UIN Malang Siap Gelar Festival Eco Enzyme hingga Pecahkan Rekor MuRI
Abadi Wijaya Sabtu, 10 Agustus 2024 . in Berita . 131 views
7520_aul.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam upaya menciptakan kampus yang ramah lingkungan, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang akan menggelar Festival Eco Enzyme pada 17 Agustus 2024. Acara ini diharapkan menjadi langkah nyata dalam mewujudkan lingkungan kampus yang sehat dan berkelanjutan. Rabu, 7 Agustus 2024.

Ketua pelaksana Festival Eco Enzyme, Dr. Aulia Fikriarini, M.T., menyatakan bahwa kegiatan penuangan cairan eco enzyme akan diikuti oleh seluruh sivitas akademika UIN Malang. "Kami mengajak seluruh sivitas akademika untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini guna membangun lingkungan kampus UIN Malang yang sehat serta berkelanjutan," ujarnya.

Selain itu, acara ini juga akan mendapatkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MuRI) sebagai kegiatan lingkungan yang diikuti perguruan tinggi negeri dan ptkin dengan peserta terbanyak yang melakukan penuangan cairan eco enzyme ke badan sungai.

Festival Eco Enzyme ini diharapkan tidak hanya mencatatkan rekor, tetapi juga menjadi inspirasi bagi kampus-kampus lain di Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan partisipasi aktif seluruh sivitas akademika, UIN Malang optimis dapat mewujudkan kampus yang lebih hijau dan bersih.

Dr. Aulia Fikriarini menambahkan bahwa eco enzyme, yang merupakan hasil fermentasi dari limbah organik, memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Cairan ini dapat membantu memperbaiki kualitas air sungai, mengurangi polusi, dan mendukung keberlanjutan ekosistem. Oleh karena itu, festival ini juga menjadi ajang edukasi bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Persiapan untuk festival ini sudah mulai dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu bekerja sama dengan tim Mapala UIN sebagai bagian sosialisasi untuk memperkenalkan eco enzyme kepada seluruh sivitas akademika. "Kami ingin memastikan bahwa semua peserta memahami cara pembuatan dan penggunaan eco enzyme, sehingga dampak positifnya bisa dirasakan secara maksimal," jelas Dr. Aulia.

Selain penuangan cairan eco enzyme, festival ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung seperti lomba antar fakultas, seminar tentang lingkungan dan keberlanjutan. Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

Dengan semangat kolaborasi dan partisipasi aktif dari seluruh pihak, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berharap dapat menjadi pelopor dalam gerakan kampus hijau di Indonesia. Festival Eco Enzyme ini menjadi langkah awal dari banyak inisiatif lingkungan yang akan datang, demi menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up