Daftar Kategori: Berita


Tingginya Publikasi UIN Malang di Jurnal Internasional
Iffatunnida Kamis, 8 Agustus 2024 . in Berita . 138 views
7502_workppi.jpeg
Pusat Publikasi Ilmiah-LP2M mengadakan workshop bagi pengelola jurnal di UIN Malang dengan menghadirkan Faizal Risdianto, dari UIN Salatiga


UIN MALANG-Menurut rangking seluruh PTKIN di Indonesia dalam kategori jumlah artikel yang terbit di jurnal terindeks Scopus, posisi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ialah nomor 4. Hal ini, menurut Ketua LP2M, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd., membanggakan karena sebagai bukti bahwa sivitas akademik di kampus berlogo Ulul Albab sangat produktif secara akademis. Ia bersyukur bahwa jumlah tinggi publikasi ini akan membantu reputasi UIN Malang bertahan sebagai kampus unggul. Ia pun memotivasi seluruh pengelola jurnal yang hadir pada Workshop Strategi Jitu Menuju Indeksasi Internasional di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat lt. 3, Kamis (8/8), untuk meningkatkan kualitas jurnal melalui penerimaan artikel yang bermutu, tak hanya dari dalam kampus, namun juga dari akademisi luar UIN Malang.
Hingga Agustus 2024, masih kata Prof. Agus, statistik di Repository UIN Malang menunjukkan, sudah ada 741 artikel ilmiah dari sivitas akademik yang terbit di jurnal bereputasi nasional dan internasional. Jumlah yang sangat tinggi mengingat ini belum memasuki akhir tahun. “Tahun 2023 saja ada 2000an artikel yang terbit,” tambahnya.
Prof. Agus melanjutkan, tak hanya untuk memenuhi IKU pimpinan UIN Malang, penerbitan artikel ilmiah juga membantu pihak kampus dalam mengembangkan reputasi di kancah internasional. “Artikel yang terbit juga pembuktian bahwa akademisi kita serius terhadap pengembangan kualitas diri,” papar guru besar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tersebut.

7503_workppi1.jpeg


Menilik kualitas jurnal di UIN Malang, sebagai Ketua LP2M, Prof. Agus menilai bahwa progres jurnal tidak mengecewakan. Sudah banyak jurnal yang terakreditasi tinggi di Sinta. Ditambah lagi dengan penambahan 2 jurnal yang terindeks Scopus belum lama ini. Fakta ini menjadi salah satu poin untuk akselerasi kelembagaan. “Karena salah satu indikatornya adalah kampus memiliki jurnal terindeks internasional,” jelasnya.
Workshop Strategi Jitu Menuju Indeksasi Internasional digagas Pusat Publikasi Ilmiah-LP2M. Untuk mengevaluasi kualitas jurnal di depan seluruh pengelola jurnal di UIN Malang, pihak PPI mengundang Faizal Risdianto dari UIN Salatiga sebagai salah satu pakar di PTKIN yang fokus pada pengembangan kualitas jurnal. (nd)

Lebih Lanjut »
Program Doktor (S3) Ekonomi Syari'ah UIN Malang Gelar PKM
Iffatunnida Rabu, 7 Agustus 2024 . in Berita . 126 views
7500_riset.jpeg
FGD : Pendampingan Penguatan Kapasitas Riset di Program Studi : Implementasi Roadmap sebagai Panduan dalam Penguatan Akademik


UIN MALANG-Program Studi Doktor (S3) Pascasarjana UIN Malang memulai program Pengabdian Masyarakat (PKM) yang fokus pada peningkatan kemampuan penelitian dan publikasi di Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis Universitas Zainul Hasan Probolinggo, Selasa (6/8). Tujuan utamanya adalah meningkatkan keterampilan akademik dan standar penelitian di fakultas melalui serangkaian sesi pendampingan dan pelatihan intensif. Inisiatif ini merupakan bukti dedikasi divisi Pascasarjana UIN Malang untuk memperluas pengaruh positif penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga pendidikan tinggi di seluruh Indonesia.
PKM dipimpin oleh Prof. Dr. Nur Asnawi, Ketua Program Doktor (S3) Ekonomi Syari'ah UIN Malang, beserta tim. Peserta diberikan pelatihan mendalam yang diawali dengan visi dan misi riset, prioritas, kualitas dan kuantitas, sumber daya, serta pentingnya berkolaborasi, di samping memiliki peta jalan (roadmap) penelitian yang jelas.
Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan dosen-dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi serta relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Selain itu, pendampingan juga memberikan keterampilan praktis dalam penulisan akademik dan publikasi di jurnal nasional dan internasional bereputasi.

