Peserta WAEJUC Diajak Praktik Pengolahan Kuliner Khas Malang
Abadi Wijaya Kamis, 11 Juli 2024 . in Berita . 129 views
7358_waejuc.jpg

HUMAS UIN MALANG – Sebanyak 28 mahasiswa asal Australia dengan penuh antusias mengikuti praktik pengolahan dan penyajian makanan khas Malang. Kegiatan ini merupakan sesi ketiga dari rangkaian program Western Australia East Java University Consortium (WAEJUC) yang berlangsung di Rektorat Kampus 1 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis, 11 Juli 2024.

Para mahasiswa ini sebelumnya telah mengikuti sesi "Water Conversation" yang diadakan di Kampus 3 universitas tersebut. Program WAEJUC ini bertujuan untuk mempererat hubungan akademis dan budaya antara Australia dan Indonesia, khususnya Jawa Timur. Sebelum Mereka mengikuti Praktik Pengolahan Penyajian makanan khas Malang, Tarian Khas Malang ditampilkan.

Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyatakan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan budaya kuliner Malang kepada mahasiswa Australia, tetapi juga untuk memberikan pengalaman langsung dalam mengolah dan menyajikan makanan khas daerah Jawa Timur. "Selain itu juga untuk meningkatkan kerjasama kedepannya." paparnya.

Sesi pengolahan dan penyajian makanan khas Malang ini memperkenalkan berbagai resep tradisional. Mahasiswa diajak untuk mencicipi beberapa makanan, Beberapa hidangan yang disajikan antara lain bakso Malang, es santan ,tahu campur dan Rujak.

Salah satu mahasiswa Australia, Shopie, menyatakan kekagumannya terhadap kekayaan rasa makanan khas Malang dan rangkaian acaranya sangat tertata dan dipersiapkan "Saya sangat senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya untuk belajar langsung tentang budaya kuliner Indonesia, khususnya Malang," ujar Sophie.

Program WAEJUC ini diharapkan dapat terus berjalan dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik mahasiswa Australia yang belajar di Indonesia maupun sebaliknya. Selain memperdalam pengetahuan akademis, program ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada masyarakat internasional. (alf/*)

Reporter: Alfan

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up