Tingkatkan Mutu Pendidikan UIN Malang Lakukan MoU dengan MA
Abadi Wijaya Senin, 27 Mei 2024 . in Berita . 351 views
7196_mou.jpg

HUMAS UIN MALANG– Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan beberapa Madrasah Aliyah dan SMA (27/5).

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA. menjelaskan bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen besar UIN Malang kepada masyarakat, terutama kepada madrasah dan sekolah-sekolah di lingkungan pesantren. "Program ini adalah salah satu dari berbagai upaya kami untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswa-siswi dan santri yang berprestasi," ujar Rektor.

Beberapa bulan sebelumnya, UIN Malang juga menjadi tuan rumah seminar dan kegiatan perumusan sistem pendidikan Nahdatul Ulama oleh PPNU. "Kini, lingkungan pendidikan Nahdatul Ulama telah memiliki sistem pendidikan yang menjadi acuan bagi pengasuh pesantren dan para guru," tambahnya.

Beliau juga menekankan bahwa UIN Malang memiliki berbagai program pembinaan untuk madrasah dan perguruan tinggi di lingkungan pesantren. Salah satunya adalah memberikan bantuan akreditasi dan pelatihan kepada perguruan tinggi di pesantren yang membutuhkan.

Rektor juga menyoroti keunggulan UIN Malang yang memiliki tagline "Unggul Bereputasi Internasional". Saat ini, 14 program studi sedang didaftarkan untuk akreditasi internasional. "Kami memiliki program unggulan seperti Ma’had Jami’ah, di mana seluruh mahasiswa baru wajib tinggal minimal satu tahun. Tahun ini, Ma’had baru yang premium menampung 1600 mahasiswa baru, dengan total kuota 6000 mahasiswa baru," jelasnya.

7197_mou.jpg

UIN Malang memiliki tiga kampus dengan fakultas yang lengkap dan program-program unggulan seperti Pusat Ma’had Jami’ah dan Pusat Pendidikan Bahasa Asing. "Kami memiliki 240 mahasiswa asing dari total 560 mahasiswa luar negeri dari 42 negara. Setiap tahun, kami menerima penghargaan dari Kementerian Agama sebagai kampus dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak. Dosen-dosen kami juga berasal dari luar negeri, seperti Mesir, Arab Saudi, dan Sudan," lanjut Prof. Zainuddin.

Selain itu, UIN Malang juga menyediakan beasiswa untuk hafizul Quran. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU, menandai komitmen UIN Malang dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan pesantren dan madrasah.

Reporter: Rahmata Bella

Fotografer: Ajay

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up