WR II: Wujudkan Budaya Peduli Lingkungan
Abadi Wijaya Rabu, 10 Juli 2024 . in Berita . 147 views
7347_mett.jpg


HUMAS UIN MALANG-Sejak mengikuti kontestasi internasional bersama perguruan tinggi seluruh dunia bersama UIN GreenMetric dan mendapat predikat most sustainability improved university, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang semakin bersemangat untuk mewujudkan green campus menjadi budaya dan perilaku bagi seluruh warga kampus. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang AUPK, Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si, pada Selasa, 9 Juli 2024, saat pendampingan 1st assessment dengan tim UI GreenMetric yang berlangsung di ruang pertemuan Kepala Biro AUPK, Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd.
Prof. Ilfi, sapaan akrabnya, menekankan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan mengatasi pemanasan global sebagaimana telah dijelaskan dalam Al Quran. “UIN Malang sebagai PTKIN terbaik perlu menjadi contoh dalam membangun kepedulian terhadap lingkungan, divabel, serta perempuan dan masyarakat secara luas. Oleh karena itu, seluruh pimpinan di kampus ini mengajak seluruh warga kampus untuk melakukan gerakan dan aksi nyata peduli terhadap ekologi,” ujarnya.
Salah satu aksi nyata yang telah diambil kampus ini adalah dengan berkomitmen memasukkan green campus sebagai indikator kinerja universitas mengikuti UI GreenMetric. Pasalnya, Al Quran secara gamblang menjelaskannya dalam surat Al Araf: 56, 74, dan Al Qasas: 77, Al Baqarah: 11-12,30,60, Yunus: 41, dan juga Arrum 41.  "Kampi optimis untuk mewujudkan kampus hijau di lingkungan UIN Malang," tegasnya penuh yakin.

7348_open.jpg


Saat ini, UIN Malang memiliki empat kampus dengan lokasi yang berbeda, semuanya mengutamakan keasrian dan kebersihan. Kampus UIN Malang terus berupaya melakukan pembenahan, khususnya soal infrastruktur yang ramah terhadap siapa saja melalui redesign yang ramah terhadap divabel, revitalisasi unit kesehatan, smart class dan smart campus, efisiensi energi, serta aksi pengurangan sampah plastik.
Kampus tiga UIN Malang, yang memiliki lahan sangat luas termasuk hutan kampus seluas 20 hektar, gedung perkuliahan telah didesain ramah lingkungan dengan dilengkapi solar sell dan resapan air yang telah disiapkan dengan baik. “Insyaallah Juli 2025 gedung yang membentuk kalimat Arrahim selesai,” terang Prof. Ilfi.
Dalam kondisi ini, UIN Malang membutuhkan pendampingan langsung dari tim UI GreenMetric untuk langkah selanjutnya yang harus disiapkan oleh kampus ini. “Langkah ini kami ambil sesuai dengan komitmen kampus untuk menjadi kampus yang unggul dan bereputasi internasional,” jelasnya.
Dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari seluruh warga kampus, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertekad mewujudkan green campus yang tidak hanya sekadar status, tetapi menjadi budaya dan perilaku sehari-hari.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up