Daftar Kategori: Berita


Campus Goes to School: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Hadir di MAN 2 Ponorogo
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 357 views
6676_cgs.jpg

HUMAS UIN MALANG - MAN 2 Ponorogo menjadi pelopor dengan kegiatan "Campus Goes to School" di awal tahun 2024 (25/1).

Kepala Kemenag Kota Ponorogo, Dr. H. Muh. Nurul Huda, M.Ag meresmikan acara ini di Aula Ponorogo. Acara ini berlangsung meriah dan istimewa dengan kehadiran Rektor IAIN Ponorogo, Kepala Kemenag Ponorogo, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Ponorogo, civitas UIN Malang Kepala Seksi Pendidikan Madrasah se-Jawa Timur, Kepala Madrasah MAS dan MAN se-Kabupaten Ponorogo, Kepala SMA se-Kabupaten Ponorogo, Kapolres Ponorogo, para alumni, serta siswa dan siswi kelas 12 dari seluruh SMA, SMK, dan MA/MAN di Jawa Timur.

6677_cgs.jpg

Kepala Madrasah Drs. Tarib, M.PdI., menjelaskan bahwa tujuan dari Campus Goes to School ini adalah memberikan sosialisasi kepada siswa kelas 12 tentang berbagai kampus, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat saat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Rektor IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., juga memberikan pesan, "Hari ini, kalian tidak perlu mencari informasi jauh-jauh, cukup di MAN 2 Ponorogo dalam acara Campus Goes to School. Tetapi, jangan lupa, di Ponorogo, juga ada Kampus IAIN Ponorogo yang tak kalah menarik dengan kampus lain."

6678_cgs.jpg

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Ponorogo, Dr. Muh. Nurul Huda, M.Pd., mengungkapkan hal serupa, "Tidak perlu repot-repot melihat kampus jauh-jauh. Cukup di acara Campus Goes to School, kalian bisa memilih dan bertanya tentang kampus serta jurusan yang diminati."

Semoga Goes To Campus MAN 2 Ponorogo menjadi langkah awal yang bermanfaat bagi para siswa kelas 12 dalam merencanakan masa depan mereka di perguruan tinggi.

 

Reporter: Bella

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Penutupan Mengajar SDN 1 Sedayu: Buka dengan Keindahan, Tutup dengan Kenangan
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 86 views
6780_kkm.jpg

HUMAS UIN MALANG - Setelah mengajar kurang lebih 2 minggu, KKM 165 UIN Malang berpamitan dengan siswa SDN 1 Sedayu sebagai bentuk akhir dari kegiatan mengajar mereka (25/1).

Kegiatan penutupan diawali dengen berkunjung ke setiap kelas, mulai dari kelas 1-6. Haru dan sedih tergambar saat kakak KKM berpamitan. "Sedih saat kakak mau pulang, kami ga bisa lagi diajar kakak," ujar siswa kelas 1.

"Terima kasih banyak susah mau ngajar kami, mohon maaf jika kami susah diatur saat belajar di kelas kak," ujar Dhifa, siswa kelas 6.

6781_kkm.jpg

Setelah berpamitan ke semua siswa, mereka berkumpul di perpustakaan untuk berpamitan kepada seluruh guru dan staf. "Ya begini Mas Mbak, rasanya ngajar, rasanya jadi guru. Capek iya, ngurusi anak-anak yang berbeda-beda pemikirannya," ujar Pak H. Syaifudin Zuhri, S.Ag selaku Kepala Sekolah.

"Experience is the best teacher, jadikan pengalaman mengajar kalian disini sebagai guru terbaik dalam hidup kalian," imbunya.

"Kami nggeh berterima kasih banyak susah diberikan kesempatan untuk mengajar di SDN 1 Sedayu ini," jelas Akhyar, ketua KKM 165.

Kegiatan dututup dengan pemberian kenang-kenangan dari KKM 165 UIN Malang kepada SDN 1 Sedayu. 

 

Reporter & Editor: Edy Hyto

Fotografer: MedKraf KKM 165

Lebih Lanjut »
Jadi Tuan Rumah FGD Rektor PTKIN se-Indonesia, UIN Malang Sambut Hangat dengan Tarian Budaya
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 178 views
6709_fgd.jpg

HUMAS UIN MALANG - Gelaran Forum Group Discussion (FGD) dalam Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia berlangsung di Gedung Ir. Soekarno (Rektorat) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis malam (25/1).

