Perkuat Upaya Internasionalisasi, UIN Malang Akan Berangkatkan 30 Mahasiswa Ikuti Student Exchange ke Eropa
Abadi Wijaya Senin, 5 Agustus 2024 . in Berita . 399 views
7474_exc.jpeg

HUMAS UIN MALANG – Project Management Unit (PMU) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, kembali melaksanakan program pertukaran pelajar (student exchange) ke Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Benua Eropa. Rencananya di tahun kedua ini, kegiatan student exchange akan diikuti oleh sebanyak 30 mahasiswa terpilih, yang terdiri dari 20 peserta lulus kategori fully funded (dibiayai sepenuhnya), 5 peserta lulus kategori partial funded (dibiayai setengah), dan 5 peserta lulus kategori self funded (biaya mandiri). Dari ke-30 mahasiswa yang lolos seleksi tersebut, berasal dari fakultas yang berbeda-beda. 

7476_exc.jpg

Pada pertemuan perdana, Senin (5/8/2024) di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai 4, Dr. Zainal Habib, M.Hum., selaku Manajer PMU UIN Maliki Malang menyampaikan laporan bahwa total pendaftar di tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya dan untuk pelaksanaan tahun ini, setiap fakultas ada perwakilan mahasiswa yang lolos sebagai peserta. Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan bahwa, peserta wajib mengikuti pembekalan selama 2 bulan. Dalam kesempatan yang sama, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.A. memberikan arahan kepada peserta student exchange dengan menceritakan pengalaman beliau ketika berkunjung ke beberapa negara yang ada di Eropa agar dapat dijadikan sebagai bekal para peserta. Beliau juga berpesan kepada peserta untuk merekam seluruh kegiatan selama program dalam bentuk sebuah karya tulis agar dapat dijadikan sebagai sebuah portofolio bagi peserta. Terlebih, saat ini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang masuk kedalam Top 16 Universitas Islam Internasional di Dunia.

7475_exc.jpeg

Selain itu, para peserta juga mendapatkan pengarahan terkait dengan teknis pelaksanaan yang disampaikan oleh Tim PMU. Para peserta diminta untuk segera melengkapi informasi data diri dan juga menyampaikan terkait kesiapan dalam mengikuti program ini. Terakhir, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Prof. Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M.Ed., menyampaikan selamat dan memberikan semangat kepada seluruh peserta yang terpilih karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan luar biasa ini. Dengan terselenggaranya pelaksanaan program student exchange ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga dan memperkaya pengetahuan para mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang secara global serta dapat meningkatkan reputasi Universitas yaitu sebagai Kampus Unggul Bereputasi Internasional.

 

Reporter & Fotografer: Ariel Alvi

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up