Daftar Kategori: Berita


Malam Puncak dan Penutupan KKM UIN Malang di Desa Karangnongko
Abadi Wijaya Rabu, 31 Januari 2024 . in Berita . 298 views
6734_kkm.jpg

HUMAS UIN MALANG - Puncak kesuksesan mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Karangnongko ditandai dengan malam puncak yang menandai penutupan resmi kegiatan (29/1). Acara penutupan tersebut dihelat di aula desa, dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perangkat desa, perangkat dusun, tenaga kesehatan (nakes), dan aparat militer desa.

Acara diawali dengan pembacaan berita acara penutupan dilakukan oleh koordinator desa dari mahasiswa yang merangkum berbagai kegiatan, hasil, dan pencapaian yang telah dicapai selama periode KKN. Berita acara ini menjadi dokumentasi resmi yang mencatat jejak perjalanan mahasiswa selama berada di desa Karangnongko.

Sambutan dari dosen pembimbing lapangan, Bapak Rasmu'in, M.Pd.I, menyampaikan ucapan terima kasih kepada desa Karangnongko yang telah menyambut mahasiswa dengan hangat, "Terima kasih telah bersedia menerima anak-anak kami dengan tangan terbuka dan mau direpotkan selama 41 hari. Terima kasih sekali lagi kami sampaikan telah membimbing dan bekerja sama menyukseskan program anak-anak kami."

6735_kkm.jpg

Sambutan Kepala Desa Karangnongko Kecamatan Poncokusumo

Sambutan hangat dari Ibu Kepala Desa, Ibu Hj. , yang memberikan apresiasi tinggi terhadap kontribusi mahasiswa dalam pembangunan di desa. Beliau mengungkapkan harapannya bahwa keterlibatan mahasiswa dalam KKN dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat desa.

 "Saya selaku pribadi dan mewakili pemerintahan desa mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya adek-adek KKM di sini sangat membantu kami," tuturnya.

Kegiatan penutupan ini menjadi momentum berharga untuk menyerahkan sertifikat karya yang merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi selama masa KKM. Sertifikat tersebut melambangkan prestasi dan kontribusi positif berupa website yang memudahkan akses informasi seputar desa Karangnongko. Charles Iqbal Rizanta, ketua KKM kelompok 81 berharap website yang dirancangnya dapat mempermudah alur administrasi desa Karangnongko, "Semoga website ini membantu mempermudah administrasi warga desa Karangnongko."

 

Reporter: Raalins W

Fotografer: Nurhisam A K (KKM 80)

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Gelar Rakernas di Semarang, Kemenag Evaluasi Capaian 2023, Target 2024, dan Penguatan Kerukunan Pascapemilu
Abadi Wijaya Selasa, 30 Januari 2024 . in Berita . 223 views
6730_pers.jpg

HUMAS UIN Malang - Kementerian Agama akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024. Sekjen Kemenag Nizar Ali mengatakan, Rakernas akan mengevaluasi sejumlah capaian kinerja 2023 sekaligus target program 2024. Rakernas juga akan merumuskan sejumlah langkah strategis dalam rangka menguatkan rajutan kerukunan umat pascapemilu 2024.

Rakernas Kementerian Agama akan berlangsung di Semarang, 5 – 7 Februari 2024. Forum rapat tertinggi ini akan diikuti para pejabat Eselon I dan II, Kanwil Kemenag Provinsi, serta pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Rakernas kali ini mengangkat tema “Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Rakernas akan menjadi forum strategis untuk mengevaluasi sejumlah capaian kinerja 2023. Bersamaan itu, akan dikaji kembali juga target Kemenag 2024 berikut strategi pencapaiannya,” sebut Nizar di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Menurut Nizar, Rakernas 2024 sangat strategis karena dua alasan. Pertama, tahun ini merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pada saat yang bersamaan, RPJMN 2020 – 2024 juga merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025.

“RPJMN 2020-2024 akan memengaruhi pencapaian target pembangunan dalam RPJPN. Kita mencitakan Indonesia dengan tingkat kesejahteraan setara dengan negara-negara berpenghasilan menengah atas yang memiliki kondisi infrastruktur, kualitas sumber daya manusia (SDM), layanan publik, serta kesejahteraan rakyat yang lebih baik,” ujar Nizar.

