Daftar Kategori: Berita


Rektor PTN se-Jatim Bahas Pendapatan dan Efisiensi
Abadi Wijaya Rabu, 31 Juli 2024 . in Berita . 175 views
7442_1.jpg

HUMAS UIN MALANG– Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, bersama Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, menghadiri Rapat Kerja Paguyuban Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Jawa Timur di Universitas Jember. Rapat kerja ini diikuti oleh 13 PTN se-Jatim dan merupakan pertemuan rutin yang diadakan setiap semester. Rabu, 31 Juli 2024.

7443_2.jpg


Isu utama yang dibahas dalam pertemuan kali ini adalah "Pendapatan PTN antara Badan Layanan Umum (BLU) dan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH)", yang menarik perhatian para pimpinan PTN. Prof. Zainuddin menyampaikan bahwa kolaborasi dan sinergi antara PTN di Jawa Timur sangat penting. "Kerja sama ini diperlukan dalam ranah akademik, kelembagaan, dan usaha bisnis yang dapat memandirikan lembaga," ujarnya.

7444_3.jpg


Prof. Zainuddin juga menekankan pentingnya persiapan yang matang dan efisiensi dalam segala bidang untuk menuju status PTNBH. "Penghematan wajib dilakukan oleh setiap institusi, baik yang sudah berstatus PTNBH maupun yang belum. Tujuannya adalah agar institusi bisa melakukan penghematan dan memberikan keringanan terhadap biaya operasional kampus, sehingga kampus bisa menyajikan pendidikan yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.
Rapat kerja ini juga menghadirkan perwakilan pimpinan dari UNAIR, ITS, dan UB yang sudah berstatus PTNBH sebagai pembicara dan pemberi testimoni. "Mereka semua hadir dalam forum penting ini," tutup Prof. Zainuddin.
Raker Paguyuban PTN se-Jatim di Universitas Jember ini diharapkan dapat menghasilkan strategi dan solusi efektif untuk meningkatkan pendapatan dan efisiensi operasional di seluruh PTN yang ada di Jawa Timur.

Lebih Lanjut »
UIN Malang dan Imigrasi Kelas 1 TPI Malang Selenggarakan Program Eazy Paspor untuk Sivitas Akademika
Abadi Wijaya Rabu, 31 Juli 2024 . in Berita . 110 views
7437_eazy1.jpg

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang mengadakan sosialisasi dan layanan pembuatan paspor melalui program Eazy Paspor. Kegiatan ini diadakan untuk memudahkan sivitas akademika UIN Malang dalam mengurus paspor mereka. Rabu, 31 Juli 2024.

7438_eazy2.jpg


Dalam sambutan pembuka, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag. menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada petugas Imigrasi Kelas 1 TPI Malang atas kerja sama yang terjalin. "Pentingnya paspor bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa memberikan daya tarik tersendiri. Saat ini, jika data kurang lengkap, pembuatan paspor bisa memakan waktu lama dan harus bolak-balik ke kantor imigrasi. Sekarang, petugas Imigrasi datang ke UIN Malang dan memberikan pelayanan prima kepada sivitas akademika UIN Malang," ujar Fatah.

7441_eazy5.jpg


Fatah berharap kegiatan sosialisasi dan pelayanan pembuatan paspor ini tidak hanya dilakukan sekali, tetapi dapat diagendakan setiap tahun. "Saya rasa kegiatan seperti ini penting dan memberikan banyak manfaat serta kemudahan bagi sivitas akademika UIN Malang," tambahnya.

7439_eazy3.jpg


Dany Trisunu, S.H., M.H., Kepala Subseksi Pemeriksaan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang, menegaskan bahwa kerja sama dengan berbagai kampus di Malang Raya sudah terjalin lama. "Tujuannya adalah memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan paspor. Kerja sama ini juga telah dilaksanakan dengan beberapa kampus, salah satunya dengan UB Malang," katanya.

7440_eazy4.jpg


Dany berharap program Eazy Paspor ini dapat memberikan kemudahan bagi sivitas akademika UIN Malang dalam pembuatan atau perpanjangan paspor. "Semua yang mendaftar akan dilayani dan dokumen pendukungnya akan dicek kembali sebelum proses perekaman berlangsung. Jika ada data yang tidak terintegrasi atau kurang valid, maka harus diurus kembali terlebih dahulu agar data yang diinput dalam sistem imigrasi benar-benar valid," jelasnya.
Dany juga mengingatkan agar paspor yang sudah dimiliki dijaga dengan baik. "Jika hilang, akan dikenakan sanksi hingga 1 juta rupiah, baik sengaja maupun tidak sengaja," tegasnya.
Program Eazy Paspor ini diharapkan dapat menjadi solusi praktis bagi sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mengurus paspor dengan lebih mudah dan efisien.

