Daftar Penulis: Iffatunnida


KPPN KEMBALI APRESIASI KINERJA BAIK UIN MALANG
Kamis, 15 April 2021 . in Berita . 569 views
3174_prest.jpg

GEMA-Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang kembali mencatat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai Satuan Berkinerja Terbaik I, Kamis (15/4). Penghargaan PRISMA serupa pernah diterima di Triwulan ke-4 tahun 2020. Kini, kampus berlogo Ulul Albab tersebut menerima kembali penghargaan itu di Triwulan Pertama tahun 2021. Penyerahan penghargaan berlangsung di Ruang Aula Sakura (Sinergi dan Kolaborasi untuk Negara), Gedung KPPN Kota Malang lt. 2.
Rektor Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. menerangkan bahwa UIN Malang tercatat dalam penghargaan untuk kategori Bidang Manajemen Badan Layanan Umum (BLU). Penghargaan PRISMA yang diterima ini tak sekadar prestasi namun sebagai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas. Ia pun ingin agar prestasi kinerja ini tak hanya diapresiasi di lingkup KPPN Kota Malang, “Namun juga bisa sampai pada institusi terkait yang lebih tinggi lingkupnya.”
Ia melanjutkan, capaian kinerja ini merupakan hasil kerjasama segala komponen di UIN Malang, dari staf hingga pimpinan. “Kami ingin agar manajemen BLU optimal dan pengguna jasa kampus mendapatkan layanan yang terbaik,” imbuhnya.
Prosesi penyerahan penghargaan PRISMA kali ini bertema Peningkatan Pemberdayaan UMKM dalam Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2021 Guna Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Peringkat kedua di kategori yang sama diraih oleh Universitas Negeri Malang. Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Universitas Brawijaya Malang. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
REKTOR: STAF TERAMPIL = INSTITUSI UNGGUL
Rabu, 7 April 2021 . in Berita . 731 views
3157_r.jpg

GEMA-Meski tak bisa tampil secara langsung dalam acara yang diadakan Pusat Studi Penelitian-LP2M UIN Malang, Rektor Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. masih menyempatkan membuka acara secara daring, Rabu (7/4). Sebagai pimpinan, ia menyambut baik Workshop Metode Penelitian Kebijakan Pendidikan bagi Tenaga Kependidikan yang ditujukan khusus bagi para staf kampus.
Prof. Haris menyatakan, untuk menuju impian UIN Malang menjadi Smart Islamic University, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil. Yang ia harapkan ialah SDM yang menguasai tugas dan fungsinya serta peka terhadap perkembangan di bidangnya masing-masing. “Para tenaga kependidikan harus paham, ada kebijakan baru apa di area kerjanya,” imbuhnya.
Selanjutnya, masih kata rektor, kebijakan yang dikeluarkan hendaknya dibahas dalam bentuk riset. Sehingga, ada bahasan apakah kebijakan tersebut memberikan efek positif atau malah memperburuk kinerja. “Memiliki staf yang giat dan aktif seperti ini akan menguatkan pengembangan UIN Malang di masa mendatang,” jelas Prof. Haris. (nd)

Lebih Lanjut »
PERTIMBANGKAN REVOLUSI TEKNOLOGI SAAT RISET
Rabu, 7 April 2021 . in Berita . 638 views

 

3168_stafpen.jpg

GEMA-Pesatnya perkembangan teknologi menjadi hal yang ditekankan Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd. dalam pemaparan materi metodologi penelitian di hadapan para tenaga kependidikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Makin banyaknya penggunaan teknologi di semua lini kehidupan, tentu harus dimanfaatkan untuk memberi kemudahan. Kehadiran Prof. Imron tak hanya untuk mengajarkan metode riset, namun juga membantu para staf untuk menemukan bahan yang diteliti di institusi pendidikan, Rabu (7/4).
Sebagai pakar yang sudah berkecimpung selama puluhan tahun di dunia pendidikan, Prof. Imron menyadari betapa teknologi adalah bagian dari perubahan zaman yang tak bisa dihindari. Ia mengambil contoh, saat ini, di beberapa perpustakaan, pengunjung tak memadati rak buku seperti dulu. “Justru mereka ke Perpustakaan, langsung menghadap komputer atau laptop untuk mengakses buku atau jurnal elektronik,” jelasnya. Mencari referensi dengan kata kunci tentu lebih mudah dibanding membolak-balik lembaran buku selama berjam-jam.
Layaknya contoh yang diberikan, ia berharap agar staf UIN Malang juga memberikan ide-ide yang memanfaatkan teknologi. “Manfaatnya akan sangat positif bagi kemajuan tempat kerja Bapak-Ibu sekalian,” imbuh Ketua Yayasan Pendidikan Anak Sholeh tersebut.
Ia memaklumi jika para tenaga kependidikan akan mengalami kesulitan di awal penelitian. Pasalnya, pekerjaan hariannya ialah berurusan dengan administrasi dan birokrasi. “Bisa mulai dari kebijakan-kebijakan di tempat kerja masing-masing. Yang di bidang pelayanan, mencari kebijakan yang memudahkan dalam melayani mahasiswa, begitu juga lainnya,” paparnya.
Prof. Imron juga mengatakan, meneliti kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan institusi pendidikan akan memberi wawasan mengenai efektivitas kebijakan tersebut. Jika bagus, maka kebijakan akan tetap dilanjutkan. Namun jika terbukti kurang efektif, maka penelitian selanjutnya yang harus dilakukan ialah evaluasi untuk memperbaiki kebijakan tersebut.
Kehadiran guru besar dari Universitas Negeri Malang itu merupakan pembukaan dari rangkaian Workshop Metode Penelitian Kebijakan Pendidikan bagi Tenaga Kependidikan. Program ini digagas Pusat Studi Penelitian yang digawangi Dr. Nur Ali, M.Pd. yang ada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (nd)

