Program Strategis Bidang Akademik, Wakil Rektor 1 UIN Malang Bahas Integrasi Ilmu dan Keberagaman
Abadi Wijaya Senin, 19 Agustus 2024 . in Berita . 95 views
7594_fk.jpg

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Malang terus memperkuat langkah dalam memadukan pendidikan integratif yang menggabungkan keilmuan dan kelembagaan. Wakil Rektor 1 UIN Malang, dalam sambutannya pada kegiatan akademik terbaru, menekankan pentingnya integrasi antara sains dan Islam yang berdasarkan nilai-nilai Islam dari hadis serta praktik yang dicontohkan oleh Nabi (19/8).

“Pendidikan di UIN Malang tidak hanya berbasis ilmu, tetapi juga mengedepankan kedalaman spiritual dan keagungan akhlak melalui tugas dari Ma’had. Di sisi lain, fakultas bertanggung jawab untuk membentuk kematangan profesionalitas,” jelasnya. 

Selain itu, UIN Malang tidak membatasi penerimaan mahasiswa hanya pada pemeluk Islam. Wakil Rektor 1 menambahkan bahwa pada tahun sebelumnya, terdapat mahasiswa beragama Katolik yang diterima di prodi Psikologi, dan pada tahun ini ada mahasiswa baru beragama Kristen di prodi Kimia. "Ini mencerminkan ajaran Islam yang wasathiyah," tambahnya.

7595_fk.jpg

Program pendidikan di UIN Malang untuk semester ganjil 2024 akan berlangsung dari 26 Agustus hingga 13 Desember 2024. Dalam Surat Edaran Rektor, dosen diwajibkan menggunakan e-learning dalam proses pembelajaran, dan perkuliahan dapat dilakukan secara offline maupun online. Hal ini memberi fleksibilitas kepada dosen yang memiliki tugas dinas untuk tetap dapat mengajar secara daring.

Wakil Rektor 1 juga memberikan arahan khusus terkait jadwal perkuliahan. “Bapak Ibu dosen dimohon untuk tidak menjadwalkan perkuliahan di pukul 06.30 WIB karena khawatir mahasiswa baru masih mengantri mandi di Ma’had,” ujarnya. (HT)

 

Reporter & Fotografer: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up