Andi Kurniawan: Pentingnya Penelitian Kolaboratif Antar PTN
Abadi Wijaya Rabu, 18 September 2024 . in Berita . 51 views
7829_andi.jpg

HUMAS UIN MALANG – Sebanyak 12 perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Timur berkumpul di Hotel Ijen Suites, Kota Malang, dalam Forum Group Discussion (FGD) yang digelar oleh LPPM PTN se-Jatim. Acara yang diselenggarakan pada Rabu ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA. Kehadiran Rektor UIN Malang sebagai pembuka acara menjadi kehormatan tersendiri bagi para peserta yang hadir. Rabu, 18 September 2024.

Salah satu pemateri dalam FGD, Andi Kurniawan, yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Universitas Brawijaya (UB), menjelaskan pentingnya penelitian kolaboratif antarperguruan tinggi. Menurutnya, penelitian kolaboratif dapat menjadi pemicu ide-ide segar yang menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat. Setidaknya, ada tujuh kolaborasi penelitian dan publikasi yang berbasis pada isu-isu lokal yang menjadi fokus setiap PTN dalam riset mereka.

“Kita perlu mendorong publikasi multidisiplin antar universitas untuk memperkuat kualitas penelitian di setiap perguruan tinggi. Kolaborasi ini bukan hanya penting, tetapi juga sangat membantu dalam mengembangkan riset yang lebih luas dan berdampak,” ujar Andi Kurniawan dalam paparannya.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa kerja sama antar universitas dapat diperkuat melalui proses inkubator penulisan ilmiah bersama, yang nantinya dapat mengangkat isu-isu lokal menjadi topik penelitian yang relevan. "Selain itu, kolaborasi ini juga membutuhkan dukungan pendanaan bersama, yang dapat diakomodasi melalui program khusus untuk riset kolaboratif," paparnya.

Salah satu poin penting lainnya yang dibahas dalam FGD ini adalah pembentukan jaringan peer review antar-PTN di Jawa Timur. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas manuskrip penelitian agar dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal bereputasi tinggi. "Selain itu, forum ini juga merekomendasikan penyelenggaraan konferensi ilmiah tahunan yang melibatkan seluruh PTN di Jawa Timur, sebagai ajang pertukaran gagasan dan hasil riset terbaru," tegasnya.

Pada akhir diskusi, para peserta sepakat untuk terus meluncurkan isu-isu baru yang relevan sebagai bahan penelitian kolaboratif, dengan harapan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan. "Forum LPPM PTN se Jatim ini diharapkan mampu menjadi pemantik ide-ide cerdas yang bermanfaat bagi dunia akademis dan masyarakat luas," harapnya.

Dengan semangat kolaborasi yang dibangun dalam FGD ini, perguruan tinggi di Jawa Timur diharapkan dapat terus bersinergi dalam menghasilkan penelitian-penelitian berkualitas yang berdampak luas.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up