Lebih Lanjut »
Mahasiswa Asing Lolos Seleksi Mandiri di UIN Malang
Abadi Wijaya Selasa, 30 Juli 2024 . in Berita . 230 views
7436_ahmed.png

 

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menorehkan prestasi dengan menerima mahasiswa asing melalui jalur mandiri tulis. Abdelaziz Ahmed Suliman Osman, asal Sudan, menjadi satu-satunya mahasiswa asing yang berhasil lolos seleksi ini.

Ahmed, yang merupakan lulusan MAS Attaraqqie, terdaftar sebagai peserta dengan nomor tes 241100554. Ia memilih program studi Farmasi pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang. Proses seleksi yang diikutinya tidak berbeda dengan peserta lainnya, yakni tes wawancara dan BTQ (Baca Tulis Quran), yang dilaksanakan secara online melalui Google Meet.

Sebelum mengikuti tes, Ahmed diwajibkan menunjukkan Kartu Tes, Tanda Pengenal (KTP), dan Ijazah/SKL yang dikeluarkan oleh MAS Attaraqqie. Keberhasilan Ahmed ini menjadi bukti bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terus berupaya memberikan kesempatan yang sama bagi semua calon mahasiswa, termasuk dari luar negeri.

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr.H.M. Zainuddin, MA, menyampaikan apresiasinya terhadap Ahmed. "Kami sangat bangga menerima mahasiswa internasional yang memiliki semangat tinggi dalam menempuh pendidikan di UIN Malang. Keberagaman ini akan semakin memperkaya budaya akademik di kampus kami," ujarnya.

Ahmed juga mengungkapkan kebahagiaannya diterima di UIN Malang. "Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan ini. Saya berharap bisa memberikan yang terbaik selama studi di sini dan membawa nama baik UIN Malang di kancah internasional," katanya.

Dengan diterimanya Ahmed sebagai mahasiswa baru, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi calon mahasiswa internasional lainnya untuk bergabung dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebuah kampus yang terus berkomitmen pada mutu dan kualitas Pendidikan menuju kampus unggul dan berputasi internasional.

Lebih Lanjut »
Wisuda ke-82 untuk Sarjana dan Pascasarjana Dijadwalkan akan Digelar 14 September
Abadi Wijaya Selasa, 30 Juli 2024 . in Berita . 244 views
7435_14.jpg

HUMAS UIN MALANG – Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, melalui surat pengumuman resmi Nomor: 3351/Un.3.1/PP.00.9/07/2024, mengumumkan bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan mengadakan Wisuda Sarjana dan Pascasarjana ke-82 (Periode IV Tahun 2024) pada 14 September 2024. Berikut adalah ketentuan pelaksanaan wisuda tersebut:
Pengambilan Toga dan Undangan Wisuda: Pengambilan toga dan undangan wisuda akan diatur oleh masing-masing Fakultas atau Pascasarjana. Selasa, 30 Juli 2024.
Pengambilan Ijazah: Ijazah untuk Wisuda ke-82 Periode IV Tahun 2024 yang sudah selesai dapat diambil di Bagian Akademik mulai Senin, 9 September 2024, dengan mengikuti ketentuan pengambilan ijazah.
Gladi Bersih Wisuda: Gladi bersih akan dilaksanakan di Gedung Jenderal H. M. Soeharto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Jum’at, 13 September 2024, mulai pukul 08.30 hingga 11.00 WIB. Semua peserta wisuda diharapkan hadir tepat waktu dan menandatangani daftar hadir.
Pelaksanaan Wisuda: Wisuda ke-82 Periode IV Tahun 2024 akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2024, di Gedung Jenderal H. M. Soeharto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kehadiran Orang Tua/Pendamping: Orang tua atau pendamping wisudawan diperkenankan menghadiri acara wisuda di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag mengimbau seluruh peserta wisuda untuk mematuhi seluruh ketentuan yang telah ditetapkan dan mengikuti rangkaian acara dengan tertib. "Wisuda adalah momen penting bagi para lulusan dan keluarga mereka. Kami berharap pelaksanaan wisuda ini berjalan lancar dan menjadi kenangan yang berharga," ujar beliau.
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi para lulusan dan memastikan pelaksanaan wisuda berjalan dengan sukses dan khidmat.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Siap Gelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana ke-81
Abadi Wijaya Selasa, 30 Juli 2024 . in Berita . 305 views
7434_wisuda.jpg

