Gemuruh Pembukaan PBAK 2024 Kampus 3 dengan Kibarkan Bendera Palestina
Abadi Wijaya Selasa, 20 Agustus 2024 . in Berita . 481 views
7614_pbak.jpg

HUMAS UIN MALANG - Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2024 di Kampus 3 UIN Malang berlangsung meriah pada Selasa (20/8). Ratusan mahasiswa baru terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, ditandai dengan pengibaran bendera Palestina yang menjadi simbol solidaritas kemanusiaan.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai petinggi kampus, termasuk Ketua Panitia PBAK Bapak Romi Fasafah dan Wakil Rektor 3, Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag.

7615_pbak.jpg

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3, Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag., yang mewakili Rektor menyampaikan pesan penting kepada para mahasiswa baru. Beliau menekankan bahwa dunia perguruan tinggi sangat berbeda dari masa sekolah menengah. Ada tiga hal penting yang perlu diubah oleh mahasiswa, yaitu pola pikir, pola bicara, serta sikap dan perilaku. "Mahasiswa harus memiliki pola pikir kritis, komunikasi yang baik, dan perilaku yang mencerminkan intelektualitas," tegasnya.

Dr. Fatah Yasin juga menekankan pentingnya prestasi akademik sejak awal perkuliahan. Ia mengingatkan bahwa mahasiswa harus berusaha menjaga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) agar tidak di bawah 3.00. "Prestasi akademik adalah fondasi utama dalam perjalanan kalian di kampus ini," ujarnya.

Selain itu, ia juga mendorong mahasiswa untuk berprestasi di bidang non-akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional, sejalan dengan visi UIN Malang sebagai perguruan tinggi bereputasi internasional.

Salah satu sesi penting dalam PBAK 2024 adalah materi tentang moderasi beragama yang disampaikan oleh Dr. iffat Maimunah, SS, M.Pd dengan moderator Nazwa. Dalam materi ini, Dr. Iffat menggarisbawahi bahwa kasih sayang dan sikap rahmah harus menjadi landasan dalam berinteraksi, baik di dalam maupun di luar kampus, tanpa memandang perbedaan suku, ras, dan agama. "Bangunan rahmah harus meluas ke seluruh elemen masyarakat," katanya.

Dengan semangat persatuan dan keberagaman, PBAK 2024 ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan kampus yang dinamis dan penuh prestasi.

 

Reporter & Fotografer: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up