UIN Malang Perkuat Kemitraan dengan RSUD Karsa Husada Batu
Abadi Wijaya Selasa, 19 Maret 2024 . in Berita . 292 views

 

6979_kad.png
KONSOLIDASI: Rektor UIN Malang memberikan cinderamata berupa buku dengan judul Sang pendidik kepada perwakilan Dinkes Prov. Jatim dan Kepala RSUD Karsa Husada Batu.

 

HUMA UIN MALANG - Suasana harmonis memenuhi ruang rapat Senat Lt. 4 Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, saat dilangsungkannya acara konsolidasi kerja sama antara Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karsa Husada Batu. Pertemuan tersebut bertujuan untuk memperkuat sinergi antara akademisi dan praktisi kesehatan dalam mendukung pendidikan dan pelayanan masyarakat. Selasa, 19 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Reaktor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr H.M. Zainuddin, MA menyebutkan bahwa kerjasama FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan RS Karsa Husada Batu sudah dilakukan sejak tahun 2020 dan ini mendapat perhatian penuh oleh Pemprov Jatim.

6980_simak.png

Sinergi kolaborasi ini bertujuan untuk memajukan lembaga pendidikan, khususnya di bidang ilmu kesehatan pada Fakultas Kedokteran di UIN Maliki Malang. "Kerjasama ini penting dilakukan untuk menunjang pengembangan FKIK dan RS Karsa Husada Batu kedepan," kata Prof. Zainuddin.

Oleh karena itu, tambah beliau, Kerjasama ini harus terus dilakukan dan saling menguntungkan satu sama lain. Akan tetapi, keuntungan yang dimaksud bukan secara pribadi tapi untuk kemajuan kedua Lembaga ini. “Saya berharap pertemuan pagi ini bisa ditingkatkan agar pada semester depan ini mahasiswa FKIK bisa melakukan proses pendidikan kedokterannya di RSUD Karsa Husada sesuai rencana,” tegasnya.

6981_paparan.png

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim (Kadinkes) Dr. Erwin Ashta Triyono, dr., Sp.PD., KPTI., FINASIM, berhalangan hadir dan diwakili Ninis Herlina K, dalam sambutannya, dia menyampaikan pesan Prof. Erwin bahwa kerjasama yang baik antara UIN dan RSUD Karsa Husada batu ini harus terus dilakukan guna proses pengembangan kedua Lembaga tersebut. “Kerjasama ini tidak lain untuk memfasilitasi calon dokter muda FKIK UIN Maliki Malang saat melakukan praktik pendidikan kedokteran,” paparnya.

Kadinkes Prov. Jatim siap memfasilitasi kesepakatan dan Kerjasama kedua Lembaga ini, dan keduanya harus saling melakukan evaluasi dan update kebutuhan baik sarana dan prasarana ataupun kebutuhan SDM nya terutama FKIK dan juga RSUD KH. “Ini pesen Kadnikes untuk kedua Lembaga ini dan semoga Kerjasama ini bisa terus berlanjut,” pungkasnya.

6982_rezal.png

Sementara itu, Direktur RSUD Karsa Husada Kota Batu, dr Muhammad Rizal M.K M.Kes, menyampaikan bahwa kerjasama FKIK UIN Maliki Malang dengan RSUD KH ini akan berakhir hingga Juli 2025. Sehingga, hingga saat ini PKS tersebut masih sah dan dijadikan dasar hukum oleh kedua Lembaga ini. “RSUD KH sendiri saat ini telah melakukan kerjasama dengan banyak perguruan tinggi dan tidak hanya FKIK UIN Maliki Malang saja dan ini menjadi komitmen kami untuk bisa memberikan ruang belajar bagi calon dokter muda,” terangnya.

RSUD KH ingin membantu semua sivitas akademika, bagaimana mereka nyaman dalam menempuh Pendidikan ilmu Kesehatan sehingga RSUD KH terus berjuang dan berkomitmen untuk  meningkatkan layanannya. “RSUD KH Batu siap melakukan kerjasama dengan FKIK UIN Maliki Malang untuk memberikan kemaslahatan kepada masyarakat dan sivitas akademika,” tutupnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up