WR Bidang Akademik UIN Malang Ungkap Inovasi Pengembangan Program Studi dan Pengukuran IKU yang Revolusioner
Abadi Wijaya Senin, 26 Februari 2024 . in Berita . 202 views

 

6862_ok.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam Kegiatan Pra Rapim yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, memperkenalkan serangkaian rencana ambisius untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di UIN Malang. Senin, 26 Februari 2024.
Salah satu poin yang menonjol dari paparannya adalah terkait dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) nomor 2, yang menggarisbawahi perlunya pengukuran pre-test dan post-test survei mahasiswa dalam mata kuliah khas S1 moderasi beragama pembelajaran Mahad Al-Jamiah. Hal ini menjadi instrumen penting untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran dan pencapaian target yang diharapkan.
Tidak hanya itu, Prof. Umi Sumbulah juga menyatakan transformasi dalam IKU nomor 10, yang semula mengacu pada pengembangan program studi dan fakultas teknik, kini berubah menjadi pengembangan program studi baru dan bahkan pendirian fakultas baru. Langkah ini dianggap sebagai strategi inovatif untuk mengakomodasi kebutuhan baru dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.
Lebih lanjut, terkait dengan IKU nomor 15, UIN Malang menargetkan penyusunan standar pada tahun 2024. Hal ini mencerminkan komitmen institusi untuk menjaga kualitas pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Sementara itu, perihal IKU ICLC, Wakil Rektor menyatakan bahwa kelas blended learning atau hybrid dapat dilaksanakan tanpa perlu izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sementara kelas full online akan memerlukan izin khusus untuk kelas cyber.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Islam dan mengikuti perkembangan zaman, UIN Malang telah mereview kurikulum ICP (Islamic Character Program) di Fakultas Tarbiyah dan Syariah, sehingga siap untuk membuka program ICP. Target ambisius pun ditetapkan, yaitu membuka satu program studi ICP di masing-masing fakultas syariah, humaniora, dan tarbiyah.
Paparan yang revolusioner ini menggugah semangat peserta rapat untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman, menjadikan UIN Malang sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan relevan dalam menghadapi tantangan masa depan.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up