6732_pers.jpg

Sebagai kementerian yang bertugas dalam pembangunan di bidang agama, Kemenag mempunyai peran strategis dalam peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan. Hasil kerja keras itu mulai kentara. Kualitas lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama makin maju dan kompetitif, bahkan menjadi pilihan utama masyarakat.

“Kepercayaan publik terhadap lembaga pendidikan binaan Kemenag terus meningkat. Pada saat yang sama, kualitas layanan publik di Kemenag juga terus ditingkatkan. Tahun 2023 menjadi momentum penting proses transformasi digital di Kemenag hingga banyak mendapat prestasi dan apresiasi,” sambungnya.

Kedua, tahun ini diselenggarakan pemilihan umum. Potensi terjadinya segregasi harus dimitigasi agar kerukunan umat tetap terjaga. Menurut Nizar, Kemenag mengemban mandat penguatan moderasi beragama guna terus merawat kerukunan umat.

“Kerukunan sangat penting, karena menjadi prasyarat kelangsungan pembangunan. Ini salah satu peran strategis Kemenag dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional,” terang Nizar.

“Sekali lagi, kerukunan dan persatuan umat harus tetap terjaga pasca Pemilu demi kelangsungan pembangunan menyongsong Indonesia Emas 2045,” lanjutnya.

6731_pers.jpg

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setjen Kemenag Nurudin menambahkan, Rakernas Kemenag 2024 bertujuan mempertajam arah kebijakan Kementerian Agama dalam mencapai target rencana strategis 2020-2024. Forum ini juga akan menjadi ajang untuk mensosialisasikan program direktif Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Selain evaluasi 2023, kami akan merumuskan strategi pelaksanaan program 2024, meningkatkan tata kelola kepemerintahan, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik Kementerian Agama,” sebut Nurudin.

Kemenag banyak meraih prestasi dan apresiasi sepanjang 2023. Namun, hal itu tidak menutup mata untuk terus mengidentifikasi sejumlah kelemahan, termasuk mitigasi risiko dalam pelaksanaan program 2024. “Bagaimana strategi pelaksanaan program Kementerian Agama 2024 akan dibahas bersama dalam forum ini,” tegasnya.

Rakernas Kemenag 2024 akan dibuka Menag Yaqut Cholil Qoumas. Sejumlah narasumber dijadwalkan akan hadir adalah Menteri Keuangan (Kebijakan Fiskal APBN 2024 Pada Fungsi Agama dan Fungsi Pendidikan), Menteri PPN/Kepala BAPPENAS (Sasaran Pembangunan Nasional Dalam Rangka Bidang Keagamaan Menuju Indonesia Emas 2045), Menteri PAN-RB RI (Arah Transformasi Pelayanan Publik Menuju Indonesia Emas 2045), perwakilan Sekretariat Negara (Kolaborasi Fungsi Agama Antar Kementerian/Lembaga), serta Ketua PBNU (Merajut Kerukunan Umat Beragama Menuju Indonesia Emas 2045).

Humas

Lebih Lanjut »
Peringati Bulan Bahasa Arab Internasional, UIN Malang Gelar Seminar Internasional
Abadi Wijaya Senin, 29 Januari 2024 . in Berita . 246 views
6722_hb.jpg

HUMAS UIN MALANG | Berkolaborasi dengan King Salman Global Academy, Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil mengadakan Seminar Internasional dengan Pemateri Sekretaris Jenderal Global Academy Bahasa For Arabic Languange pada Senin, (29/1).

Acara yang digelar di Aula Rektorat Lt.5, turut hadir Rektor UIN Malang Prof Dr HM. Zainuddin MA. Beliau menekankan komitmen UIN Malang dalam peningkatan keilmuan yang berbasis integrasi ilmu agama dan Ilmu sains. Upaya tersebut diwujudkan dalam program unggulan kampus seperti program Mahad Al-Jami'ah dan Pusat Pemgembangan Bahasa.