7501_risett.jpeg


Selama pelaksanaan PKM ini, peserta memperoleh kesempatan untuk berdiskusi serta menerapkan pengetahuan yang diperoleh melalui studi kasus yang disimulasikan. Proses ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka mengenai metodologi riset, namun juga mendapatkan pemahaman bagaimana seharusnya seorang akademisi melakukan kegiatan Tri Dharma dan bisa berkolaborasi, guna meningkatkan kualitas riset mereka.
Rektor Universitas Zainul Hasan Probolinggo, Dr. Abdul Azis, BA., M.Ag. mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada tim UIN Malang atas dukungan yang telah diberikan. Ia menilai bahwa PKM ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan mutu riset di fakultasnya dan berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut. Begitu juga harapan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, M. Nuntupa, SE., MM. Ia berharap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang dipimpinnya dapat menghasilkan penelitian yang lebih berdampak dan berkontribusi pada pengembangan Ilmu Ekonomi Syari'ah secara lebih luas.

Ditulis oleh: Prof. Dr. Nur Asnawi

Diedit oleh: Tim Humas UIN Malang

Lebih Lanjut »
WR 4 Harapkan BLKK Pesantren Jadi Soko Guru Bagi Masyarakat
Iffatunnida Rabu, 7 Agustus 2024 . in Berita . 79 views
7498_gus.jpeg
Dr. Isroqunnajah (Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga) dan Ahmad Abtokhi, M.Pd. (Sekretaris LP2M) dalam FGD bersama BLKK


UIN MALANG-23 perwakilan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) dampingan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan penggerak ekonomi di tengah masyarakat lingkungan pesantren atau lembaga keagamaan. Jalinan kerjasama ini adalah proyek besar pemerintah Indonesia untuk mencari penopang perekonomian rakyat. Hal ini disampaikan Wakil Rektor 4 UIN Malang Dr. Isroqunnajah di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat lt. 3, Rabu (7/8).
Pesantren, kata WR 4, adalah tempat masyarakat menimba ilmu-ilmu praktis, selain keagamaan, sejak zaman dahulu. Sehingga, para pengurus pesantren dianjurkan memiliki kecakapan dalam berbagai bidang. “Pesantren diharapkan mampu menjadi soko guru bagi masyarakat sekitar, termasuk di bidang Ekonomi,” ujarnya menekankan. Karenanya, pesantren tidak boleh hanya menjadi lembaga formal, namun juga penyokong kerja pemerintah untuk memberdayakan masyarakat.
Melihat potensi pesantren, pemerintah merancang proyek kolaborasi antara kampus, kementerian ketenagakerjaan, dan beberapa pesantren/lembaga keagamaan di Indonesia. “Itikad baik pemerintah ini sudah berjalan beberapa tahun dengan mendirikan BLKK di banyak wilayah di nusantara,” papar Gus Is, sapaan akrab WR 4. Sekarang, tinggal tugas BLKK untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan ini sesuai kehendak pemerintah.

7499_gus1.jpeg


Lebih lanjut, Gus Is memaparkan bahwa program serupa sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, pasca hijrah dari Mekkah ke Madinah. Kaum Muslim saat itu pindah tanpa membawa banyak harta benda mereka di tempat asal. Sehingga, jalan satu-satunya yang ditempuh Nabi sebagai pemimpin saat itu ialah memandirikan umat dalam segi ekonomi.
Setelah membangun masjid, Nabi SAW tak hanya memfungsikannya sebagai tempat beribadah, tetapi juga sebagai tempat belajar dan mengajar. Ia memfasilitasi siapa saja yang datang dengan niat baik. Lambat laun, program yang digagas pun berkembang sehingga umat Muslim saat itu dapat memiliki kehidupan yang layak di tempat hijrahnya.
Terakhir, wakil rektor bidang kerjasama dan pengembangan lembaga itu berpesan agar pemerintah harus lebih memperhatikan komunitas-komunitas yang dekat dengan masyarakat, seperti BLKK. Sehinggam di masa mendatang, komunitas ini akan lebih berkembang dan menjadi salah satu support system unggulan bagi kemandirian bangsa Indonesia. (nd)

Lebih Lanjut »
UIN Malang Luncurkan Program Pengabdian Masyarakat untuk Tingkatkan Kualitas Riset di Universitas Zainul Hasan Probolinggo
Abadi Wijaya Rabu, 7 Agustus 2024 . in Berita . 72 views
7497_joss.png

HUMAS UIN MALANG-Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syari’ah Pascasarjana UIN Malang baru-baru ini memulai program Pengabdian Masyarakat (PKM) dengan fokus pada peningkatan kemampuan penelitian dan publikasi di Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis Universitas Zainul Hasan Probolinggo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan akademik dan standar penelitian di Fakultas melalui serangkaian sesi pendampingan dan pelatihan intensif. Inisiatif ini menunjukkan dedikasi Prodi Doktor Ekonomi Syari’ah UIN Malang untuk memperluas kegiatan ilmiah di lembaga pendidikan tinggi seluruh Indonesia.

