Kolaborasi dan Sosialisasi Internasional, Delegasi UIN Malang kunjungi Arab Saudi
Abadi Wijaya Senin, 5 Agustus 2024 . in Berita . 164 views
7467_meet.jpg

HUMAS UIN MALANG-Dalam rangka mencapai visi reputasi internasional, delegasi UIN Malang melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa internasional di Arab Saudi pada 28 Juli 2024

Delegasi yang terdiri dari Wakil Rektor bidang Akademik, Kepala Biro Adminstrasi Akadmik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, serta pengelola Kantor Urusan Internasional melakukan agenda sosialisasi di Universitas Islam Madinah berkolaborasi dengan Pascasarjana, Bagian Penerimaan Mahasiswa, dan Bagian Kemahasiswaan Univ. Islam Madinah Arab Saudi.

Selain itu, delegasi UIN Malang jg memnfaatkan pertemuan tersebut untuk melakukan penguatan kerjasama di bidang tridharma yang sebelumnya sudah dijalin sejak 2014. Pertemuan tersebut melahirkan rekomendasi implementasi kegiatan kolaboratif dalam bidang pertukaran dosen, joint research, kolaborasi publikasi dan review jurnal ilmiah internasional, pembimbingan dan pengujian tugas akhir mahasiswa dan pendampingan peningkatan Quality Assurance. Rekomendasi tersebut ditandatangani bersama oleh Direktur Pascasarjana UIN Malang, Prof Wahidmurni dan Dr. Ahmad bin Saeed Alawaji Direktur Pascasarjana Univ Islam Madinah,

7468_saa.jpg
Foto bersama dengan siswa Sekolah Indonesia Luar Negeri Jeddah setelah sosialiasasi penerimaan mahasiswa baru internasional

Pertemuan di UIM diakhiri dengan ramah tamah dan kunjungan ke Perpustakaan Pusat dan beberapa kantor program kegiatan dan fasilitas mahasiswa Univ. islam Madinah.

Delegasi UIN Malang melanjutkan perjalanannya ke Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ). Selain sosialisasi kepada siswa SIM yang terdiri dari siswa WNI, ada juga bebeapa siswa warga negara ganda mengikuti orang tuanya yang berasal dari Arab Saudi, Palestina, Suriah, Yaman dan Pakistan. Sebagai informasi, terdapat 11 mahasiswa di UIN Malang lulusan SIM yang diterima di berbagai program studi di antaranya Farmasi dan Pendidikan Dokter.

Masing-masing agenda di SIM dan SIJ diperkuat dengan kesepakatan kerjasama dalam penerimaan mahasiawa baru dengan skema Golden Ticket pada jalur Kemitraan dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi bagi dosen dan mahasiswa melalui program praktik magang atau asistensi mengajar (MBKM).

Puncak kegiatan di Arab Saudi berakhir di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. Dalam pertemuan tersebut, KJRI Jeddah membuka peluang bagi UIN Malang untuk melakukan program magang mahasiswa, pengabdian masyarakat untuk dosen dan mahasiswa, pendampingan Pekerja Migran Indonesia (PMI), dan trauma healing bagi anak-anak PMI.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up