6723_hb.jpg

Rektor UIN Malang juga menegaskan upaya tersebut terus dilakukan demi mewujudkan universitas unggul dan bereputasi internasional. "Dengan adanya program mahad 1 tahun bagi mahasiwa baru, selain pengetahuan yang di dapat di kampus, diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan dalam pengetahuan agama," ujarnya.

6724_hb.jpg

Seminar ini dihadiri oleh civitas akademika mulai dari mahasiswa, Dosen dan tenaga pendidik pengembangan bahasa. Bersamaan dengan kegiatan seminar ini, juga turut digelar pelatihan untuk tenaga pendidik sebagai upaya pengembangan keterampilan mengajar bagi para tenaga pendidik agar kualitas program pebgembangan bahasa terus meningkat. 

Kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung dari 29 Januari - 2 Februari 2024. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, kualitas tenaga pendidik program pengembagan bahasa dapat meningkat sehingga dapat melahirkan mahasiswa yang juga mahir dalam penguasaan bahasa arab.

 

Reporter: Rizki Ramadhani Pratama

Fotografer: Ajay

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Ratusan Akademisi Internasional Kumpul di Semarang, Definisikan Ulang Peran Agama Hadapi Krisis Global
Abadi Wijaya Senin, 29 Januari 2024 . in Berita . 186 views
6719_aicis.jpg

HUMAS UIN Malang - Para akademisi Indonesia dan sejumlah negara akan bertemu di Semarang pada Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23. Ajang tahunan ini digelar Ditjen Pendidikan Islam Kementerian dan akan berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, 1 - 4 Februari 2024.

Selain akademisi, turut hadir para tokoh agama dari sejumlah negara. Mereka akan mendiskusikan beragam persoalan kontemporer dalam bingkai tema 'Redefining The Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice, and Human Rights Issues'.

Pada tahap awal, panitia telah menyeleksi 1.957 artikel yang dikirim calon peserta konferensi, hingga terpilih 328 paper terbaik. Para penulis berasal dari 10 negara, yaitu Afghanistan, Armenia, Mesir, Indonesia, Irak, Malaysia, Moroko, Nigeria, Pakistan, dan Sri Lanka. Mereka terbagi dalam tiga kelompok, Invited Papers (80), Open Panel (100), dan Extended Panel (148).

"AICIS kali ini bertujuan untuk mendefinisikan kembali peran agama, terutama Islam, dalam menghadapi tantangan kemanusiaan kontemporer di kancah global," terang Staf Khusus Menag bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo di Jakarta, Senin (29/1/2024).

"Termasuk peran dalam menguatkan persaudaraan kemanusiaan. Gelaran AICIS bertepatan dengan momentum Hari Internasional Persaudaraan Manusia yang ditetapkan PBB sejak 2020 untuk diperingati setiap 4 Februari," sambungnya.

Peringatan Hari Persaudaraan Manusia Internasional ini didasarkan pada momentum ditandatanganinya Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan pada 4 Februari 2019 oleh Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayeb dan Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus. Sebagai kelanjutan dari itu, didirikan Zayed Award for Human Fraternity.

"Alhamdulillah, tahun ini NU dan Muhammadiyah telah ditetapkan sebagai penerima Zayed Award for Human Fraternity," sebut Wibowo.

Kembali ke AICIS 2024, Wibowo memaparkan ada tujuh isu atau sub tema yang akan dibahas, yaitu 1) Agama, Nasionalisme, dan Kewarganegaraan di Asia Tenggara; 2) Dampak Isu dan Ketegangan Keagamaan Internasional terhadap Nasionalisme, Kewarganegaraan, dan Hak Asasi Manusia; 3) Krisis Kesetaraan, Keadilan, dan Kemanusiaan; 4) Ketegangan Agama dan Kemanusiaan Global; 5) Isu Gender, Spiritualitas, dan Minoritas; 6) Fiqih Siyasah tentang Perang dan Damai: Pasca Kolonial; dan 7) Kebijakan berbasis Maslahah Mursalah, Kesetaraan, dan Pemberdayaan.

"Isu besarnya adalah peran agama dalam menguatkan nasionalisme, merespons krisis keadilan dan kesetaraan, masalah gender, serta kemaslahatan umat, termasuk yang berkenaan dengan krisis iklim," jelas Wibowo.

Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi merinci, ada 25 sessi panel yang disiapkan panitia untuk mendiskusikan isu-isu yang menjadi sub tema. Sejumlah akademisi, dalam dan luar negeri, dijadwalkan hadir dan ikut sumbang pemikiran.

Mereka adalah Dr. (HC). K.H Yahya Cholil Staquf (Nadhlatul Ulama Central Board), Prof. Dr. Ismail Fajrie Alatas (New York University), Prof. Rahimin Afandi bin Abdul Rahim (Universitas Malaya), Prof. Dr. Claudia Saise (Humboldt-Universität zu Berlin), Prof. Dr. Dora Marinova (Curtin University, Australia), Prof. Dr. Abdul Djamil, MA (State Islamic University Walisongo Semarang, Indonesia), Prof. Dr. Kamaruzaman (Asian Muslim Action Network), Prof. Dr. Hassanein Al-Saeed Hassanein Ahmed (Suez Canal University, Egypt), Prof. Madya Dr. Kamaluddin Nurdin Marjuni (Universiti Islam Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam), Assistant Professor Dr. Jassim Mohammed Harjan (University of Baghdad, Iraq), Fazlur Rahman bin Kamsani (Middle East Institute National University of Singapore), dan Dr. Fatma Mohamed Mansour (Suez Canal University)

 

Religious Leaders Summit

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu, AICIS 2024 akan diperkuat dengan adanya temu para pemuka/pemimpin lembaga keagamaan atau religious leaders summit.

Sebanyak 14 tokoh agama dari berbagai negara terkonfirmasi hadir, yaitu KH. Yahya Cholil Staquf (Indonesia), Pimpinan PP Muhammadiyah (Indonesia), Prof. Philip Kuntjoro Widjaja (Indonesia), Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, S.I.P. (Indonesia), Venerable Dr. Vanh Keobundit (Laos), Venerable Dr. Yon Seng Yeath (Cambodia), Mr. Bounthavy Phonethasin (Laos), YB Datuk Dr. Hasan bin Bahrom (Malaysia), Phra Dr. Anilman Dhammasakiyo (Thailand), Pdt. Gomar Gultom (Indonesia), Romo Hery Wibowo (Indonesia), Ws. Andi Gunawan, ST (Indonesia), Dr. A. Elga J. Sarapung (Indonesia), dan Bishop Pablo Virgilio Siongco David (Philippines).

"Para tokoh ini akan ikut serta dalam membahas solusi atas serangkaian persoalan kontemporer dari perspektif keagamaan. Ini sejalan dengan COP28 di Dubai pada akhir 2023 yang juga mulai melibatkan tokoh agama dalam pembahasan krisis iklim," sebut Ahmad Zainul Hamdi yang juga akrab disapa Inung.

"Pertemuan mereka akan menjadi ajang berbagi perspektif dan wawasan berbasis pengalaman mereka dalam merespons isu-isu kemanusiaan dan kedamaian. Hasil pembahasan para pemuka agama dibahas dalam sesi On Stage Discussion yang menghasilkan Semarang Charter," sambungnya.

 

Pameran Peradaban Islam

Selain Religious Leaders Summit yang akan menghasilkan Deklarasi Piagam Semarang, ada sejumlah acara yang juga akan memeriahkan AICIS 2024. Pertama, 

Islamic Culture and Civilization Expo atau pameran budaya dan peradaban Islam. Para pengunjung AICIS akan diajak menyaksikan warisan peradaban melalui artefak dan manuskrip kuno dalam tampilan interaktif yang menarik. 

"Temukan keindahan seni dan arsitektur Islam yang menakjubkan, mulai dari kaligrafi rumit dan pola geometris yang memukau hingga masjid megah dan istana yang menakjubkan. Ini adalah dunia sastra dan filsafat Islam," sebut Inung.

Kedua, Islamic Higher Education Expo and Journal Clinique atau Expo Pendidikan Tinggi Islam dan Jurnal Clinique. Even ini menampilkan beragam hasil karya akademik sejumlah universitas dan institusi Islam bergengsi di Indonesia dan negara-negara lain. Ada juga Klinik Jurnal untuk meningkatkan kualitas riset dan keterampilan menulis akademis.