HUMAS UIN MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Wisuda Sarjana dan Pascasarjana ke-81 (Periode III Tahun 2024) yang dijadwalkan pada 7 September 2024. Berdasarkan surat pengumuman resmi Nomor: 3350/Un.3.1/PP.00.9/07/2024, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, menyampaikan beberapa ketentuan terkait pelaksanaan wisuda tersebut. Selasa, 30 Juli 2024.
Para calon wisudawan dan wisudawati diharapkan untuk memperhatikan ketentuan berikut:
Pengambilan Toga dan Undangan Wisuda: Toga dan undangan dapat diambil sesuai jadwal yang diatur oleh Fakultas atau Pascasarjana masing-masing.
Pengambilan Ijazah: Ijazah untuk Wisuda ke-81 Periode III Tahun 2024 yang sudah selesai dapat diambil di Bagian Akademik mulai Senin, 2 September 2024, dengan tetap melaksanakan ketentuan pengambilan ijazah.
Gladi Bersih Wisuda: Gladi bersih akan dilaksanakan di Gedung Jenderal H. M. Soeharto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Jum’at, 6 September 2024, mulai pukul 08.30 hingga 11.00 WIB. Semua peserta wisuda diharapkan hadir tepat waktu dan menandatangani daftar hadir.
Pelaksanaan Wisuda: Wisuda akan dilaksanakan pada Sabtu, 7 September 2024, di Gedung Jenderal H. M. Soeharto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kehadiran Orang Tua/Pendamping: Orang tua atau pendamping wisudawan diperkenankan menghadiri acara wisuda di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag mengimbau seluruh peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan tertib dan khidmat. "Kami berharap momen wisuda ini dapat menjadi kenangan indah dan berarti bagi para wisudawan serta keluarga," ujar beliau.
Dengan segala persiapan yang matang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang siap menyambut para lulusan baru yang akan membawa nama baik almamater dalam kiprah mereka di masyarakat.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Gelar Workshop Pembelajaran Berbasis OBE
Abadi Wijaya Senin, 29 Juli 2024 . in Berita . 208 views

HUMAS UIN MALANG– Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) mengadakan workshop mengenai pembelajaran berbasis Outcome Based Education (OBE). Acara yang berlangsung pada Senin, 29 Juli 2024 ini dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Helmi Syaifuddin, M.Phil dan bertempat di Ruang Pertemuan gedung Rektorat Lt.3.

Lebih Lanjut »
FGD Akselerasi Kelembagaan UIN Maliki Malang Hadirkan Dirjen Pendis dan Direktur Diktis
Jajang Ogi Wisono Jumat, 26 Juli 2024 . in Berita . 231 views
7428_kmps33.jpg

HUMAS UIN MALANG - Jum'at, 26 Juli 2024, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan Forum Group Discussion (FGD) yang bertajuk "Akselerasi Kelembagaan" di Kampus 3 UIN Maliki Malang. Acara ini menghadirkan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis), Prof. Dr. H. Abu Rokhmad, M.Ag, serta Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Direktur Diktis), Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, sebagai narasumber utama.

UIN Maliki Malang, sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah memperoleh status Badan Layanan Umum (BLU), kini menghadapi tantangan signifikan dalam meningkatkan BLU Maturity Rating. Dengan rata-rata indeks BLU Maturity Rating yang masih berada di level 3, padahal idealnya PTKIN yang telah BLU seharusnya berada di level 5. Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, menginisiasi pertemuan ini untuk menggali solusi dan strategi perbaikan.

7430_kmps35.jpg

Dalam sambutan pembukanya, Prof. Zainuddin menekankan pentingnya mematangkan status BLU untuk memenuhi tuntutan dan standar yang ditetapkan. Beliau juga mengusulkan penerapan solusi Ortaker (Organisasi dan Tata Kerja) yang telah terbukti sukses di berbagai PTN lainnya, salah satu kiblat Ortaker ialah pada Universitas Brawijaya (UB). Prof. Zainuddin berharap bahwa usulan ini bisa dipertimbangkan dan diterapkan secara luas di seluruh PTKIN untuk meningkatkan standar pengelolaan keuangan dan layanan publik.

