128 Penghafal Al-Qur'an HTQ UIN Malang Diwisuda
Abadi Wijaya Kamis, 8 Agustus 2024 . in Berita . 130 views
7505_htq.jpg

HUMAS UIN MALANG - Sebanyak 128 penghafal Al-Qur'an di bawah bimbingan Haiah Tahfidzil Qur'an (HTQ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kembali diwisuda. Acara yang dihelat pada Kamis pagi ini dipimpin oleh Dr. Zainur Rouf, direktur HTQ, dan dihadiri oleh wali wisudawan serta tamu undangan di home theater Fakultas Humaniora, lantai 3. Kamis, 8 Agustus 2024.

Sebelum prosesi wisuda dimulai, Dr. Zainur Rouf menyampaikan sejarah singkat HTQ kepada para hadirin. Ia mengungkapkan bahwa sebelum bernama HTQ, organisasi ini dikenal dengan nama Jam'iyah Quro wal Huffadz (JQH). "Banyak mahasiswa yang menekuni hafalan Al-Qur'an tetapi belum ada wadahnya. Pada 2021, JQH didirikan sebagai wadah bagi mahasiswa penghafal Al-Qur'an, dan pada 2009, JQH berubah nama menjadi HTQ," ujar Dr. Zainur Rouf.

HTQ tidak hanya fokus pada hafalan Al-Qur'an, tetapi juga mengadakan berbagai kegiatan lain seperti kajian dan mediasi bakat seni mahasiswa. "Kami ingin memfasilitasi kebutuhan mahasiswa, khususnya yang berkaitan dengan Al-Qur'an," tambahnya. Salah satu kegiatan utama HTQ adalah Taaruf Qurani, yang bertujuan untuk menjaring mahasiswa yang ingin menghafal Al-Qur'an. Setiap tahunnya, lebih dari 2500 mahasiswa menunjukkan minat yang luar biasa untuk mengikuti program ini.

Selain Taaruf Qurani, HTQ juga menyelenggarakan wisuda Tahfiz bagi mereka yang telah menghafal mulai dari 5 hingga 30 Juz. Para pembina mendorong mahasiswa yang baru hafal 5 Juz untuk ikut diwisuda, dengan harapan menumbuhkan semangat mereka untuk menyelesaikan hafalan 30 Juz.

7507_bareng.jpg

Wisuda ke-16 ini diikuti oleh 128 tahfidz, yang terbagi dalam beberapa kategori: 14 mahasiswa menghafal 5 Juz, 36 mahasiswa menghafal 10 Juz, 15 mahasiswa menghafal 15 Juz, 25 mahasiswa menghafal 20 Juz, 5 mahasiswa menghafal 25 Juz, dan 33 mahasiswa menghafal 30 Juz.

7506_aakk.jpg

Kepala Biro AAKK, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, membacakan Surat Keputusan Rektor tentang penetapan wisudawan-wisudawati Tahfidz Al-Qur'an UIN Maliki Malang. "Semoga wisuda ini memberikan manfaat dan keberkahan, khususnya bagi yang diwisuda dan umumnya bagi kita semua," tutupnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up