Semangat Kemerdekaan Membara di Upacara HUT RI ke-79 UIN Malang
Abadi Wijaya Sabtu, 17 Agustus 2024 . in Berita . 211 views
7571_upacara-17-agustus-2024-04.jpeg

HUMAS UIN MALANG, (17/8/2024) - Lapangan kampus 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi saksi detik-detik perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 yang digelar dengan penuh khidmat. Upacara bendera yang diikuti oleh seluruh civitas akademika UIN Malang, termasuk Rektor Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, sebagai Inspektur Upacara, menjadi simbol kebangkitan semangat kebangsaan di tengah era "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Dalam pidatonya, Rektor UIN Malang menegaskan bahwa HUT RI adalah "spirit menjaga harmoni Indonesia". Menurutnya, peringatan kemerdekaan ini menjadi bukti rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih, serta sebagai momentum untuk menjalankan pelayanan kepada masyarakat dan menguatkan fondasi keberagamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

7562_q1.jpg

"Pada peringatan HUT RI ke-79 tahun ini, mari kita mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan," tegas Rektor dalam sambutannya.

7563_pengibaran-bendera-merah-putih.jpg

Selain upacara pengibaran bendera merah putih, acara peringatan HUT RI di UIN Malang juga menampilkan sejumlah kegiatan menarik. Rektor UIN Malang membacakan sambutan dari Kementerian Agama, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai tasyakuran kemerdekaan. Tak ketinggalan, sebanyak 43 civitas akademika UIN Malang juga menerima Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia.

7564_penyerahan-satya-lencana-karya-satya.jpg

Satya Lencana Karya Satya merupakan penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas loyalitas dan dedikasi PNS dalam menjalankan tugas dan melayani masyarakat.

Suasana khidmat dan antusias tampak terpancar dari seluruh peserta upacara. Semangat juang dan rasa cinta tanah air yang menggelora seolah menjadi perekat bagi sivitas akademika UIN Malang untuk bersatu padu mewujudkan cita-cita luhur kemerdekaan Indonesia menuju "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Reporter: Mohammad Azman Fawwazi

Foto: Muhammad Rifqi

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up