UIN Malang dan Universitas Islam Madinah Jalin Kolaborasi Publikasi Ilmiah Internasional
Abadi Wijaya Selasa, 6 Agustus 2024 . in Berita . 90 views
7483_saudi3.jpg


HUMAS UIN MALANG - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Islam Madinah telah mencapai kesepakatan penting untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Kesepakatan ini diresmikan pada tanggal 30 Juli 2024, dengan tujuan memperkuat kolaborasi dalam publikasi ilmiah dan penelitian bersama.
UIN Malang memiliki beberapa jurnal bereputasi internasional yang terindeks Scopus, seperti Journal of Islamic Architecture, De Jure: Jurnal Hukum dan Syar'iah, dan Jurisdictie: Jurnal Hukum dan Syariah, serta jurnal yang terindeks WoS, yaitu Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning. Universitas Islam Madinah menyatakan minatnya untuk belajar mengenai pengelolaan jurnal internasional bereputasi dari UIN Malang.
Selain itu, kesepakatan ini juga mencakup rencana untuk melakukan joint research dan publikasi bersama. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi, sekaligus memperkuat kerjasama akademik antara kedua universitas.
Kesepakatan ini dihadiri oleh Dr. Abdulwahed, Direktur Bagian Kerjasama dan Pertukaran Informasi, Dr. Ahmad Alawaji, Direktur Pascasarjana dan Riset, dan Dr. Hasan Banajah dari Universitas Islam Madinah. Dari UIN Malang, hadir jajaran pimpinan yang terdiri dari Prof. Umi Sumbulah (Wakil Rektor Bidang Akademik), Prof. Wahidmurni, Basri Ph.D., Dr. Khoirul Hidayah dari pascasarjana, serta Dr. Barnoto dan M. Faruq. M.Pd. dari bagian kerjasama.
"Kerjasama ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di jurnal bereputasi internasional. Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua institusi," ujar Prof. Umi Sumbulah.
Dengan adanya kesepakatan ini, kedua belah pihak berharap dapat meningkatkan kontribusi akademik mereka di kancah internasional dan mendorong peningkatan jumlah publikasi bersama di jurnal bereputasi.

Penulis: Khoirul Hidayah

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up