Daftar Kategori: Berita


Tingkatkan Mutu Pendidikan UIN Malang Lakukan MoU dengan MA
Abadi Wijaya Senin, 27 Mei 2024 . in Berita . 350 views
7196_mou.jpg

HUMAS UIN MALANG– Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan beberapa Madrasah Aliyah dan SMA (27/5).

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA. menjelaskan bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen besar UIN Malang kepada masyarakat, terutama kepada madrasah dan sekolah-sekolah di lingkungan pesantren. "Program ini adalah salah satu dari berbagai upaya kami untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswa-siswi dan santri yang berprestasi," ujar Rektor.

Beberapa bulan sebelumnya, UIN Malang juga menjadi tuan rumah seminar dan kegiatan perumusan sistem pendidikan Nahdatul Ulama oleh PPNU. "Kini, lingkungan pendidikan Nahdatul Ulama telah memiliki sistem pendidikan yang menjadi acuan bagi pengasuh pesantren dan para guru," tambahnya.

Beliau juga menekankan bahwa UIN Malang memiliki berbagai program pembinaan untuk madrasah dan perguruan tinggi di lingkungan pesantren. Salah satunya adalah memberikan bantuan akreditasi dan pelatihan kepada perguruan tinggi di pesantren yang membutuhkan.

Rektor juga menyoroti keunggulan UIN Malang yang memiliki tagline "Unggul Bereputasi Internasional". Saat ini, 14 program studi sedang didaftarkan untuk akreditasi internasional. "Kami memiliki program unggulan seperti Ma’had Jami’ah, di mana seluruh mahasiswa baru wajib tinggal minimal satu tahun. Tahun ini, Ma’had baru yang premium menampung 1600 mahasiswa baru, dengan total kuota 6000 mahasiswa baru," jelasnya.

7197_mou.jpg

UIN Malang memiliki tiga kampus dengan fakultas yang lengkap dan program-program unggulan seperti Pusat Ma’had Jami’ah dan Pusat Pendidikan Bahasa Asing. "Kami memiliki 240 mahasiswa asing dari total 560 mahasiswa luar negeri dari 42 negara. Setiap tahun, kami menerima penghargaan dari Kementerian Agama sebagai kampus dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak. Dosen-dosen kami juga berasal dari luar negeri, seperti Mesir, Arab Saudi, dan Sudan," lanjut Prof. Zainuddin.

Selain itu, UIN Malang juga menyediakan beasiswa untuk hafizul Quran. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU, menandai komitmen UIN Malang dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan pesantren dan madrasah.

Reporter: Rahmata Bella

Fotografer: Ajay

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
HTN UIN Malang Bahas Putusan MK tentang Hak Politik dalam Pemilu
Abadi Wijaya Rabu, 22 Mei 2024 . in Berita . 348 views
7192_ok.jpg

HUMAS UIN MALANG - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Prodi Hukum Tata Negara mengadakan kuliah tamu dengan tema "Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang Hak Politik dalam Pemilu". Acara ini menampilkan dua pakar hukum terkemuka, Andi Asrun dan Saifullah, M.Hum, yang memberikan wawasan mendalam kepada para sivitas akademika UIN Maliki Malang. Rabu, 22 Mei 2024.

7193_rektor.jpg

Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. H. Sudirman Hasan, MA dalam sambutannya menekankan pentingnya topik ini mengingat MK sedang dalam proses revisi terkait hak politik. "Saya berharap alumni Hukum Tata Negara Fakultas Syariah ini menjadi praktisi hukum yang ahli dan seluruh sivitas akademika dapat mengikuti kegiatan kuliah umum ini dengan sebaik-baiknya," ujar Sudirman.

7194_dekan-syariah.jpg

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para pemateri yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan yang lebih mendalam dibandingkan yang diperoleh di kelas. "Sivitas akademika harus bangga mendapatkan kesempatan ini, belajar di kampus unggul berkelas internasional," tegas Zainuddin.

Komitmen UIN Malang untuk menyiapkan lulusannya agar terserap di dunia kerja terbukti dari hasil survei yang menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen lulusannya berhasil mendapatkan pekerjaan. Salah satu keunggulan alumni UIN Maliki Malang adalah integrasi keilmuan yang mereka miliki. "Misalnya, lulusan dokter dan apoteker tidak hanya dibekali ilmu kesehatan dan pengobatan saja, tetapi juga lebih dari itu," jelasnya.