"Termasuk meningkatkan peluang keberhasilan publikasi di jurnal bereputasi dengan bimbingan dan dukungan ahli," sebut Inung.

Ketiga, wisata budaya ke Kota Tua Semarang untuk menyelami suasana peninggalan zaman kolonial, berupa kemegahan arsitektur bangunan yang dihiasi pengaruh Eropa. "Panitia juga akan memberikan kesempatan untuk masuk ke Gereja Blenduk yang bersejarah, sebuah bangunan Katolik yang terus melayani jemaatnya hingga saat ini," papar Ahmad Inung.

Terakhir, Festival Makanan Halal Semarang. Para pengusaha kuliner lokal akan menyelenggarakan Semarang Halal Food Festival yang menampilkan beragam menu hidangan halal dari berbagai daerah. 

"Akan ada pesta durian selama pameran," tandasnya.

 

Humas UIN Malang 

Lebih Lanjut »
Peringati Bulan Bahasa Arab Dunia, UIN Malang Gelar Seminar Internasional
Abadi Wijaya Senin, 29 Januari 2024 . in Berita . 261 views
6713_ad.jpg

HUMAS UIN MALANG - Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Abdul Hamid, menggelar seminar internasional untuk memperingati bulan Bahasa Arab Dunia. Acara ini menjadi wujud komitmen UIN Malang dalam mengembangkan pemahaman dan apresiasi terhadap bahasa Arab, serta mempromosikan kerjasama internasional dalam bidang kebahasaan. Senin, 29 Januari 2024.

6716_sasadadff.jpg

Dalam seminar yang berlangsung di aula rektorat Lt.5 UIN Malang ini mengundang seorang pemateri ternama, Abdullah Bin Saleh Washmi, Sekretaris Jenderal Akademi Kerajaan Salman Saudi Arabia. Abdullah Bin Saleh Washmi dikenal sebagai tokoh yang memiliki kontribusi besar dalam memajukan pembelajaran bahasa Arab di tingkat internasional.
Prof. Dr. Abdul Hamid, Ketua Pusat Pengembangan Bahasa UIN Malang, menyatakan, "Seminar ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan kampus. Selain itu, kehadiran Abdullah Bin Saleh Washmi sebagai pembicara utama semakin memperkaya wawasan peserta tentang perkembangan bahasa Arab secara global." Paparnya.

6718_safagf.jpg

Abdullah Bin Saleh Washmi membahas berbagai isu terkini seputar bahasa Arab, termasuk tantangan dan peluang dalam pengajaran bahasa tersebut di era modern. Ia juga berbagi pengalaman sukses Saudi Arabia dalam mempromosikan dan melestarikan bahasa Arab sebagai bagian dari warisan budaya dan intelektual.
Peserta seminar berasal dari berbagai kalangan, termasuk dosen, mahasiswa, dan praktisi bahasa Arab. Mereka diberikan kesempatan untuk berdiskusi, bertanya, serta berbagi pengalaman seputar pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab di berbagai konteks.

6715_das.jpg

Seminar internasional ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya bahasa Arab sebagai alat komunikasi internasional dan pemersatu umat Islam. “Selain itu, kerjasama antarlembaga dan negara dalam pengembangan bahasa ini diharapkan dapat semakin ditingkatkan, menciptakan jaringan yang kuat dalam mendukung pengajaran bahasa Arab di tingkat global,” tegas beliau.

6717_dadgfeg.jpg

Sementara itu, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H, M. Zainuddin, MA dalam sambutannya menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan ilmu berbasis integrasi, yaitu ilmu agama dan sains. Komitmen ini tercermin dalam upaya UIN Malang dalam mengembangkan program-program unggulan, seperti ma'had al jamiah, pusat pengembangan bahasa, dan lembaga haiah tahfidzul Quran (HTQ).
Rektor menyoroti pentingnya integrasi antara ilmu agama dan sains sebagai pondasi utama dalam memberikan pendidikan yang holistik kepada mahasiswa. "UIN Malang berkomitmen untuk menyatukan ilmu agama dan sains, menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki keahlian dalam bidang keagamaan, tetapi juga memahami dan dapat berkontribusi dalam perkembangan sains dan teknologi," ujarnya.