H. Slamet, SE, MM., Ph.D, selaku Tim Pengembangan Kelembagaan, memaparkan tujuan dan maksud dari acara ini lebih rinci melalui presentasinya. Ia menjelaskan bahwa FGD ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendiskusikan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitas BLU, serta mendalami solusi Ortaker yang dipaparkan secara mendalam.

7429_kmps34.jpg

Menyimak hal tersebut, Prof. Dr. H. Abu Rokhmad, M.Ag selaku Dirjen Pendis tertarik dengan adanya perubahan pada Institusi Pendidikan di bawah Kemeneterian Agama RI. Namun beliau menekankan betapa pentingnya mengubah pola pikir para dosen atau tenaga pendidik yang mana sebelum BLU hingga menjadi BLU. Beliau menggarisbawahi pentingnya integrasi antara pengelolaan akademik, layanan publik, dan bisnis untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas. Beliau juga menjelaskan bahwa saat ini sudah bukan era globalisasi, melainkan sudah masuk di era disrupsi era di mana yang lama tampak jadul dan tidak perlu digunakan dan digantikan dengan hal yang baru. Beliau mempunyai gambaran bahwa kedepan para mahasiswa tidak perlu datang ke kampus lagi untuk kuliah dan bisa merampingkan struktur pada pemerintahan sehingga lebih efisien dan efektif.

Banyak hal yang sejalan dengan Dirjen Pendis, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag selaku Direktur Diktis menambahkan bahwa telah mengetahui bahwa Maturity rating BLU pada PTKIN rendah. Beliau juga telah menyiapkan solusi dengan pakar hukum tentang PMK dengan Ortaker.

7427_kmps3.jpg

Di akhir acara, para petinggi berkesempatan untuk meninjau pembangunan gedung baru UIN Maliki Malang di Kampus 3, yang dikenal sebagai kampus premium dengan julukan "Kampus di Atas Awan". Gedung ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan layanan di UIN Maliki Malang.

Acara ini diharapkan menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya akselerasi kelembagaan dan pencapaian BLU Maturity Rating yang optimal bagi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan seluruh PTKIN di Indonesia.

Lebih Lanjut »
Kemenag Suskes Menyelenggarakan Haji 2024; Indikator Formula 4-3-5
Abadi Wijaya Jumat, 26 Juli 2024 . in Berita . 247 views
7426_dsd.png

