Religious Leaders Summit AICIS 2024: Komitmen Bersama untuk Perdamaian dan Konservasi Lingkungan
Abadi Wijaya Sabtu, 3 Februari 2024 . in Berita . 281 views
6778_aicis.jpg

HUMAS UIN MALANG - Religious Leaders Summit AICIS 2024 di UIN Semarang, berhasil merumuskan sembilan poin dalam Semarang Charter yang menggarisbawahi pentingnya perdamaian dan kemanusiaan dari berbagai perspektif agama. Salah satu poin menekankan komitmen komunitas agama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam (3/2).

Elga Sarapung, Direktur Institut Dialog Antar Iman Indonesia (Interfidei), menyoroti dampak negatif pembangunan seperti PT. Semen dan peningkatan jumlah hotel yang merusak hutan dan danau. Elga menginginkan langkah konkret dalam mengatasi isu lingkungan, menyatakan harapannya agar kegiatan ini tidak hanya sebatas konsep dan teori, melainkan berbuah tindakan nyata.

Tokoh agama Thailand, Phra Dr. Anilman Dhammasakiyo menyampaikan bahwa krisis lingkungan global membutuhkan tindakan nyata. Ia mengajak pemimpin agama untuk aktif berperan dalam memperbaiki kerusakan lingkungan demi masa depan generasi berikutnya.

Keseluruhan, pemerintah, akademisi, peneliti, dan tokoh agama diharapkan bersatu merumuskan nilai keadilan berdasarkan ajaran agama masing-masing dengan menegaskan pentingnya komitmen dan integritas untuk mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pewarta: Syaputri Maharani

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up