Turut hadir dalam FGD ini, Direktur Diktis Kemenag, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag beserta para Pimpinan Rektor PTKIN se-Indonesia, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan UIN Malang.

Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, selaku Direktur Diktis Kemenag, menyampaikan ada beberapa isu strategis yang harus diintegrasi bersama antar pihak. "Isu strategis itu salah satunya, tentang eksistensi PTKIN agar bisa bersaing dengan PTN," jelasnya.

6710_fgd.jpg

Sementara Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA. mengaku bahagia bisa beramah tamah santai bersama seluruh pimpinan untuk melepas penat di luar aktivitas padat. "Malam hari ini khusus bagi bapak/ibu pimpinan sekalian untuk mendinginkan pikiran, hiburan di tengah penuhnya agenda dan tugas sehari-hari," ungkapnya.

Rektor yang berpredikat profesor itu, menceritakan agenda UIN Malang esok hari akan meresmikan Ma'had Mahasantri yang kedua di Kampus 3 UIN Malang di Batu dan rencananya akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. "Besok pagi kita akan bersama Gus Men untuk meresmikan ma'had di kampus 3, beliau flight dari Jakarta langsung ke Malang," sambungnya.

6711_fgd.jpg

Sebagai tuan rumah dalam forum ini, UIN Maliki Malang menyambut hangat seluruh rektor maupun pimpinan PTKIN dengan menampilkan tarian nusantara, Tari Gandrung Malang yang dibawakan mahasiwa dan mahasiswinya. Tentu, penampilan yang memukau tamu undangan memberi kesan positif hingga kompak memberikan applause.

Menariknya juga dalam rangkaian forum ini memperkenalkan jajaran rektor PTKIN Se-Indonesia, yang menyebut nama-nama pimpinan yang ditandai dengan pemberian souvenir Bunga Mawar Merah Putih berjumlah 80 set yang dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama antar pimpinan rektor PTKIN Se-Indonesia.

Terakhir, Ketua Forum Rektor PTKIN Se-Indonesia, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag berharap sekaligus menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada tuan rumah yang telah menyambut dengan meriah forum ini. "Saya harap forum seperti ini sering diadakan untuk mempererat silaturahmi kita dan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Sohibul Bait (tuan rumah, red), kita cukup terhibur malam ini," ucapnya.

 

Reporter: Sulthan Fathani Elsyam

Fotografer: Suci Yaqiluh

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Mahasiswa UIN Malang Mengabdi di Negeri Jiran
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 372 views
6669_ok.jpg

MALAYSIA - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat internasional “International of Community Engagement Program”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ma’had Ihya Al Ahmadi Banting Selangor Malaysia, mulai tanggal 02 sampai 31 Januari 2024. “Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa menambah pengalaman akademik di luar negeri dengan cara mengabdi. Belajar bermasyarakat di level Internasional agar mempunyai wawasan global” jelas Syaiful Mustofa, Kepala Pusat Pengabdian UIN Maliki Malang.

“Alhamdulillah kami semua merasa bahagia bisa mengikuti program pengabdian di Malaysia ini, dan diterima dengan baik. Kami kerasan seperti di negeri sendiri” ujar Ahmad Muhlis F ketua kelompok. Pendapat ini dikuatkan rekannya, “Alhamdulillah secara keseluruhan kegiatan di Malaysia ini lancar, aman, dan semoga bermanfaat. Kami semua merasa happy, hari pertama kedatangan masih kaku karena belum adaptasi, hari berikutnya enjoy dan dinikmati” ujar Mupi Anisah bersemangat, salah satu mahasiswi dari Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari pihak lembaga di Malaysia menunjuk dua orang sebagai penanggung jawab kegiatan. “Selama kegiatan di sini para adik pelajar UIN Malang dipersilahkan untuk konsultasi dan koordinasi kegiatan setiap saat jika dibutuhkan” ujar ustadzah Nurul Afidah penanggung jawab kegiatan mahasiswi putri. Sedangkan untuk mahasiswa putra diserahkan ke ustadz Wafi, begitu panggilan akrabnya.

