Semarak PBAK 2024: Aktris Senior Marissa Haque Ajak 5.194 Maba Bijak Manfaatkan Digital
Abadi Wijaya Rabu, 21 Agustus 2024 . in Berita . 251 views

 

7616_pbak-day-1.jpg

HUMAS UIN MALANG - Rangkaian acara Pengenalan Budaya dan Akademik Kampus (PBAK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang bagi Mahasiswa Baru 2024 resmi dimulai hari ini (20/8/2024).

Berlangsung serentak di dua tempat, Kampus 1 dan Kampus 3 UIN Malang. Dua tempat itu menjadi saksi 5.194 maba mengikuti PBAK 2024 dengan meriah. Pasalnya, PBAK yang bertema Inovasi Progresif, dan Visioner ini dihadiri langsung oleh artis senior, Dr. Hj. Marissa Grace Haque, S.H., M.Hum., M.B.A.,M.H.,M.Si. 

7617_pbak-day-1.jpg

Ia menjadi pemateri utama dalam rangkaian PBAK tahun ini. Poin utamanya yang disampaikan kepada maba adalah kemampuan digitalisasi dan bahasa. Menurutnya, seorang mahasiswa harus bijak dalam bermedia sosial.

Marissa Haque, sapaan akrabnya, menyebutkan, dalam media sosial ada sisi baik dan ada pula keburukannya. "Anak-anakku, di media sosial kalian bisa temukan hal baik dan buruk. Kebaikannya misalkan, untuk bahan belajar bahasa arab bisa melalui tiktok," tegasnya.

7620_pbak-day-1.jpg

Pun dengan keburukannya, harus dihindari. Karena hal itu tidak cocok dan akan berdampak pada individu masing-masing. "Oleh karena itu, mari kita bijak dalam memanfaatkan digital, khususnya sosial media, agar menjadi orang yang penuh visioner dan memberikan pengaruh positif bagi orang di sekitar," imbuhnya.

7618_pbak-day-1.jpg

Ribuan pasang mata maba terlihat antusias karena dibekali beberapa materi yang akan menambah wawasannya. Tak terkecuali penjelasan materi-materi yang disampaikan oleh pimpinan rektorat dan unit lembaga, diantaranya, tentang pengenalan budaya dan akademik kampus turut disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag (Wakil Rektor Bidang Akademik), Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, S.Ag., M.Si (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan), Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan), Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag (Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan), Mufid, S.Ag., SS., M.Hum (Kepala Perpustakaan UIN Malang), Dr. Hj. Istiadah, MA (Studi Gender dan Anak), Dr. Ahmad Izzuddin, M.HI (Moderasi Beragama), dan materi yang terakhir disampaikan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA).

7619_pbak-day-1.jpg

Untuk jadwal selanjutnya, para maba masih akan mengikuti rangkaian PBAK 2024 esok hari dengan menyaksikan penampilan inaugurasi dadi berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus unggul bereputasi internasional tersebut. (sf)

Fotografer: Rifky

Editor: Sulthan Fathani Elsyam.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up