HUMAS UIN MALANG-Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/ 2024 M telah selesai. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelasakan bahwa penyelenggaraan haji tahun 2024 berjalan sukses dan lancar. Seluruh fase penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik. Mulai dari pemberangkatan, puncak haji hingga pemulangan.
Hal ini disampaikan Menag Yaqut saat Konferensi Pers Penutupan Masa Operasional Haji 1445 H/ 2024 M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Turut mendampingi Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala BPKH Fadlul Imansyah, perwakilan Kedutaan Besar Arab Saudi, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief, serta perwakilan Kementerian/Lembaga terkait.
“Alhamdulillah seluruh fase penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik. Mulai dari pemberangkatan, puncak haji hingga pemulangan. Puncak haji di Armuzna, semua juga alhamdulillah berjalan lancar. Murur juga sebagai skema yang kita ikhtiarkan dan ini baru pertama kali dijalankan. Dan berjalan sukses,” kata Menag Yaqut, Kamis (25/7/2024).
“Hingga akhir operasional ini, ada 46 Jemaah Haji yang masih dirawat di Arab Saudi. Jemaah yang sakit ini akan terus kami pantau. Melalui Kantor Urusan Haji di Jeddah. Dan selama perawatan jemaah tidak akan dikenakan biaya. Jadi perlu juga ini kami sampaikan dan tidak berlebihan, jika disebut haji 2024 ini sukses dan jauh lebih baik dari tahun-tahuns sebelumnya,” sambung Gus Menteri sapan akrabnya.
Gus Menteri menyampaikan bahwa sukses haji 2024 ini merujuk pada sejumlah indikator yang diformulasikan dengan skema 4-3-5. Apa itu skema 4-3-5?
“Empat Perdana di Haji 2024, tiga pengembangan ekosistem potensi ekonomi haji, dan lima inovasi haji 2024,” kata Gus Menteri.
Gus Menteri menjelaskan bahwa empat hal terkait serba perdana di haji 2024 ini adalah pertama, layanan fast track di tiga embarkasi, selain Bandara Soetta, sekarang, jemaah juga mendapatkan layanan fast track di Bandara Adi Sumarmo Solo, dan Bandara Juanda Surabaya.
“Dan mulai tahun ini, lebih dari 50% jemaah sudah merasakan layanan ini. Ini adalah bukti bagaimana baiknya hubungan baik Negara Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi. Dengan Diplomasi baik yang terus kita jalankan,” kata Gus Menteri.
Kedua, pertama kali dalam kuota normal, layanan katering diberikan secara penuh selama jemaah selama di Makkah. Ketiga, pertama juga dalam sejarah Indonesia, mendapatkan kuota tambahan hingga 20.000 jemaah. Ini bagian dari upaya diplomasi dan kedekatan pembicaraan yang dilakukan Presiden Jokowi kepada Raja Salman dan pangeran Muhammad Bin Salman. Keempat, skema Murur juga peratama kali diterapkan dengan terencana dan sistematis.
“Murur yang saya sampaikan tadi diawal juga, adalah skema pergerakan Jemaah dari Arafah menuju Muzdalifah, Jemaah hanya melintas tanpa turun lalu menuju langsung ke Mina. Ini adalah bagian dari ikhtiar agar kepadatan Muzdalifah yang tejadi pada tahun lalu tidak terulang. Jemaah yang mengikuti skema murur ini ada sekitar 5.198.109 jemaah. Jadi meski dalam realiasasinya kami meyakini lebih dri itu, itu adalah angka yang tercatat di dokumen kami,” jelas Gus Menteri.
Gus Menteri menjelaskan bahwa tiga Pengembangan Ekosistem Potensi Ekonomi Haji tersebut adalah, Pertama, ekspor bumbu nusantara. Baru ada 16 ton bumbu nusantara yang diekspor untuk memenuhi kebutuhan katering Jemaah haji Indonesia. Tahun ini mengalami peningkatan, ada 70 ton bumbu nusantara yang diekspor ke Saudi.
“Dan tentu potensi ke depan akan terbuka lebar, karena kebutuhannya menurut perhitungan kami mencapai 300 ton,” ktaa Gus Menteri.
Kedua, pengiriman daging dam petugas dan jemaah dalam bentuk kemasan daging olahan. Tahun ini, PPIH berhasil mengelola 6.755 kambing petugas dan jemaah haji. Ada 2000 daging kambing yang akan dikirim ke Indonesia, masing-masing kemasan 1/2 Kg. Diperkirakan akan menjadi sekitar 15ribu pack.
Sementara daging dam lainnya didistribusikan melalui Jamiyyah Khoiriyah (lembaga sosial di Arab Suadi). Semoga di tahun akan datang bisa ditingkatkan.
Ketiga, mulai tahun ini, Indoensia mulai menggunakan makanan siap saji dalam layanan katering Jemaah haji Indoesia. Makanan ini didatangkan dari Indonesia, total ada sekitar 1,7 juta box, dan diistribusikan di Makkah dan saat puncak haji di Armuzna. Jumlahnya masih ditingkatkan karena potensi kebutuhan untuk makanan siap saji ini bisa mencapai 5-6 juta box. Makanan siap saji ini tentu memenuhi cita rasa nusantara.
Gus Menteri juga menjelaskan bahwa lima inovasi haji 2024 tersebut adalah, pertama, transformasi digital dalam melakukan recriutmen petugas. Pendaftaran dibuka secara terbuka dan online, CAT untuk semua petugas, termasuk tenaga pendukung PPIH di Arab Saudi dan mahasiswa Timur Tengah.
Kedua, penggunaan aplikasi kawal haji, untuk memberikan ruang bagi jemaah dan warga jemaah bahkan masyarakat secara umum untuk bisa menyampaikan keluhan dan aduan jika mengalami masalah. Dan hasilnya, beragam masalah lebih cepat teridentifikasi dan tertangani.
Ketiga, safari wukuf lansia non mandiri dan disabilitas dengan persiapan yang lebih matang dari aspek akomodasi, petugas maupun layanan konsumsi. Total tahun ini ada 293 jemaah lansia non mandiri dan disabilitas yang terfasilitasi dan merasa bersyukur bisa tetap menjalankan wukuf di Arafah dengan keterbatasan jemaah.
Keempat, penggunaan IPS (international Pattient Summary) - atau riwayat kesehatan jemaah haji pada kartu jemaah haji. IPS ini berisikan eksehatan jemaah dri sisi demograsfi, apakah punya alergi, riwayat pengobatan, penyakit, dan apakah sudah di imunisasi atau vaksinasi. Dengan informasi ini layanan kesehatan di Arab Saudi dapat memberikan tindakan medis yang lebih tepat dan terukur.
Kelima, penyederhanaan proses tunda atau batal visa. Untuk optimaliasasi penggunaan kuota haji. Jadi jemaah yang sudah terbit visanya, tapi karena satu dan lain hal batal untuk berangkat/tertunda, di input oleh tim Kementerian Agama Kabupaten/Kota, ke Siskohat. Sehingga Kanwil dan Kemenag Pusat, dapat segera membatalkan dan mengajukan visa penggantinya. Pendekatan ini berhasil mengoptimalkan serapan kuota haji hingga tahun ini hanya tersisa 45 kuota saja.
“Kesuksean ini tentu karena komunikasi yang baik antara pemerintah melaui Kementerian Agama dengan kedutaan kerajaan Saudi Arabia. Dan alhamdulillah, seluruh tahapan sekarang ini sudah selesai. Dan saya nyatakan operasional haji 1445 H/ 2024 M, berakhir,” kata Gus Menteri.
Dalam waktu dekat Kemenag segera menggelar evaluasi, sekaligus memulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1446 H/ 2025 M. Sudah diketahui bersama Arab Saudi telah mengumumkan bahwa kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 221.000. Dan pada awal September 2024 mulai ada pertemuan dengan Arab Saudi.