6668_ran.jpg

Peserta program pengabdian di Malaysia ini diikuti sepuluh mahasiswa dari berbagai program studi. Tiga mahasiswa dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Muhammad Adzomu Darojatan Indallah, Siti Ainurrohmah, Sovie Najwa Nabila. Tiga mahasiswa prodi Manajemen yaitu Ahmad Muhlis Fanmddamkhul Fard, Nurul Ifadhoh, dan Vanessa Devistian Kurnia Efendi. Satu mahasiswa prodi Sastra Arab, Azzahra Amalia. Satu mahasiswa prodi Sastra Inggris, Vionna Adzkia Putri. Satu mahasiswa prodi Perbankan Syariah, Zahwa Angelica. Satu mahasiswa prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD, Mupi Anisah. 

Sejak kehadiran peserta program pengabdian di Malaysia awal tahun 2024 lalu, untuk urusan di luar lembaga mahasiswa berkoordinasi dengan Ustadz Masrukhin, pengusaha asal Malaysia. Beliau ditunjuk oleh UIN Malang sebagai koordinator pengabdian masyarakat di Asia Tenggara, membantu urusan administrasi dan akomodasi. “Selamat datang di Malaysia semoga kalian senang. Untuk segala urusan kalian semua bolehlah laporkan ke saya. Disini saya telah diamanahkan pimpinan UIN Malang untuk selalu mendampingi kalian. Tak perlu risau lah” ujarnya dengan logat Melayu saat briefing di Café MIA. Selama berkegiatan di Malaysia, kesepuluh mahasiswa ditempatkan di dua homestay yang berbeda, untuk putra dan putri. Tidak jauh dari tempat pusat kegiatan. 

6667_ji.jpg

Bentuk kegiatan ini dibagi dua, hard skill dan soft skill . Hard skill meliputi tari, menggambar, fotografi, bela diri, melukis, menyanyi, olah raga, sholawat al Banjari, bahasa Arab & Inggris, dan public speaking. Adapun untuk soft skill meliputi desain grafis, desain media pembelajaran Quiz Team, Kahoot, Duo Lingo, dan Microsoft Office.

Harapannya, semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Manfaat dalam pengembangan akademik mahasiswa. Bravo Malaysia. Bravo Indonesia. Semoga silaturrahim akademik ini bisa berlanjut teruusss. Allahu A’lam. (Kontributor: Mupi Anisa & SyaifulMustofa)

 

Lebih Lanjut »
Mahasiswa UIN Malang Mengabdi di Negeri Gajah Putih
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 551 views
6671_ytr.jpg

 

THAILAND - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kerjasama dengan Al Hidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development, Songkhla Thailand dalam bentuk program pengabdian masyarakat “International of Community Engagement Program”. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 04 Januari sampai 04 Pebruari 2024. “Tahun ini merupakan tahun kedua dalam kegiatan pengabdian di Thailand dan bekerjasama dengan lembaga yang sama. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa menambah pengalaman akademik di luar negeri dengan cara mengabdi, agar mempunyai wawasan global yang kuat” jelas Syaiful Mustofa, Kepala Pusat Pengabdian UIN Maliki Malang.

6670_emboh.jpg

“Alhamdulillah kami semua merasa senang bisa mengikuti kegiatan pengabdian ini, apalagi kegiatan dilaksanakan bersama-sama dengan beberapa kampus lain. Bisa kolaborasi program kerja” ujar Yuni Syakila Wardah, mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Perempuan asal Singaraja Bali ini menjelaskan bahwa ketika tiba di Thailand bertemu dengan kampus lain yang mempunyai program sama yaitu melaksanakan pengabdian. Pendapat ini dikuatkan rekannya “Alhamdulillah kami bisa bertemu dari kampus lain dan kolaborasi program kerja. Juga bertemu dengan guru dan murid dari Sumatra Utara dalam rangka study exchange” ujar Yuanda Irsyiatul Muhimma, dari prodi PAI asal Pasuruan.

6672_jos.jpg

Peserta program pengabdian UIN Malang di Thailand ini diikuti tiga belas mahasiswa dari berbagai program studi. Empat mahasiswa dari prodi Farmasi yaitu Afrih Namya Qayyima, Bella Tri Yuliana Putri, Hawa Ainul Fanfa, Rara Puspita Putri. Empat mahasiswa prodi Sastra Arab yaitu Muhammad Riyadi Nugraha, Prafitriyani Putri, Yuni Syakila Wardah, Zul Shawabi. Tiga mahasiswaa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Annis Nur Jamilah, Farhana Izzatul Humairoh, Yuanda Irsyiatul Muhimma. Satu mahasiswaa dari Prodi Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial (P-IPS). Dan satu mahasiswa prodi Manajemen yaitu Aida Fitriah.

