Fakultas Ekonomi UIN Malang Gandeng UMKM Puspo Bidik Desa Binaan Berdaya
Abadi Wijaya Jumat, 16 Agustus 2024 . in Berita . 120 views
7556_puspo.jpg

HUMAS UIN MALANG - Desa Puspo, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, menjadi pusat perhatian dunia usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Kamis (15/8/2024) lalu. Pasalnya, desa ini resmi menjadi desa binaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara UIN Malang ditandatangani Dekan Fakultas Ekonomi , Bapak Dr. H. Misbahul Munir, Lc., M.Ei dengan Dinas Koperasi langung kepala dinas dan UMKM Kabupaten Pasuruan Ibu Tri Krisni Astuti, S.Sos., MM serta Pemerintah Kecamatan Puspo yang ditandatangi oleh camat Puspo Bapak Eddy Santoso., SE., MM.

Kegiatan pengabdian Masyarakat dosen dan mahasiswa merupakan salah satu kegitan dalan tridharma perguruan tinggi, kolaborasi antara dosen dan mahasiswa unutk membangun sinergi dengan stakeholder instansi pemerintah dan UMKM merupakan bentuk kepedulian dan ajang nyata menerapkan keilmuan di dunia kampus pada dunia nyata enterprenur, tegas Dekan FE Dr. H. Misbahul Munir, Lc., M.Ei.

Kegiatan yang dihadiri oleh 28 perwakilan UMKM dari Desa Puspo, 10 Dosen dan mahasiwa, Kepala Dinas koperasi dan UKM Kab Pasuruan, Camat Kecamatan puspo, Kabid dan staff bidang UKM Kab. Pasuruan, serta kepala desa Kecamatan puspo tampak semakin semarak.

Selama tiga tahun ke depan, kerja sama ini akan melibatkan dosen, mahasiswa, UMKM binaan, instansi pemerintah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk memetakan UMKM di Kecamatan Puspo, melakukan pendampingan bisnis, keuangan, hingga digital marketing, serta mencanangkan Desa Puspo sebagai desa binaan FE UIN Malang.

“Kami ingin UMKM di Desa Puspo semakin berdaya dan mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif melalui data base UMKM yang tepat dan penggunaan teknologi informasi” ujar Ibu Sri Andriani, SE, MSi, selaku Ketua Unit Pengabdian Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang.

7557_puspo.jpg

Semangat kewirausahaan para pelaku UMKM semakin berkobar setelah mendengarkan materi motivasi dari Prof. Dr. H. Salim Al Idrus, MM., M.Ag. Melalui materi yang menarik, Prof. Salim mengajak peserta untuk menggali potensi diri dan menemukan nilai tambah dari usaha yang mereka jalankan. Antusiasme peserta sangat terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan Desa Puspo dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM. (sf)

Editor: Sulthan Fathani Elsyam

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up