Sumber : Humas Kementerian Agama RI

Lebih Lanjut »
Penutupan Operasional Haji 1445 H/2024 M: Lima Inovasi Kunci Penggerak Kesuksesan
Abadi Wijaya Jumat, 26 Juli 2024 . in Berita . 182 views
7426_dsd.png

HUMAS UIN MALANG-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi mengumumkan berakhirnya operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Menag Yaqut menyoroti lima inovasi kunci yang menjadi pendorong kesuksesan penyelenggaraan haji tahun ini.
“Inovasi pertama yang kami lakukan adalah transformasi digital dalam rekrutmen petugas,” ungkap Menag Yaqut pada Kamis (25/7/2024). Proses pendaftaran yang terbuka dan berbasis online, ditambah dengan penggunaan Computer Assisted Test (CAT) untuk seluruh petugas, termasuk tenaga pendukung di Arab Saudi dan mahasiswa Timur Tengah, telah meningkatkan transparansi dan kualitas seleksi.
Inovasi kedua adalah peluncuran aplikasi Kawal Haji, yang menyediakan platform bagi jemaah, keluarga, dan masyarakat umum untuk melaporkan masalah. “Hasilnya, beragam masalah lebih cepat teridentifikasi dan tertangani,” tutur Gus Men, panggilan akrab Menteri Agama.
Ketiga, persiapan matang dalam pelaksanaan safari wukuf bagi lansia non mandiri dan disabilitas. Dengan mencakup akomodasi, petugas, dan konsumsi, inovasi ini memastikan 293 jemaah dapat menjalankan wukuf dengan baik dan nyaman.
Penggunaan International Patient Summary (IPS) pada kartu jemaah haji merupakan inovasi keempat. IPS berisi riwayat kesehatan jemaah, memungkinkan layanan kesehatan di Arab Saudi memberikan tindakan medis yang lebih tepat dan terukur.
Terakhir, penyederhanaan proses tunda atau batal visa melalui Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) berhasil mengoptimalkan penggunaan kuota haji, dengan hanya 45 kuota yang tersisa tahun ini.
"Alhamdulillah, seluruh tahapan penyelenggaraan haji telah selesai dengan sukses dan lancar berkat lima inovasi ini," ungkap Gus Men. Ia menambahkan bahwa evaluasi menyeluruh akan segera dilakukan, diikuti dengan persiapan untuk penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M.
Kesuksesan tahun ini menjadi tonggak penting dalam upaya terus meningkatkan pelayanan dan efisiensi ibadah haji di masa mendatang.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up