FITK UIN Malang Siap Hadapi Semester Gasal 2024/2025 dengan Target Ambisius dan Penguatan Kualitas Akademik
Abadi Wijaya Senin, 19 Agustus 2024 . in Berita . 56 views
7581_be.jpg

HUMAS UIN MALANG-Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memulai Semester Gasal Tahun Akademik 2024/2025 dengan semangat baru melalui acara Sosialisasi Kebijakan dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Acara yang digelar pada Senin,19 Agustus 2024 di Aula Microteaching tersebut dihadiri oleh seluruh dosen FITK.

Dekan FITK, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd, dalam sambutannya mengungkapkan target ambisius yang telah dirancang untuk meningkatkan kualitas akademik fakultas. Selama tiga tahun terakhir, Prof. Nur Ali menargetkan penambahan 20 guru besar di FITK, dan hingga saat ini, fakultas tersebut telah memiliki 16 guru besar. Tak hanya itu, tujuh calon guru besar lainnya juga telah diajukan pada semester ini.

7579_peseer.jpg

Selain peningkatan jumlah guru besar, Prof. Nur Ali juga menargetkan pencapaian sepuluh program studi dengan akreditasi unggul serta lima program studi internasional dalam tahun ini. Ia menegaskan pentingnya fokus dosen pada tugas pokok, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, tanpa teralihkan oleh kegiatan ad hoc atau pencitraan.

"Dosen harus menggantikan jadwal mengajar jika berhalangan dan tidak boleh melupakan tugas utama mereka, terutama dalam hal riset dan pengabdian masyarakat," ujar Prof. Nur Ali. Ia juga menekankan bahwa setiap kegiatan pendidikan dan pengajaran harus didukung oleh Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang mencantumkan minimal tiga referensi dari karya dosen sendiri. Dalam waktu dekat, FITK akan mengadakan workshop mengenai penyusunan soal dan penelitian untuk mendukung kualitas akademik yang lebih baik.

7578_ok.jpg
Rektor UIN Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA saat memberikan pengarahan kepada para dosen FITK .

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, juga memberikan sambutan dalam acara tersebut. Beliau melaporkan pencapaian UIN Malang yang saat ini berada di peringkat 16 besar kampus Islam dunia versi Unirank dan nomor satu di kalangan PTKIN se-Indonesia. Prof. Zainuddin menekankan empat aspek penting dalam pengembangan kelembagaan, yaitu input, proses, output, dan outcome.

Beliau juga menyoroti pentingnya evaluasi terhadap input mahasiswa dari berbagai jalur penerimaan serta perlunya sinergi dengan alumni. Dalam waktu dekat, akan diadakan peresmian perkumpulan alumni di luar negeri setelah pelantikan di Indonesia, sebagai bagian dari upaya memperkuat jaringan alumni.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan paparan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Muhammad Walid, M.A., yang membahas strategi perkuliahan untuk semester ini, termasuk penyesuaian RPS sesuai kurikulum OBE (Outcome-Based Education) dan standar perkuliahan yang harus dipenuhi oleh para dosen.

Dengan target ambisius dan persiapan matang ini, FITK UIN Malang siap menghadapi Semester Gasal 2024/2025 dengan optimisme tinggi, berfokus pada peningkatan kualitas akademik dan penguatan peran institusi dalam kancah pendidikan nasional maupun internasional.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up