UIN Malang Sukses Gelar Ujian SSE-UMPTKIN 2024
Abadi Wijaya Senin, 24 Juni 2024 . in Berita . 297 views
7294_saa.jpg

HUMAS UIN MALANG-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sukses menyelenggarakan Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SSE UM-PTKIN) 2024. Sebanyak 1.663 peserta mengikuti ujian ini selama dua hari, 24-25 Juni 2024. Acara ini merupakan salah satu jalur seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

7295_pesa.jpg


Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag, Kepala Biro AAKK, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, serta Kabag Akademik yang juga Ketua Panlok SSE UM-PTKIN UIN Malang, turut memantau jalannya proses ujian CBT yang terpusat di Gedung Fakultas Saintek.
Prof. Zainuddin menyampaikan bahwa proses seleksi CBT di UIN Malang berjalan lancar, aman, dan terkendali. "Peserta tampak mengerjakan soal dengan serius dan kondusif. Ini menunjukkan komitmen mereka untuk masuk perguruan tinggi terbaik pilihannya," ujarnya.

7296_tas.jpg


UIN Malang sendiri membuka banyak jalur seleksi, seperti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Prestasi Akademik Untuk Program Studi Keagamaan Islam yang dikelola oleh Kementerian Agama (SPAN-PTKIN), UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri. Prof. Zainuddin menjelaskan, "Kuota untuk SNBP adalah 25 persen, UM-PTKIN 50 persen, dan jalur mandiri 25 persen."
Bagi peserta yang belum lulus di jalur UM-PTKIN, UIN Malang masih menyediakan jalur mandiri setelah seleksi UM-PTKIN ini. "Jangan putus asa dan semoga semuanya lulus. Yang belum lulus bisa mengikuti seleksi mandiri. Selamat berjuang dan semoga lolos seleksi," tambahnya.

7297_sasas.jpg


Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (Karo AAKK), Barnoto, memastikan panitia sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk kelancaran proses CBT. "Mulai dari kesiapan hardware berupa komputer dan jaringan, semua sudah dipersiapkan dengan baik. Semoga dua hari ke depan proses seleksi SSE-UM PTKIN berjalan lancar tanpa ada kendala berarti," harapnya.
Kepala Bagian Akademik, Imam Ahmad, menekankan pentingnya ketertiban selama pelaksanaan UM-PTKIN. "Panitia dan peserta diharuskan tertib. Keluarga yang mengantar tidak diizinkan masuk ke dalam Gedung Saintek. Pengantar hanya boleh menunggu di luar Gedung agar tidak mengganggu peserta yang sedang tes," jelasnya.

7298_adad.jpg


Tahun ini, ada satu peserta disabilitas tuna wicara yang mengikuti tes. "Peserta penyandang disabilitas juga akan diberikan pendamping agar bisa mengikuti ujian dengan nyaman," tambah Imam Ahmad.
Dengan persiapan yang matang dan pelaksanaan yang tertib, UIN Malang berharap semua peserta dapat menjalani ujian dengan baik dan mencapai hasil yang memuaskan.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up