UIN Malang Gelar Pelatihan Fasilitator Bimbingan Perkawinan Pra Nikah
Abadi Wijaya Jumat, 31 Mei 2024 . in Berita . 400 views
7231_x.jpg

HUMAS UIN MALANG - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan pelatihan teknis bagi fasilitator Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah. Pelatihan yang dikemas dalam bentuk Bimbingan Teknik (Bimtek) ini berlangsung selama empat hari, mulai 28 hingga 31 Mei 2024, dan diikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari penghulu, penyuluh, pengurus organisasi masyarakat (ormas) Islam, aktivis gender, dan akademisi dari Fakultas Syariah UIN Malang.

7225_mahpur.jpg

Acara pembukaan pelatihan ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama strategis antara Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. "UIN Malang menjadi kampus pertama yang menyambut kerjasama ini, karena salah satu program unggulan UIN Maulana Malik Ibrahim yang dinakhkodai Fakultas Syariah selaras dengan program-program Bimas Islam Kemenag RI yaitu Family Corner," ujar Dr. Isroqunnajah yang akrab dipanggil Gus Is.

7224_lokalan.jpg

Ketua panitia Bimtek, Dr. H. Miftahul Huda, SHI., M.H, mengungkapkan bahwa dalam pelatihan ini, para calon fasilitator mendapatkan pengetahuan awal tentang hakikat perkawinan dan pengelolaan dinamika keluarga. "Pada tahun 2024, Bimbingan Perkawinan akan menjadi kewajiban tanpa pengecualian bagi calon pengantin. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," tandas Dr. Miftahul Huda, yang juga merupakan ketua unit Family Corner Fakultas Syariah.

7238_pr.jpg

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah materi yang disampaikan oleh tim instruktur berpengalaman, seperti persiapan membangun keluarga sakinah, psikologi keluarga, pemenuhan kebutuhan keluarga, kesehatan reproduksi keluarga, menyiapkan generasi berkualitas, dan pengelolaan keuangan keluarga bagi calon pengantin.
Salah satu instruktur Bimwin Nasional, Dr. Sugeng Widodo, yang akrab disapa Paman Dodo, mengapresiasi pelaksanaan Bimtek ini. "Bimtek Bimwin yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah UIN Malang luar biasa. Dinamika di kelas semakin hidup karena peserta berasal dari berbagai elemen, termasuk perwakilan Kemenag Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Fasilitator yang sudah mendapatkan Bimtek wajib memberikan Bimwin bagi calon pengantin yang mendaftar nikah di KUA setempat. Ini adalah kali pertama Bimas Islam Kemenag RI bekerjasama dengan kampus. Semoga bisa menginspirasi kampus UIN lainnya," ujar Paman Dodo.
Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. Sudirman, menegaskan bahwa target utama kegiatan ini adalah mencetak fasilitator profesional yang mampu memberikan bimbingan perkawinan pra nikah di kota dan kabupaten. "Kami berharap para fasilitator yang dilatih di sini dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun keluarga yang lebih harmonis dan sejahtera," tutup Prof. Dr. Sudirman.
Dengan adanya pelatihan ini, UIN Malang diharapkan dapat terus menjadi pionir dalam program bimbingan perkawinan pranikah yang berkualitas dan berdampak positif bagi masyarakat.

Reporter dan Fotografer: Ariel

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up