7195_pemateri.jpg

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, UIN Maliki Malang sedang mengembangkan gedung perkuliahan di atas lahan seluas 150 hektar di daerah Batu. "Dengan penambahan gedung baru ini, kami berharap dapat menampung lebih banyak mahasiswa baru," tambah Zainuddin.

Kuliah tamu ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang putusan MK, tetapi juga memperkuat komitmen UIN Maliki Malang dalam memberikan pendidikan berkualitas yang integratif dan aplikatif bagi seluruh sivitas akademika.

Lebih Lanjut »
Gandeng KBRI, MRPTNI dan INTI University, UIN Maliki Selenggarakan Program MBKM Kemanusiaan di Malaysia
Abadi Wijaya Selasa, 21 Mei 2024 . in Berita . 377 views
7184_kerjasamaa.jpg

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang terus memperkuat komitmennya dalam mendukung Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemenristek Dikti. Kali ini, UIN Malang menggandeng Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dan INTI International University Malaysia. Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang berlangsung di Kantor Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur. Senin, 20 Mei 2024.

7185_ttda.jpg


Penandatanganan MoU tersebut melibatkan 23 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Sumatera hingga ujung timur Papua. Wakil Kepala Perwakilan RI di Malaysia, Rossy Verona, dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhammad Firdaus, SP, M.Si, turut hadir dalam acara ini. Selain itu, Sekretaris Eksekutif MRPTNI, Dr. Andi Ilham Mahmud, dan Vice Chancellor INTI International University, Prof. Dr. Joseph Lee, juga menyaksikan momen penting tersebut.
Prof. Firdaus dalam sambutannya menegaskan pentingnya MoU ini untuk memayungi berbagai kegiatan akademik dan pengembangan kelembagaan, khususnya kegiatan MBKM dan magang mahasiswa maupun dosen. “Tanpa ada MoU, kegiatan MBKM tidak akan diakui SKS-nya oleh PD Dikti,” ujarnya.

7187_pidato.jpg


Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. M. Zainuddin, yang mewakili Majelis Rektor PTNI, menyambut baik inisiatif KBRI untuk mempertemukan perguruan tinggi Indonesia dengan INTI University dan perguruan tinggi lainnya di Malaysia. “Kami siap bekerja sama dan mengajak semua perguruan tinggi negeri dan swasta untuk menyukseskan program yang sangat berharga ini,” ungkap Zainuddin.

7188_acaraa.jpg


Kerja sama ini tidak hanya berfokus pada kegiatan akademik, tetapi juga pada pengabdian masyarakat. Program MBKM Kemanusiaan ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi ribuan anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia yang tidak bisa bersekolah karena tidak memiliki dokumen. Rossy Verona berharap MoU ini tidak hanya berhenti pada penandatanganan, tetapi juga diikuti dengan tindak lanjut yang jelas. “Harus ada parameter yang jelas untuk mengukur sejauh mana keberhasilan program ini,” tegasnya.

7186_barengs.jpg


Prof. Firdaus menambahkan bahwa pendidikan ini diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan di kalangan pekerja migran Indonesia di Malaysia. Program MBKM Kemanusiaan dijadwalkan berlangsung selama 3-6 bulan, di mana mahasiswa akan mengambil kuliah 3 SKS di INTI University dan sisanya berupa magang mengajar di sanggar-sanggar belajar yang menampung sekitar 2000 anak-anak pekerja migran.
Kerja sama ini menunjukkan komitmen kuat dari berbagai pihak untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak pekerja migran Indonesia, sekaligus memperkuat hubungan akademik dan kultural antara Indonesia dan Malaysia.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Sambut Kehadiran Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyad
Abadi Wijaya Senin, 20 Mei 2024 . in Berita . 270 views
7189_gus-is.png

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat kehormatan besar sore ini dengan kedatangan tamu istimewa, Dr. Badrus Sholeh, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyad. Kedatangan Dr. Badrus disambut dengan penuh antusias oleh jajaran pimpinan UIN Malang, termasuk Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Isroqunnakah, M.Ag, yang akrab disapa Gus Is, serta Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Umi Sumbulah, M.Ag. Turut hadir juga Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Prof. Dr. Hj. Like Rascova Octaberlina, M.Ed, para Dekan, Wakil Dekan III, dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof. Dr. H. Agus Maimun, M.Pd. Senin, 20 Mei 2024.