Kegiatan pengabdian berpusat di tiga tempat meliputi Pattanawittaya School Yhala, Santiwittaya School Pattani, dan Muslimeen Suksa School Hat Yai. Di lokasi terakhir ini peserta pengabdi dari UIN Malang bertemu dengan dosen Universitas Muria Kudus dalam rangka kunjungan, dan rombongan study exchange dari SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Sumatra Utara. “Selamat tiba di Thailand rombongan dari dosen Universitas Muria Kudus, dan pelajar dari Sumatra Utara. Satu minggu yang lalu juga hadir mahasiswa UIN Malang yang melaksanakan pengabdian di lembaga kami” sambut ustadzah Salfar, salah satu pengurus lembaga dengan logat bahasa Melayu (10/01/2024). 

Dalam pertemuan ini ditampilkan kegiatan public speaking, reading, dan game dalam bahasa Inggris dan Thailand. Kegiatan ditutup acara makan bersama dengan menu hidangan khas Thailand, tapi rasanya sama dengan masakan di Indonesia hanya beda istilah saja. (Kontributor: Yuni Syakila Wardah & Syaiful Mustofa).

Lebih Lanjut »
Pimpinan UIN Malang Bersiap Sambut Pertemuan Akbar dengan Para Rektor PTKIN dan Pejabat Kemenag RI Pusat
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 372 views
6659_siap.jpg
PERSIAPAN: Rektor UIN Maliki Malang pose bersama para Rektor PTKIN yang hadir di UIN Maliki Malang. Kamis 25 Januari 2024.

HUMAS UIN MALANG - Seluruh pimpinan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang tengah sibuk mempersiapkan pertemuan akbar yang dijadwalkan akan dihadiri oleh para rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Acara tersebut juga akan dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi dari Kementerian Agama RI pusat, termasuk Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas.
Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan PTKIN menjadi salah satu agenda utama dalam pertemuan tersebut. FGD ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kelembagaan PTKIN di Indonesia. Selain itu, acara ini juga akan menjadi momen penting untuk melakukan peresmian gedung dormitory, yang akrab disebut Ma'had Al Jamiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

6660_gus.jpg

Peresmian gedung dormitory ini dijadwalkan akan dilaksanakan di atas lahan Kampus tiga Kota Batu pada Jumat, 26 Januari 2024. Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, telah dengan cepat dan matang menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses.

Dalam keterangan singkatnya, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan kesan apik dan bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Lebih dari itu, ia berharap bahwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat terus memberikan manfaat dan kontribusinya bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya dalam menyiapkan generasi emas pada tahun 2045.
Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas juga dijadwalkan akan turut hadir dalam acara tersebut, menunjukkan dukungan penuh dari Kementerian Agama RI pusat terhadap upaya peningkatan kualitas PTKIN di Indonesia. Acara ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan peran PTKIN dalam mendidik generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing.

Lebih Lanjut »
Mahasiswa Internasional KKM UIN Maliki Malang Ikuti Perayaan Isra Mi’raj di Thailand
Abadi Wijaya Kamis, 25 Januari 2024 . in Berita . 133 views
6728_kakam.jpg

HUMAS UIN MALANG-Mahasiswa UIN Maliki Malang, Muhammad Riyadi Nugraha dan Muhammad Hafidhil Ahkam yang sedang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Mahsiswa (KKM) Thailand, mengikuti perayaan Isra & Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di Lapangan Eakkapap Pattana School, Pattani, Thailand, tepat pada Kamis (25/01/2024).
Perayaan Isra Mi’raj ini berlangsung meriah dengan adanya berbagai perlombaan yang diikuti oleh pelajar Mattayom (jenjang sekolah menengah pertama dan atas). Di antara perlombaan yang ada yaitu lomba nasyid, tilawah Al-Qur’an, khitobah, muhadatsah tiga bahasa (Bahasa Melayu, Arab, Inggris), adzan, dan cerdas cermat. Selain itu, ada juga penyampaian ceramah dan ada sesi pemberian sertifikat bagi pelajar berprestasi di sekolah.

