalam terkait peran agama dalam menghadapi tantangan kemanusiaan global. "Dengan menghadirkan para akademisi, praktisi, dan pemikir dari seluruh dunia, AICIS 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi akademik yang berharga dan menghasilkan pemikiran-pemikiran strategis," ungkapnya saat ditemui di lokasi acara.

Prof. Zainuddin menilai bahwa AICIS ini bukanlah forum akademis biasa, tetapi menjadi panggung untuk membuka horison para umat beragama. Tema 'Agama dan Krisis Kemanusiaan Global'. "Saya kira, AICIS sangat relevan dengan situasi dunia saat ini, terutama melihat krisis kemanusiaan yang terus melanda," jelasnya.

Prof. Zainuddin menjelaskan bahwa peserta konferensi diundang untuk saling menyadari keberagamaan masing-masing dan berkolaborasi dalam menegakkan perdamaian. Dengan menyelaraskan pandangan agama-agama, diharapkan akan muncul solusi-solusi inovatif dalam mengatasi krisis kemanusiaan global yang semakin kompleks. "Inilah tujuan utama AICIS 2024 ini," ungkap beliau.

Perhelatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh agama, cendekiawan, dan pemikir terkemuka. Mereka berbagi wawasan dan pengalaman dalam upaya bersama menghadapi tantangan kemanusiaan, seperti konflik berskala besar, perubahan iklim, dan krisis kesehatan.

AICIS 2024 diharapkan tidak hanya menjadi momen berharga dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan pemikiran, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mendukung upaya-upaya penyelesaian krisis kemanusiaan global. "Masyarakat dunia menanti-nanti hasil konferensi ini sebagai sumbangan nyata untuk menciptakan dunia yang lebih berkeadilan, damai, dan manusiawi." Ujar Prof. Zainuddin.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up