6714_asas.jpg

Salah satu langkah konkret yang diambil oleh UIN Malang adalah melalui program ma'had al jamiah, pusat pengembangan bahasa, dan lembaga Haiah Tahfidzul Quran. “Program ini dirancang untuk memberikan pendidikan agama yang mendalam, pengembangan bahasa Arab, dan memfasilitasi para mahasiswa dalam memahami dan menghafal Al-Quran,” jelasnya.
Rektor juga menekankan kebijakan baru yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru di UIN Malang. Mereka diwajibkan untuk tinggal di ma'had selama satu tahun penuh sebagai bagian dari program belajar ilmu agama dan bahasa Arab. "Mahasiswa baru di UIN Malang di tahun pertama wajib mengikuti program bahasa Arab, atau yang akrab disebut PKPBA," papar Rektor.
Program ini diharapkan dapat memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk memahami kedua ilmu tersebut, menciptakan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai keagamaan dan kemajuan sains. “Dengan langkah-langkah ini, UIN Malang berharap dapat terus berkontribusi dalam mencetak generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi di berbagai bidang,” pungkasnya mengakhiri.

Lebih Lanjut »
Siap Dihuni Mahasiswa Baru 2024, Mahad Kampus 3 Diresmikan Menteri Agama RI
Abadi Wijaya Jumat, 26 Januari 2024 . in Berita . 3797 views
6701_k3.jpg

HUMAS UIN MALANG | Kedatangan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Coumas, menja sejarah indah dalam rangka peresimian Gedung Mahad 3 dan Gedung Islamic Tutorial Center UIN Malang (26/1).

Kehadiran beliau disambut suka cita oleh seluruh Civitas Akademika UIN Malang. Diiringi dengan suara permainan banjari, menambah kemeriahan penyambutan Menteri Agama Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Agama, Bapak Yaqut Cholil mengatakan bahwa Mahad UIN Malang adalah Mahad Kampus yang dapat menampung seluruh mahasiswa baru pada tingkat pertama. Beliau juga mengapresiasi pembangunan Mahad yang tergolong cepat. Pasalnya sisa hari pengerjaan masih tergolong banyak. 

6702_k3.jpg

Adanya Mahad ini merupakan suatu vaksin yang dapat menangkal paham radikal. Beliau berharap agar keberlangsungan Mahad harus benar-benar diperhatikan, mulai dari biaya operasional dan struktur organisasinya.

Di kesempatan yang sama, Rektor UIN Malang, Prof Dr HM. Zainuddin MA, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Tahun ini akan ada penambahan mahasiswa menjadi 5.500. Oleh karena itu, adanya Mahad 3 ini adalah untuk mempersiapkan keberlangsungan program Mahad 1 tahun bagi mahasiswa baru.

"Sistem pendidikan yang berasrama ini merupakan program yang dimiliki UIN Malang dimana pendidikan berlangsung 24 jam sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, bijaksana dan berakhlak mulia," ungkapnya.

6703_k3.jpg

Dalam peresmian ini, juga turut hadir para Rektor PTKIN se-Indonesia yang sebelumnya menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Rektor PTKIN se-Nusantara 2024 yang berlangsung di Aula Lantai 5 UIN Malang.

Dengan peresmian gedung Mahad ini, diharapkan dapat menjadi proses yang baik dalam menciptakan lulusan UIN Malang yang Intelektual dan menguasai keilmuan islam.

 

Reporter: Rizki Ramadhani Pratama

Fotografer: Dinda & Suci

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Gedung Baru! Gus Men Resmikan Gedung Ma'had Al Jamiah dan ITC UIN Malang
Abadi Wijaya Jumat, 26 Januari 2024 . in Berita . 469 views
6700_evoria.jpg

HUMAS UIN MALANG-Kiprah ukiran sejarah yang dirintis oleh UIN Maulana Maliki Ibrahim tiada pernah mengenal kata henti ataupun putus. Kali ini kampus berlogo Ulul Albab melakukan peresmian atas pembangunan Gedung Dormitory atau Ma'had Al Jamiah Putra dan Putri yang berada Kampus 3. Agenda penting ini jadi lebih monumental karena secara langsung diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas. Berlokasi di halaman depan gedung Islamic Tutorial Center, Kampus 3 UIN Maliki. Jumat (27/1)