6729_kakam.jpg


Kepala sekolah Eakkapap Pattana School atau juga biasa disebut Ma’had Al-Wahdah, Babo Ma (babo: panggilan untuk kiai di Thailand) mengatakan bahwa peringatan ini adalah kegiatan perdana yang diadakan oleh sekolah. Dia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat para pelajar dalam meningkatkan prestasi belajar.
“Semoga dengan adanya kegiatan ini pelajar bahagia, dan juga bisa meningkatkan prestasi belajar mereka, serta mampu berpikir dan berkomunikasi dengan baik” lanjutnya.
Sejalan dengan ini, Ustadz Muhammad Zin Methalong sebagai ketua pengajaran bagian Agama menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata untuk memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alayhi Wasallam saja, tapi juga harapannya agar pelajar bisa terus meningkatkan kemampun kreativitasnya.
“Di samping kita meneladani peristiwa agung dalam perjalanan Isra & Mi’raj ini, semoga kemampuan kreativitas kita semakin baik. Semangat membaca, semangat menulis, dan jangan lupa untuk berpikir positif,” ucapnya saat memberi sambutan.
Pada akhir acara, ada pembagian hadiah undian kepada seluruh pelajar dan dewan guru yang ada. Hadiah tersebut adalah berasal dari dewan guru dan beberapa kalangan masyarakat, yang kemudian diserahkan kepada sekolah. Adapun hadiah yang dibagikan cukup menarik. Seperti kipas, payung, guling, selimut, meja, buku, sejadah, uang, dan masih banyak lagi.
Turut hadir dengan aktif dan antusias sekitar 50 pelajar, dan 20 dewan guru. Kegiatan ini juga sebagai ajang unjuk minat dan bakat para pelajar, serta untuk memberikan ruang kesempatan dalam meningkatkan kreativitasnya.
Sebagai informasi, peringatan Isra Mi'raj di Thailand juga sebenarnya tidak jauh beda dengan Indonesia, khususnya warga nahdliyyin. Baik secara esensial maupun eksistensial.

Lebih Lanjut »
Gelar Sport Days Satit Phatnawitya School Thailand oleh Mahasiswa KKM International UIN Malang
Abadi Wijaya Rabu, 24 Januari 2024 . in Berita . 227 views
6760_kkm.jpg

HUMAS UIN MALANG - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan program pengabdian masyarakat di Thailand dalam bentuk “International of Community Engagement Program”. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 04 Januari sampai 04 Pebruari 2024, bekerjasama dengan Al Hidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development, Songkhla Thailand.

“Yayasan al Hidayah Waqaf Foundation ini menaungi sekitar seratus lembaga pendidikan dan sosial di seluruh wilayah Thailand. Oleh karena itu kami sangat senang jika ada saudara kami dari Indonesia yang mengirim mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan di sini. Tentu hal ini akan membantu mempermudah pelaksanaan program kerja yayasan sosial”ujar Adul Meatam, direktur yayasan.

Pria bersahaja yang fasih berbahasa Indonesia itu sangat berharap kehadiran mahasiswa Indonesia lebih banyak lagi.
Kegiatan pengabdian berpusat di tiga tempat meliputi Santiwittaya School Pattani, Muslimeen Suksa School Hat Yai, dan Satit Phatnawitya Yala. Di lokasi terakhir ini peserta pengabdi dari UIN Malang membantu kegiatan ‘Sport Days’ yang berlokasi di Yalla Stadium Futsal dan Chang Phueak Stadium Yala Thailand. Kegiatan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 21- 24 Januari 2024.

6761_kkm.jpg

Sport Days adalah ajang kompetisi olahraga tahunan yang diselenggrakan oleh Kementerian Olahraga Thailand. Seluruh sekolah di Thailand secara rutin menyelenggarakan kegiatan Sport Days disetiap tahunnya dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda, sesuai jadwal pelaksanaan dari lembaga tersebut. Cabang yang dilombakan meliputi sepak bola, tarik tambang, lari estafet, basket, bola voli, dan lainnya. Seluruh siswa, guru, dan wali murid berpartisipasi dalam acara tersebut, mulai dari kindergarten, primary, dan secondary. Dalam acara ini para siswa dibagi menjadi empat tim meliputi red team, green team, yellow team, dan pink team.
“Kegiatan Sport Days tahun ini dilaksanakan selama empat hari. Pada akhir kegiatan saaat ini ada pertunjukkan penampilan siswa dari kindergarten dan primary. Tema pertunjukkan mengusung Free Palestine” jelas Rosdee Mangkachi, direktur Satit Phatnawitya School.