Lebih Lanjut »
REKTOR RESMIKAN NAMA RUANG KULIAH FKIK
Jumat, 26 Maret 2021 . in Berita . 531 views

 

3155_name.jpg

GEMA-Giliran ruang-ruang kelas di Kampus III UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk diberi nama. Peresmian ini dilaksanakan pasca kegiatan rutinan Khotmil Quran, Istighosah, dan Sholawat bersama di Masjid Ibnu Sina, Jumat (26/3). Ruangan yang digunakan sebagai ruang belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) ini dinamai sesuai dengan pimpinan terdahulunya. Dipilihlah nama Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto, Sp.B, Sp.BP.,RE(K) yang merupakan dekan pertama FKIK. Tugasnya berakhir pada 3 April 2020 dan digantikan oleh Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W., M.Kes., Sp.Rad(K).
Dalam sambutan peresmian, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. kembali menyatakan bahwa pemberian nama gedung di kampus mempunyai makna khusus. Yakni, untuk mengenang dan mengapresiasi jasa pendahulu dan pemimpin yang berkontribusi pada pengembangan kampus. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
PILREK: KALAH START TAPI TETAP SEMANGAT
Jumat, 26 Maret 2021 . in Berita . 525 views

 

3154_pilrek.jpg

GEMA-Pendaftaran calon rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang periode 2021-2025 telah dibuka. Di hari pertama, sudah dua calon yang memasukkan berkasnya. Menjadi orang kedua yang mendaftar, tidak menyurutkan semangat Prof. Dr. Suhartono, M.Kom. “Ternyata pak rektor (Prof. Haris, Red.) daftar pertama, tentu saya apresiasi semangat beliau,” papar guru besar Ilmu Komputer tersebut. Berkas pendaftaran keduanya telah resmi diserahkan ke kantor Panitia Penjaringan (Panjar) Rektor, Ruang Senat, Gedung Rektorat lt. 4, Jumat (26/3). Dr. Badruddin, Ketua Panjar Rektor, membenarkan bahwa Prof. Haris telah lebih dulu menyerahkan berkas di pagi hari. “Tepatnya pukul 09.00 WIB tadi,” jelasnya.
Meski kalah start, Prof. Suhartono tetap optimis dan semangat. Ia menyatakan, keikutsertaannya merupakan apresiasi terhadap lembaga. Agenda pencalonan rektor merupakan siklus organisasi yang pasti terjadi. Karenanya, ia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada. “Semua guru besar di UIN Malang yang memenuhi syarat memiliki kesempatan yang sama,” ujarnya. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
RAPIM 2021: PARA CALON REKTOR HARUS PAHAMI RENSTRA
Selasa, 23 Maret 2021 . in Berita . 593 views

 

3148_rpim.jpg

GEMA-Memasuki akhir triwulan 2021, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan Rapat Pimpinan (Rapim) yang merupakan program tahunan institusi. Dihadiri seluruh jajaran pimpinan dari tingkat universitas, fakultas, jurusan, hingga unit penunjang, Rapim dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Selasa (23/3). Rektor Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. menyatakan, Rapim tahun ini sangat monumental karena bertepatan dengan momen pergantian pimpinan kampus. Ia menegaskan bahwa para calon rektor harus memahami secara mendalam mengenai rencana strategis (renstra) di UIN Malang. Dengan begitu, tidak ada calon rektor yang tidak memahami visi, misi, dan tujuan kampus. 

Prof. Haris menyatakan, renstra yang akan disusun masih berkesinambungan dengan renstra tahun sebelumnya. Hal ini merupakan wujud konsistensi UIN Malang di dunia pendidikan. Target pengakuan dan reputasi internasional masih menjadi agenda kampus berlogo Ulul Albab ini. Sesuai logonya, ia ingin agar sivitas akademika benar-benar memiliki karakter tersebut. "Ini tugas kita untuk merumuskan seperti apa karakter ulul albab yang harus dipahami di kampus ini," tegas Prof. Haris.