7190_ummi.png


Dalam sambutannya, Gus Is mengungkapkan rasa terhormat atas kunjungan ini dan berharap pertemuan tersebut dapat menyinergikan UIN Malang dengan lembaga-lembaga internasional. "Kampus ini sudah unggul dan tinggal pencapaiannya menuju reputasi internasional. Oleh karena itu, dalam pertemuan penting ini diharapkan Adikbud Riyad bisa membantu melancarkan misi UIN Malang untuk menjadi kampus yang memiliki daya saing di kancah internasional," ujarnya.

7191_barengz.png


Pertemuan ini fokus pada pembahasan peluang kerjasama antara UIN Malang dengan Kementerian Pendidikan di Riyad. Diharapkan, kolaborasi ini dapat membuka jalan bagi UIN Malang untuk berkiprah lebih luas dalam bidang pendidikan di Riyad, mendukung visi kampus untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul dan berdaya saing internasional.
Kunjungan ini tidak hanya mempererat hubungan bilateral di bidang pendidikan antara Indonesia dan Arab Saudi, tetapi juga memperkuat tekad UIN Malang untuk terus berkembang dan mencapai standar internasional dalam pendidikan dan penelitian. Dengan dukungan dari KBRI Riyad, UIN Malang optimis dapat mewujudkan cita-citanya sebagai kampus berkelas dunia.

Lebih Lanjut »
Mengukir Semangat Bangkit Menuju Indonesia Emas dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024
Abadi Wijaya Senin, 20 Mei 2024 . in Berita . 269 views
7181_pn.jpg

HUMAS UIN MALANG | UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116. Upacara tersebut diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan di Lapangan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Senin, (20/5/2024).

Dalam momen ini, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag menyampaikan pesan-pesan penting mengenai kebangkitan nasioal dan kemajuan teknologi, peran tokoh sejarah seperti Budi Utomo dan Soekarno dalam proses kebangkitan Bangsa Indonesia, serta pentingnya pengambilan keputusan yang cepat dan cermat untuk mengarahkan kebaikan bangsa. 

7182_pn.jpg

"Momen ini juga menjadi refleksi akan fase kebangkitan kedua, yang menekankan pentingnya penguasaan teknologi sebagai kunci keberhasilan dalam mencapai kemajuan dan masa keemasan bagi Indonesia," tuturnya.

Seluruh potensi, termasuk Sumber Daya Alam (SDA), serta transformasi teknologi merupakan dasar untuk mencapai Indonesia Emas.

7183_pn.jpg

Dengan semangat sinergi, momen kebangkitan nasional juga diharapkan menjadi langkah menuju kemajuan Universitas dan Bangsa agar dapat dipermudah oleh Allah SWT. Ini mengisyaratkan pentingnya kerjasama dan komitmen bersama dalam mewujudkan visi kemajuan.

Dengan momentum ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diharapkan dapat semakin menguatkan komitmennya untuk menjadi bagian dari perjalanan Indonesia menuju keemasan. Dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa diharapkan dapat terus berperan aktif dalam menciptakan inovasi, memajukan teknologi, dan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Reporter: Rizki Ramadhani Pratama

Fotografer: Santoso

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Uniska Kalimantan Jalin Kerjasama dengan UIN Maliki Malang
Abadi Wijaya Minggu, 19 Mei 2024 . in Berita . 292 views
7179_ker.jpg

HUMAS UIN MALANG- Melaporkan langsung dari Banjarmasin, 18 Mei 2024 – Dalam upaya memperkokoh kemitraan dan pengembangan kelembagaan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska) Banjarmasin. Penandatanganan kesepakatan ini diharapkan dapat memperkuat fondasi kelembagaan dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan.

7180_jad.jpg

Melalui kemitraan strategis ini, kedua universitas akan bekerja sama dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. "Komitmen kami adalah untuk bersama-sama maju, terutama bagi lembaga-lembaga Islam," ujar Prof. Zainuddin, Rektor UIN Maliki Malang.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Zainuddin memaparkan roadmap pengembangan kelembagaan UIN Malang, yang mengedepankan konsep integrated learning model. "Semua mahasiswa baru wajib tinggal di ma’had selama satu tahun untuk memperdalam tradisi keagamaan," jelasnya. UIN Malang juga memiliki markazul lughat, pusat pengembangan bahasa asing, dan Haiah Tahfidz Qur’an (HTQ) yang membina 2.500 mahasiswa penghafal al-Qur’an.

7178_bersama.jpg

Kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat dan memperkuat posisi kedua universitas dalam membangun masyarakat yang lebih berkelanjutan dan inklusif. "Kami berkomitmen untuk menjaga hubungan ini dengan baik dan mengoptimalkan potensi kolaboratif kami," tambah Zainuddin.