6699_men.jpg

Pada kesempatan ini, rektor UIN Maliki Malang, Prof. M. Zainuddin, MA dalam sambutannya menyampaikan sekilas berbagai hal terkait program dan progres pembangunan kampus 3, diantaranya yakni area ma'had yang diresmikan ini memiliki luas 42.000 /4,2 Ha sedangkan Area Arrahim seluas 215.000 / 21,5 Ha. Total luasan yang akan dibangun 54.000 meter. Spesifikasi ma'had yang dibangun berkualitas premium dengan kapasitasnya sekitar 244 kamar.
Rincian detail Gedung yang dibangun, yakni: zona 1 Area Ma'had putra dan Ma'had Putri, Islamic Tutorial Centre. Untuk zona 2 atau Ar-rahim meliputi Research & Data Center (Pusat Informasi, Penelitian & Pangkalan Data IT), Lab Integratif & Museum Pendidikan Islam, Gedung Perkantoran dan Perkuliahan (Kedokteran, Farmasi, Tehnik).

6698_sasaew.jpg

Mengakhiri sambutanya rektor asal Bojonegoro ini menegaskan kembali terkait arahan dari Gus Men."Kita di PTKIN didorong untuk terus mengembangkan kemajuan kampus menuju pendidikan tinggi sampai berlevel internasional atau go international!", ucapnya. Sehingga pembangunan bidang infrastruktur merupakan salah satu usahanya. Oleh karena itu, harapan besar diungkapkan oleh Prof. Zain semoga pembangunan di kampus 3 berjalan lancar sesuai target, dan juga sesuai dengan UU atau aturan yang berlaku dan yang paling penting yakni aman.

6696_gus.jpg

Sementara itu, dibalik pentingnya berbagai arahan yang disampaikan oleh Menteri Agama RI, Gus Yaqut atau yang lebih akrab disapa dengan Gus Men diberikan apresiasi tinggi yang pertama adalah Ma'had di UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang merupakan satu-satunya Ma'had Al Jamiah di Indonesia yang mampu menampung semua mahasiswa barunya secara keseluruhan. Apresiasi kedua yakni atas terselesaikanya proyek pembangunan gedung tersebut yang lebih cepat dari tempo waktu yang ditargetkan. "Jadi sesuai hitungan progresnya ternyata penyelesaian pembangunannya menyisakan waktu 190 hari dan itu berati selesai lebih cepat! ", terangnya. Maka beliau pun berharap hal itu bisa menjadi teladan bagi PTKIN lainnya.

6697_asa.jpg

Terakhir, peresmian simbolis dilakukan dengan pemukulan gendang tradisional oleh Rektor UIN Maliki dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani. Dilanjutkan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Gus Menteri.(ptt)

Lebih Lanjut »
UIN Malang Berkomitmen Kembangkan Kampus Go Internasional
Abadi Wijaya Jumat, 26 Januari 2024 . in Berita . 312 views
6690_resmi.jpg
PERESMIAN GEDUNG: Menteri Agama RI menandatangani prasasti gedung ITC UIN Maliki Malang.

HUMAS UIN MALANG - Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr H.M. Zainuddin, MA, menyatakan komitmen terus mengembangkan kampus menjadi pusat pendidikan internasional. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama atas dukungan dalam pembangunan kampus ini, berharap perjalanan pembangunan kampus tiga berjalan lancar.

"Saya meminta Menteri untuk meresmikan gedung Makhad dan Islamic Tutorial Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini," paparnya.

6691_ok.jpg

Menteri Agama, Gus Yaqut, memberikan apresiasi terhadap Makhad UIN Maliki Malang, menyebutnya satu-satunya Makhad al Jamiah yang mampu menampung mahasiswa baru secara keseluruhan di Indonesia. Namun, ia menekankan agar keberadaan Makhad tidak membebani biaya kuliah mahasiswa, mengusulkan pemenuhan biaya operasional dengan memanfaatkan aset negara berharga ekonomi tinggi.