Karakteristik ini, lanjut rektor, harus terwujud karena masuk dalam misi utama kampus. "Maka harus diperjelas dan direalisasikan agar tidak cuma sekedar tulisan misi kampus," jelasnya. Hal lain yang perlu dibahas ialah apakah lulusan UIN Malang sudah berkontribusi di masyarakat. Pasalnya, hal tersebut tercantum di tujuan utama UIN Malang. Dengan memperjelas apa saja yang sudah dilakukan lulusan di tengah masyarakat, maka peran kampus menjadi makin jelas.

Rapim akan dilaksanakan selama 3 hari (23-25/3). Tahun ini, panitia memberi tema Strategi Implementasi Program Strategis Mewujudkan Visi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (nd)

Lebih Lanjut »
DUKUNGAN YBM PLN UNTUK UIN MALANG
Selasa, 23 Maret 2021 . in Berita . 536 views

 

3149_ybm.jpg

GEMA-Memiliki tujuan yang sama untuk mempermudah mahasiswa yang menempuh pendidikan, Yayasan Baitul Maal (YBM) milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kota Malang mengajak kerjasama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penandatanganan nota kerjasama dilakukan di Ruang Rektor, Gedung Rektorat lt. 1, Selasa (23/3).
Pratama, perwakilan YBM-PLN Kota Malang menuturkan, salah satu kerjasamanya ialah pemberian beasiswa kepada sejumlah mahasiswa. Pihaknya ingin agar mahasiswa dapat berinovasi dengan ilmu yang didapat di perkuliahan. Pasca lulus nantinya, mahasiswa dapat menjadi pionir dan kebanggaan kampus UIN Malang, “dan tentunya juga bisa berkontribusi untuk kemajuan Indonesia,” imbuhnya.
Mewakili kampus, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Isroqunnajah mengapresiasi donasi pendidikan yang diamanahkan untuk mahasiswa. “Pihak YBM-PLN juga menyanggupi support material dan finansial untuk kreativitas mahasiswa,” tutur Gus Is, sapaan akrabnya. Kesanggupan ini tentunya tak datang secara instan. “YBM-PLN telah melihat prestasi-prestasi mahasiswa UIN Malang di level nasional dan juga internasional,” jelasnya. Dengan ada dukungan finansial pendidikan ini, ia berharap akan makin banyak lagi mahasiswa berprestasi di kampus berlogo Ulul Albab ini. (nd/ptt)

Lebih Lanjut »
3 PRODI BARU RESMI DIBUKA
Selasa, 23 Februari 2021 . in Berita . 868 views
3121_rek.jpg

GEMA-Setelah lama merencanakan dan mengajukan, akhirnya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan resmi untuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tiga sekaligus Surat Keputusan Menteri Agama RI menandakan diresmikannya pembukaan tiga prodi baru, Selasa (16/2). Ketiganya ialah SK Menag No. 27 Tahun 2021 untuk Program Doktor Hukum Keluarga Islam, SK Menag No. 28 Tahun 2021 untuk Program Doktor Ekonomi Syariah, dan SK Menag No. 29 Tahun 2021 untuk Pendidikan Profesi Guru.
Hal ini disampaikan Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. saat melantik profesor baru di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Rabu (17/2). Ia menilai ada sinergitas antara penambahan guru besar dan juga program studi di kampus. Pihak kampus masih akan tetap mengusahakan penambahan prodi lainnya. Pasalnya, UIN Malang ingin menjadi tujuan studi lanjut bagi lulusan PTKIN, PTN, dan perguruan tinggi swasta lainnya baik di dalam maupun luar negeri. Maka, Prof. Haris berharap agar seluruh elemen di kampus mendukung cita-cita baik universitas untuk menjadi lembaga di skala World Class University. (nd)

Lebih Lanjut »
PROF. ASNAWI: 4 LANGKAH DUKUNG MASTERPLAN EKONOMI SYARIAH
Rabu, 17 Februari 2021 . in Berita . 644 views
3114_asnawi.jpg

GEMA-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mempersiapkan diri untuk menjadi negara mandiri, makmur, dan madani dengan menjadi pusat Ekonomi Syariah dunia. Sebagai institusi pendidikan, perguruan tinggi mendukung masterplan pemerintah ini dengan beragam cara edukasi. Ada empat hal yang bisa dilakukan perguruan tinggi menurut penuturan Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. dalam orasi ilmiahnya, Rabu (17/2).
Pertama ialah penguatan kemampuan literasi. Hal ini bisa dilakukan secara formal melalui pembukaan prodi Ekonomi Syariah dan juga secara informal melalui penyebaran konten di media massa dan sosial. Penguatan sumber daya manusia menjadi langkah kedua. Cara ini bisa dilakukan dengan mengajarkan sistem Ekonomi Syariah seperti perbankan dan industri halal kepada masyarakat. Cara ketiga dan keempat ialah dengan melakukan riset serta membangun lembaga kajian dan fatwa yang fokus pada tema tersebut.
Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Syariah. Ia tak hanya bergerak aktif di bidang pendidikan sebagai dosen, namun juga berkiprah sebagai entrepreneur. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up