Ribuan Peserta Ikuti Seleksi Ujian Mandiri UIN Malang 2024
Abadi Wijaya Selasa, 16 Juli 2024 . in Berita . 183 views

 

7364_jw.jpg

HUMAS UIN MALANG - Sepekan setelah pengumuman mahasiswa baru jalur UMPTKIN, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang laksanakan seleksi ujian mandiri tulis CBT yang diikuti lebih dari 2000 peserta. Ujian ini digelar di beberapa fakultas UIN Malang dan dijadwalkan berlangsung pada 16-17 Juli 2024.

Jalur mandiri merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UIN Malang secara mandiri. Terdapat jalur mandiri tes, non tes, dan prestasi pada seleksi tahun 2024 ini. Seleksi ini bertujuan untuk mencari calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan unggul sehingga dapat mewujudkan visi misi UIN Malang menjadi kampus unggul dan bereputasI internasional. 

7365_ajj.jpg

Pada jalur mandiri tes, para calon mahasiswa baru akan mengerjakan ujian berbasis CBT yang mana terdapat beberapa subtes yang diujikan seperti Penalaran Matematika, Penalaran Umum (skolastika), Literasi Bahasa, Literasi Ajaran Islam. Setelah ujian CBT dilaksanakan, peserta kemudian diarahkan untuk ke ruangan lain untuk tes Baca Tulis Al-Qur'an.

Dalam sesi kunjungan dan wawancara di Fakultas Saintek, Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H.M Zainuddin MA, melaporkan bahwa jalur seleksi ini merupakan jalur terakhir yang dibuka oleh UIN Malang. Sebelumnya sudah ada jalur SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN yang digelar UIN Malang.

7366_ekkdd.jpg

"Pada seleksi mandiri 2024 ini, terdapat sejumlah 1334 peserta mandiri tes, 644 peserta mandiri non tes, dan 124 peserta mandiri prestasi," paparnya.

Beliau juga nenambahkan bahwa saat ini mahad kampus 3 akan segera dioperasikan untuk mahasantri baru tahun 2024.

Dengan terlaksananyanya seleksi ini diharapkan dapat menemukan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan unggul. (qq/*).

 

Reporter dan Fotografer : Rizki Ramadhani Pratama 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up