Dalam rangkaian acara tersebut, juga diselenggarakan kegiatan Visiting Professor yang diisi oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, dengan tema "Model Pendidikan Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan". Mengingat Indonesia adalah negara yang plural dengan berbagai budaya dan agama, Prof. Zainuddin menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai cara pandang terhadap pluralitas.

7177_vidit.jpg

“Moderasi beragama bukan hal yang baru, namun perspektif atau cara pandang terhadap pluralitas,” jelas Zainuddin. Salah satu peserta, Dwi Maulida Putri, bertanya tentang cara menghadapi kelompok agama ekstrem yang menganggap semua di luar agama mereka sebagai 'kafir'. Zainuddin menjawab bahwa keyakinan agama harus menjadi dasar untuk memperlakukan orang lain dengan baik, sesuai dengan perintah dasar agama.

“Moderasi juga mencakup toleransi intern umat beragama, khususnya dalam Islam antar madzhab,” lanjutnya. Tantangan moderasi beragama adalah kelompok ekstrem yang sudah ada sejak dulu, sehingga pendidikan agama yang benar dan moderat menjadi salah satu solusinya.

Melalui kerja sama ini, UIN Maliki Malang dan Uniska Banjarmasin berharap dapat menciptakan perubahan positif yang lebih besar, mendukung pembangunan masyarakat yang inklusif, dan menjaga NKRI.

Lebih Lanjut »
Rektor UIN Malang Lantik Pengurus IKA UIN Malang Wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Abadi Wijaya Minggu, 19 Mei 2024 . in Berita . 262 views
7175_ika.jpg

 

HUMAS UIN MALANG - Melaporkan langsung dari Banjarmasin, 18 Mei 2024 — Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. DR. H. M. Zainuddin, MA, melantik pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Malang wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara pelantikan ini digelar di gedung Mahligai Pancasila, kantor pemerintah negara bagian di Banjarmasin, dan dihadiri oleh para alumni UIN Malang yang akan menjadi pengurus serta anggota.

Ketua panitia, Barsihanor, M.Pd.I., melaporkan bahwa jumlah alumni yang terdaftar dalam grup sementara mencapai 140 orang, dengan 80 alumni hadir dalam acara tersebut. Barsihanor berharap, langkah awal pembentukan rumah IKA UIN Malang ini dapat mengajak lebih banyak alumni yang belum terdeteksi untuk bergabung. "Semoga mereka bisa berkontribusi dalam pengembangan lembaga UIN Malang," harapnya.

7176_alumni.jpg

Barsihanor juga menekankan bahwa para alumni UIN Malang telah banyak berperan dalam masyarakat Banjar, baik sebagai tokoh agama, pendidik, maupun pejabat pemerintahan.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Malang, Prof. Zainuddin, mengajak para alumni untuk memberikan ide dan kontribusi pemikiran demi kemajuan UIN Malang. Beliau juga mendorong para alumni untuk mensosialisasikan UIN Malang dan mengantarkan putra-putri mereka untuk menempuh pendidikan di kampus tersebut. "Saya berharap melalui IKA Alunni ini bisa menjadi kemajuan bagi kampus UIN Maliki Malang," harapnya.

Turut mendampingi Rektor dalam acara ini adalah Kepala Biro AAKK, Dr. H. Barnoto, M.Pd., Kepala Pusat CDC, Dr. Muh. Hambali, M.Ag., serta Kabag Kerjasama, Koordinator Pokja Kemahasiswaan, dan tim Humas.

Pelantikan ini menandai awal yang positif bagi IKA UIN Malang wilayah Banjarmasin dalam upayanya mempererat hubungan antar alumni dan mendukung pengembangan UIN Malang ke depannya.

Lebih Lanjut »
Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag: Koordinasi Model Pengelolaan BLU yang Efektif dan Transparan
Abadi Wijaya Jumat, 17 Mei 2024 . in Berita . 275 views
7172_gamblang.jpg

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat kunjungan penting dari Kepala Biro Keuangan dan BMN Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Subarja, beserta timnya yang terdiri dari Agusli Ilyas, Evi Alvisyah, Wardasari Gandhi, Sri Rahayu, dan Losita Dewi. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan pembinaan dan koordinasi penilaian teknis satuan kerja Badan Layanan Umum (BLU) di kampus tersebut. Jumat, 17 Mei 2024.

7173_okey.jpg

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Gedung Rektorat lantai 5 ini dihadiri oleh para petinggi UIN Maliki Malang, termasuk Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) Prof. Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M.Si, Kepala BLU Slamet, Ph.D, Ketua Senat Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag, serta para dekan dan direktur pascasarjana.

