Tingkatkan Mutu SDM, Prodi S3 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Malang Berbagi Pengalaman bersama Pascasarjana UIN KHAS Jember
Abadi Wijaya Senin, 12 Agustus 2024 . in Berita . 31 views

 

7536_prodi-s3-ekonomi.jpeg

HUMAS UIN MALANG - Program Studi S3 Ekonomi Syari'ah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) Malang sukses menggelar Forum Group Discussion (FGD) bersama Pascasarjana UIN KH. Ahmad Siddiq Jember, Rabu lalu, (7/8/2024). 

FGD yang bertema Peran Program Studi dalam Pengembangan Ekonomi Syari'ah di Indonesia ini bertempat di UIN KHAS Jember dan dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. M. Khotib, M. Ag, Asisten Direktur, dan para Kaprodi di Pascasarjana UIN KHAS Jember.

Dalam agenda ini, mereka membahas kontribusi yang dapat diberikan oleh program studi ekonomi syari'ah dalam mendukung perkembangan sektor ekonomi syari'ah di tanah air. Diantaranya, berbagai praktik terbaik dalam pengendalian mutu akademik, termasuk sistem evaluasi yang terintegrasi dan mekanisme umpan balik yang berkelanjutan. 

Penekanan diberikan pada pentingnya pemantauan berkala pada kurikulum, pengajaran, evaluasi secara periodik hingga dinamika mahasiswa dalam tahapan akademik yang harus dilalui guna memastikan keselarasan SN-DIKTI (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) dan PD-DIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi).

Prof. Dr. Nur Asnawi, (Kaprodi S3 Ekonomi Syari'ah UIN Malang beserta tim mengatakan maksud dan tujuan FGD ini untuk berbagi pengalaman dalam mengelola prodi guna memberikan fasilitas mahasiswa hingga purna kuliah. 

Senada dengan hal itu, Ahmad Jalaluddin (Sekretaris Prodi S3 Ekonomi Syari’ah) menyampaikan, dalam menyiapkan SDM, harus dilalui serangkaian proses. "Diawali dari seleksi masuk, proses akademik, PD-DIKTI, hingga dorongan untuk selesai studi dengan tetap memperhatikan ketentuan akademik," jelasnya.

Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Khotib, menyampaikan terima kasih kepada tim Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Malang atas kedatangannya. Ia menilai bahwa model silaturahim seperti ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan mutu dan penguatan SDM di lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sekaligus mendukung perkembangan dan kemajuan ilmu sektor ekonomi syari'ah di tanah air. (N/A)

Kontributor: Prof. Asnawi

Editor: Sulthan Fathani Elsyam

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up