Semangat Kolaboratif, UIN Malang Racik Strategi Kerukunan Umat Beragama bersama Elemen Keagamaan di Malang Raya
Abadi Wijaya Kamis, 25 Juli 2024 . in Berita . 44 views
7415_fgd-mb.jpg

HUMAS UIN MALANG - Terobosan demi terobosan dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahin Malang untuk terus mengembangkan keilmuan. Salah satunya, insan Ulul Albab berkolaborasi dengan elemen keagamaan di Malang Raya dalam Forum Group Discussion (FGD), Rabu, 24 jULI 2024.

FGD yang bertajuk pembahasan Strategi Terpadu Untuk Membangun Kerukunan Umat Beragama di Level Akar Rumput di Malang Raya ini dihadiri oleh berbagai lapisan lembaga dan ormas keagamaan, diantaranya Kepala Bakesbangpol Kota Malang Kakankemenag Kota Malang Ketua FKUB Kota Malang, Ketua FKUB Kab. Malang, Ketua FKUB Kota Batu, Wakil Ketua FKUB Kota Malang, Pengurus FKUB Perwakilan Kristen Kota Malang Pengurus FKUB Perwakilan Katolik Kota Malang, Pengurus FKUB Perwakilan Hindu Kota Malang, Pengurus FKUB Perwakilan Budha Kota Malang, Pengurus FKUB Perwakilan Konghucu Kota Malang, Pimpinan Muslimat NU Kota Malang, Pimpinan Aisyiyah Kota Malang, Pimpinan NA Kota Malang, Pimpinan Fatayat Kota Malang, Perempuan FKUB Unsur Islam, Perempuan FKUB Unsur Kristen, Perempuan FKUB Unsur Katolik, Perempuan FKUB Unsur Hindu 1 orang, Perempuan FKUB Unsur Budha, Perempuan FKUB Unsur Konghucu

Rektor UIN Malang menyebut, pihak kampus terbuka untuk menyelenggarakan kegiatan yg berkolaborasi dengan agama lain dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat. "Kita perlu menyerukan kepada orang lain untuk mengikuti dengan kalimat ajaran yg bijak sehingga meminimalisir adanya perselisihan antar umat beragama," tegasnya.

Disebutkan dalam FGD, kolaborasi ini berupa penelitian yangi bertujuan untuk menganalisis dan menemukan model dan strategi dalam membangun kerukunan umat beragama di Indonesia (Malang) dan Thailand (Bangkok) dengan melihat dan belajar dari pengalaman para aktor atau leading sector yang berperan dalam upaya kerukunan umat beragama tersebut.

Cross-Sectional Study on Integrated Strategy for Building Religious Harmony in Indonesia and Thailand menjadi judul penelitian yang dipilih oleh tim peneliti, diantaranya Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, Dr. Jamilah, MA, Dr. Yaoping Liu (ISIC-RUTK, Thailand), dan Moh. Takdir, MA.

Kedepannya, tim ini akan mengkaji, mendalami, serta berusaha menemukan model dalam upaya-upaya kerukunan antar umat beragama yang diperankan oleh para pelaku (subjek) di masing-masing sektor. (sf)

Reporter dan Fotografer : Sulthan Fathani Elsyam

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up