Dalam sambutannya, Prof. Ilfi Nurdiana menegaskan bahwa keberadaan satker BLU di UIN Maliki Malang yang telah berjalan sejak 2008 dinilai sangat efektif. Namun, dia mengakui bahwa pengelolaan BLU tidak lepas dari tantangan, khususnya dalam mencapai target pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sesuai standar minimal. UIN Malang terus berupaya memaksimalkan aset yang dimiliki untuk mendukung pemasukan lembaga, salah satunya melalui pengelolaan makhad. "Optimalisasi aset ini harus bisa dijaga dan terus dikembangkan," tegasnya.

7174_all.jpg

Sementara itu, Dewan Pengawas Satker BLU Kemenag RI, Agusli Ilyas, berharap UIN Maliki Malang bisa menjadi percontohan bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya dalam hal pengelolaan satker BLU. Menurutnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani sering memuji perkembangan UIN Maliki Malang, menandakan perspektif yang berbeda dan unggul dibandingkan PTKIN lainnya. "UIN Maliki Malang harus menjaga reputasi ini dengan menjalankan satker BLU secara optimal dan transparan," harap Agusli.

Subarja, Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI, menambahkan bahwa pengelolaan keuangan melalui satker BLU lebih fleksibel. Namun, ia mengingatkan bahwa lembaga yang menggunakan layanan BLU harus mampu mencari sumber pendapatan yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan, misalnya dengan mengoptimalkan aset yang ada. Pengelolaan ini harus sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 129 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan BLU, yang menyatakan bahwa hasil pengelolaan aset sepenuhnya dapat digunakan untuk meningkatkan kegiatan BLU guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya mahasiswa sebagai stakeholder utama.

Dengan pembinaan dan koordinasi ini, diharapkan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan BLU, memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, serta menjadi contoh sukses bagi PTKIN lain di seluruh Indonesia.

Lebih Lanjut »
Tim Penguji Seleksi Beasiswa Mahasiswa Asing UIN Malang Mulai Proses Interview
Abadi Wijaya Kamis, 16 Mei 2024 . in Berita . 252 views
7169_tes.jpg

HUMAS UIN MALANG – Tim penguji seleksi beasiswa mahasiswa asing di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang hari ini mulai melakukan proses interview kepada 76 peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Para peserta ini berasal dari 24 negara yang berbeda, menunjukkan betapa luasnya jangkauan internasional dari program beasiswa ini. Kamis, 16 Mei 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, menekankan pentingnya proses seleksi yang berkualitas kepada seluruh tim penguji. "Saya meminta kepada seluruh tim penguji untuk bisa melakukan proses seleksi ini dengan baik dan objektif," ujar beliau dalam sambutannya. Prof. Umi juga menambahkan bahwa calon mahasiswa asing, baik yang akan menempuh studi sarjana maupun pascasarjana, harus menunjukkan keseriusan mereka dalam belajar serta kesediaan untuk mengikuti regulasi yang diterapkan di kampus UIN Malang.

7170_tess.jpg

Proses seleksi ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting, metode ini memungkinkan para peserta dari berbagai negara untuk mengikuti wawancara tanpa perlu hadir secara fisik di Indonesia.

Selama proses interview, peserta akan dinilai berdasarkan beberapa kriteria penting, termasuk motivasi mereka untuk belajar, pemahaman mereka tentang budaya dan sistem pendidikan di Indonesia, serta kemampuan akademik dan bahasa. "Kami ingin memastikan bahwa mereka yang lolos seleksi ini benar-benar siap dan mampu untuk menempuh pendidikan di sini," kata Prof. Umi.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur beasiswa mahasiswa asing ini adalah salah satu upaya UIN Malang untuk meningkatkan keragaman dan memperluas jejaring akademik internasional. Program ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara UIN Malang dengan berbagai institusi pendidikan di luar negeri.

76 peserta yang berhasil lolos seleksi administrasi ini tentunya memiliki harapan besar untuk dapat melanjutkan studi mereka di UIN Malang. Mereka membawa semangat dan harapan dari negara asal mereka, dan diharapkan dapat berkontribusi positif selama menempuh pendidikan di Indonesia.

Proses seleksi ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan adil, sehingga pada akhirnya, UIN Malang dapat menerima mahasiswa-mahasiswa asing yang berkualitas dan siap untuk menghadapi tantangan akademik di masa mendatang.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up