6762_kkm.jpg

Kegiatan tahunan ini merupakan kegiatan yang meriah dan selalu ditunggu oleh siswa dan wali murid. “Ini merupakan acara tahunan yang sangat meriah dan saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam acara ini. Karena para orang tua turut hadir untuk menyaksikan penampilan anaknya” ujar Harif siswa primary 6. Ada beberapa jenis lomba yang juga diikuti oleh wali murid dan guru seperti tarik tambang dan sepak bola.

Pada acara sesi penutupan diisi dengan beberapa penampilan daerah. Guru dari Philipina menampilkan dance dan Mahasiswi UIN Malang menampilkan tarian daerah dari Indonesia. Penarinya yaitu empat mahasiswa dari prodi Farmasi yaitu Afrih Namya Qayyima, Bella Tri Yuliana Putri, Hawa Ainul Fanfa, Rara Puspita Putri. Dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Annis Nur Jamilah, Farhana Izzatul Humairoh. Satu mahasiswa prodi Sastra Arab, Prafitriyani Putri. Dan satu mahasiswa prodi Manajemen yaitu Aida Fitriah. (Kontributor Farhana Izzatul Humairoh & Syaiful Mustofa).

HUMAS

Lebih Lanjut »
Inisiasi Toleransi Sejak Dini, Mahasiswa Berikan Edukasi Moderasi Beragama
Abadi Wijaya Selasa, 23 Januari 2024 . in Berita . 245 views
6720_mb.jpg

HUMAS UIN MALANG – Mahasiswa KKM Kelompok 166 “Jaladhi” terus mengupayakan kebaikan yang dibingkai dalam program edukasi moderasi beragama dengan tema "Menghargai Keberagaman dengan Penuh Kebaikan" di Musholla Wakaf Nurur Rohman, Sedayu, Turen, Selasa (23/1).

Kegiatan yang diikuti puluhan murid TPQ dan Belajar Bersama Jaladhi (Bemadhi), serta orang tua dari para murid itu bertujuan untuk memperluas wawasan keagamaan dan tali persaudaraan antar sesama. 

Menariknya, Kak Rahma dan Kak Vina, selaku pemateri dalam program edukasi ini menjelaskan ekspresif kepada para murid sehingga mereka terkesan dan tertarik untuk menyimak pembahasan moderasi beragama dan toleransi ini. Selain itu, tak jarang mereka bertukar wawasan nilai-nilai keberagaman dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari.

Kak Rahma, dalam materinya, menjelaskan kerukunan menjadi aspek utama dalam menjaga perdamaian yang harus dirawat bersama. “Pada dasarnya setiap orang wajib rukun agar bisa mempertahankan persatuan dan kesatuan Indonesia, moderasi beragama wajib dilakukan oleh semua agama agar memiliki sikap saling menghargai setiap perbedaan sehingga kita bisa damai,” begitu jelasnya.

 

Senada dengan Kak Rahma, Kak Vina juga mencontohkan beberapa tindakan dalam moderasi beragama, “Ada banyak contoh sikap toleransi ya teman-teman, seperti kita menghormati keberagaman, saling membantu orang lain yang membutuhkan, berdoa dengan ikhlas dan menghormati tempat ibadah agama lain juga contoh toleransi kepada sesama,” ucap perempuan berkacamata itu.

Sementara ketua pelaksana program ini, Kak Azka Elmirza Fajri, mengungkapkan rasa senangnya bisa duduk bersama untuk mengedukasi anak-anak melalui program kerjanya, "Senang sih, antusiasnya luar biasa dari mereka yang datang. Tujuannya, kami ingin memahamkan tentang moderasi beragama,” ungkapnya.

6721_mb.jpg

Selanjutnya, ia menambahkan kalau sikap saling menghargai merupakan bagian penting dalam kehidupan bersama. “Selain itu, pentingnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari, dan merangkul keberagaman sebagai kekayaan bagi masyarakat," imbuhnya.

Kak Azka, sapaan akrabnya, juga berpesan mengenai toleransi antar agama. "Kerukunan antar umat beragama harus kita jaga bersama. Sebab, toleransi adalah kunci utama untuk membangun masyarakat yang harmonis dan damai," tegasnya.

Selain tema yang diusung ini relevan dan fokus pada pendekatan edukatif dan program ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga mendorong sikap positif terhadap perbedaan dan keberagaman. Program edukasi moderasi beragama ini diharapkan menjadi tonggak awal bagi anak-anak untuk menerapkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari mereka. (sf)

 

Reporter: Sulthan Fathani Elsyam

Fotografer: KKM Kelompok 166 “Jaladhi”

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up