Ratusan Insan Ulul Albab Ikuti Riyadhoh Mabit di Gedung Baru UIN Malang
Abadi Wijaya Kamis, 25 Juli 2024 . in Berita . 210 views
7417_mabit.jpg

HUMAS UIN MALANG - Sebanyak 255 insan Ulul Albab yang terdiri dari berbagai unsur civitas akademika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti Riyadhoh Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) di Gedung Islamic Tutorial Centre (ITC), Kampis 3 UIN Malang,  pada Kamis malam, 24 Juli 2024.

Mabit yang bertajuk "menata hati menyambut mahasantri" ini bertujuan untuk memperkuat keimanan sekaligus merawat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar civitas UIN Malang. Selain itu, agenda ini menjadi momen penting dalam menyatukan persepsi untuk saling menjaga apa yang dimiliki oleh kampus

Agenda ini dibuka langsung oleh Rektor, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, lewat sambutannya, ia berterima kasih kepada seluruh pimpinan dan unsur civitas akademika UIN Malang. "Saya sampaikan terima kasih kepada unsur civitas akademika yang telah mendukung sampai saat ini, khususnya pimpinan yang ada di fakultas maupun prodi," ujarnya.

Kedua, sambungnya, pihaknya memberi nama mahad putra dengan tokoh filsuf, yaitu Al-Khawarizmi dan mahad putri dengan nama Rabiah Al-Adawiyah seorang sufi wanita yang dikenal karena kesucian dan kecintaannya terhadap Allah. Dari nama tokoh-tokoh tersebut diharapkan UIN Malang dapat mewujudkan cita-citanya untuk menjadi kampus internasional yang nyata dan menjadi representasi Universitas Al-Azhar di Indonesia.

"Upaya kita ini adalah menunjukkan kepada dunia bahwa UIN Malang memiliki mahad percontohan bagi PTKIN se-Indonesia yang di dalamnya terdapat pendidikan karakter dan pusat pendidikan unggulan sehingga benar-benar terwujud kampus internasional secara mutu pendidikan yang setara dengan Al-Azhar Mesir." Ungkapnya.

7418_mabit.jpg

Selain itu, dalam agenda ini dijelaskan yang dipandu langsung Kepala Pusat Mahad, Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M.HI tentang berbagai simulasi berkaitan dengan kegiatan-kegiatan di mahad yang dengan kegiatan-kegiatan di mahad kampus 3. Mulai dari simulasi perkuliahan reguler, simulasi PKPBA, simulasi taklim ma'had, simulasi Pusat Pengembangan Bisnis (P2B), simulasi sarana dan prasarana hingga simulasi keamanan. 

7419_mabit.jpg

Sementara di penghujung rangkaian acara esok, para peserta akan menunaikan salat subuh berjamaah kemudian dilanjut dengan ceramah yang disampaikan Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag dan terakhir ditutup dengan khotmil qur’an dan senam pagi bersama di depan halaman gedung. (sf)

Reporter dan Fotografer: Sulthan Fathani Elsyam

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up