Prof. Dr. Hj Umi Sumbula, M.Ag Mewisuda 128 Tahfidz Al-Qur'an
Abadi Wijaya Kamis, 8 Agustus 2024 . in Berita . 89 views
7504_prof-umi.jpg

HUMAS UIN MALANG - Kehadiran Prof. Dr. Hj Umi Sumbula, M.Ag, Wakil Rektor Akademik, mewakili Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr H.M Zainuddin, MA yang berhalangan hadir, memberikan semangat luar biasa bagi para wisudawan tahfidz Al-Qur'an. Dalam acara yang penuh makna ini, Prof. Umi menyampaikan ucapan selamat kepada 128 wisudawan tahfidz yang berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur'an mereka. Kamis, 8 Agustus 2024.

Prof. Umi mengingatkan para wisudawan bahwa menjadi penghafal Al-Qur'an bukan hanya tentang hafalan, tetapi juga tentang mendekatkan diri dan selalu taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Ia menekankan pentingnya berbakti kepada orang tua dan guru serta selalu menghormati yang lebih tua. "Jadikanlah Al-Qur'an ini sebagai pedoman hidup, kapan dan di mana pun berada," pesan Prof. Umi dengan penuh semangat.

7508_bhy.png

Dalam sambutannya, Prof. Umi menjelaskan bahwa meskipun Allah SWT mampu menjaga Al-Qur'an sendiri, menghafal Al-Qur'an adalah bentuk ibadah yang sangat mulia di sisi-Nya. Ia menegaskan bahwa menjadi tahfidz bukan hanya tentang hafalan, tetapi juga memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungannya. "Menghafal, memahaminya, menghayati serta mengamalkannya isi Al-Qur'an itu penting, dan semoga kita senantiasa bisa menjadi penjaga isi Al-Qur'an," ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Umi menekankan bahwa Al-Qur'an tidak bisa diriwayatkan secara makna, tetapi harus diriwayatkan secara bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa tantangan orang kafir untuk menghancurkan Al-Qur'an tidak pernah berhasil, meskipun mereka menguasai sastra dan bahasa Arab yang baik. "Tapi mereka tidak mampu mengalahkan Al-Qur'an sedikit pun," jelasnya, menunjukkan keajaiban dan mukjizat Al-Qur'an.

7509_bareng.png

Selain itu, Prof. Umi menekankan bahwa tidak ada satu ayat pun dalam Al-Qur'an yang bertentangan dengan akal dan ilmu modern. Justru, Al-Qur'an sering kali menunjang penemuan terbaru, menjadikannya sumber pengetahuan yang tak terbantahkan. "Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat Muhammad SAW," tambahnya.

Menutup sambutannya, Prof. Umi berharap agar semua wisudawan yang belum menyelesaikan hafalan 30 juz dapat segera menyempurnakannya, dan bagi yang sudah, dapat menjaga, mengamalkan, serta mengajarkannya kepada masyarakat di sekitarnya. "Semoga kita semua diakui sebagai umat Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan syafaat kelak di hari pembalasan," tutupnya dengan doa penuh harapan.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up