6692_sat.jpg

Gus Yaqut melihat Makhad al Jamiah sebagai "vaksin" penangkal faham radikal, menyoroti perlunya perhatian khusus dari Kementerian Agama. Selain itu, ia menekankan transparansi dalam struktur organisasi Makhad, termasuk status pengasuh yang harus jelas, serta menantikan keberkahan dari pendirian Makhad untuk memberikan dampak positif dan menghilangkan faham radikalisme.

6693_set.jpg

Gus Yaqut juga menyampaikan kegembiraannya karena target penyelesaian gedung Dormitory dan ITC masih tersisa 190 hari dari target yang ditentukan, berharap hal ini menjadi contoh positif bagi PTKIN lainnya.

6694_sut.jpg
Lebih Lanjut »
Forum Rektor, Sinergikan Gagasan Rektor PTKIN se-Indonesia
Abadi Wijaya Jumat, 26 Januari 2024 . in Berita . 2127 views
6685_sepakat.jpg

HUMAS UIN MALANG- UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau yang lebih familiar dengan sebutan UIN MALIKI tahun ini menjadi tuan rumah dalam acara forum rektor PTKIN Se-Indonesia. Kali ini, kampus megah hijau Islami yang berlokasi di pusat kota Malang akan menjadi pusat kunjungan para pimpinan PTKIN (rektor) dari berbagai daerah di Nusantara. Agenda agung yang diisi dengan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan PTKIN tersebut berpusat di Aula lt. 5, Gedung Rektorat DR. Ir (HC) Soekarno. Kamis(25/1)

6688_liku.jpg

Dalam kesempatan ini, Ketua Forum Rektor Prof. Masnun Tahir, menyampaikan pentingnya agenda seperti ini karena ini merupakan simbol sinergi antar lembaga pendidikan Tinggi IsIam. Ia pun bersama para rektor lainnya berharap untuk agenda ini tdk hanya di dalam negeri tapi ke depan bisa dilaksanakan di luar negeri. "Alhamdulillah, sampai saat ini usulan tersebut telah diproses dan semoga nanti cepat selesai hingga hasilnya bisa terealisasikan", pungkasnya.

6686_menikmati.jpg

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Prof. Ahmad Zainul Hamdi memberikan tanggapannya selain terkait penguatan dan pengembangan prodi keagamaan. Diharapkan oleh beliau bahwa forum rektor tersebut bisa mengambil perihal yang strategis. "Forum ini harus mengambil wilayah setrategis! " tegasnya. Oleh karena, sebenarnya menurut Prof. Inung sapaan akrab Direktur Diktis Kemenag RI ini bahwa banyak sekali isu" setrategis yg bisa diambil pada forum rektor untuk dimanfaatkan utamanya dalam rangka menghadapi tantangan PTKIN ke depannya.

6687_emboh.jpg

Kemudian, sebagai tuan rumah rektor UIN Maliki Malang, Prof. M. Zainuddin mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya agenda tersebut. Beliau pun merasa bangga hingga kali pertama rektor asal Bojonegoro ini mengucapkan salam kepada kolega yakni kepada para rektor PTKIN yang telah hadir. Kedua, ucapan terima kasih atas kehadirannya karena mereka(para rektor) yang datang berasal dari segala penjuru nusantara."Kami sebenarnya mengundang seluruh rektor PTKIN se-Indonesia, namun karena memang berbagai faktor pastinya ada yang berhalangan dan itu wajar hingga kita semua bisa memakluminya", ujarnya.

Ketiga, disampaikan oleh Prof. Zain sapaan akrabnya ini bahwa besok pagi akan ada peresmian dua gedung mahad putra dan putri di kampus III UIN Maliki di Batu oleh Gus Men sapaan akrab Menteri Agama RI. Oleh karena itu, mengakhiri sambutannya, orang nomer wahid di UIN Maliki ini memohon doa dan restunya semoga agenda besok berjalan lancar dan sukses serta selanjutnya pembangunan kampus 3, yang berlafadz Ar-Rohiim bisa rampung sesuai targetnya.(ptt)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up