Dipimpin oleh Prof. Dr. Nur Asnawi, Ketua Program Doktor (S3) Ekonomi Syari'ah UIN Malang, tim PKM memberikan pelatihan mendalam yang mencakup visi dan misi riset, prioritas, kualitas dan kuantitas, sumber daya, serta pentingnya kolaborasi. Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan dosen-dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam menghasilkan penelitian berkualitas tinggi serta relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Selain itu, peserta juga diberikan keterampilan praktis dalam penulisan akademik dan publikasi di jurnal nasional dan internasional bereputasi.

Selama pelaksanaan PKM, peserta memperoleh kesempatan untuk berdiskusi langsung serta menerapkan pengetahuan yang diperoleh melalui studi kasus yang disimulasikan. Proses ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka mengenai metodologi riset, tetapi juga memberikan wawasan tentang bagaimana seorang akademisi seharusnya menjalankan kegiatan Tri Dharma dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas riset mereka.

Rektor Universitas Zainul Hasan Probolinggo, Dr. Abdul Azis, BA, M. Ag, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim UIN Malang atas dukungan yang diberikan. Ia menganggap PKM ini sebagai langkah strategis untuk meningkatkan mutu riset di fakultasnya dan berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, M. Nuntupa, SE, MM, juga berharap melalui inisiatif ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dapat menghasilkan penelitian yang lebih berdampak dan berkontribusi pada pengembangan ilmu ekonomi syari'ah secara lebih luas.

Lebih Lanjut »
DWP UIN Malang Gelar Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Abadi Wijaya Rabu, 7 Agustus 2024 . in Berita . 140 views
7492_burek.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam rangka memberikan wawasan tentang kesehatan bagi para wanita memasuki usia matang, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dra. Hj. Shofiyah Zainuddin, bersama anggota DWP menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 7 Agustus 2024, di Home Theater Gedung Fakultas Humaniora, Lantai 3, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

7494_cek.jpg

Bekerja sama dengan tim kesehatan dari Klinik Rawat Jalan UIN Maliki Malang, pemeriksaan kesehatan gratis ini mencakup tes gula darah, tekanan darah, asam urat, dan pemeriksaan kolesterol. Untuk tes kolesterol, peserta dikenakan biaya mandiri.

7495_angg.jpg

Ketua DWP UIN Malang, Dra. Hj. Shofiyah Zainuddin, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya melibatkan pemeriksaan kesehatan gratis. "Kami juga mengadakan Seminar Kesehatan Reproduksi Wanita Usia Matang," ujar beliau. Seminar ini digelar di Home Theater Humaniora dan menghadirkan narasumber ahli, dr. Nurfianti Indriana, SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, khususnya bagi wanita jelita (jelang usia 50 tahun) dan lolita (lolos usia 50 tahun ke atas). Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bentuk nyata kepedulian DWP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar. "Saya ucapkan terima kasih kepada anggota DWP dan juga narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi seminar kesehatan ini," ucapnya.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya jumlah yang hadir untuk memanfaatkan pemeriksaan kesehatan gratis ini. Mereka mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi atas inisiatif yang diambil oleh DWP UIN Malang. “Kegiatan seperti ini sangat membantu kami, terutama dalam hal deteksi dini masalah kesehatan,” ujar salah satu peserta.

7493_dr.jpg

Dr. Nurfianti Indriana dalam seminar yang digelar juga memberikan materi yang sangat bermanfaat tentang kesehatan reproduksi wanita usia matang. Beliau menekankan pentingnya pemeriksaan rutin dan menjaga pola hidup sehat untuk menghindari berbagai penyakit yang umum terjadi pada usia tersebut. “Pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi sangat krusial bagi setiap wanita, terutama yang memasuki usia matang. Dengan memahami tubuh kita, kita dapat mengambil langkah preventif untuk menjaga kesehatan,” jelas dr. Nurfianti.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif antara peserta seminar dan dr. Nurfianti, di mana banyak peserta yang antusias mengajukan pertanyaan seputar kesehatan reproduksi dan cara menjaga kesehatan di usia matang.

Dengan terselenggaranya acara ini, DWP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berharap dapat terus memberikan kontribusi positif dalam bidang kesehatan dan edukasi bagi masyarakat, serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin yang terus dilakukan setiap tahunnya, sebagai bagian dari komitmen DWP untuk terus peduli dan berkontribusi bagi kesehatan masyarakat.

Lebih Lanjut »
128 Hafidz Gelar Pembacaan Al-Qur'an Bil Hifdzi
Abadi Wijaya Rabu, 7 Agustus 2024 . in Berita . 119 views
7487_htq.jpg

 

HUMAS UIN MALANG - Sebagai bentuk rasa syukur atas pencapaian para peserta Haiah Tahfidzil Quran (HTQ), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang penuh khidmat di lobi gedung Rektorat lantai 1. Acara ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan wisuda yang akan dilaksanakan pada Kamis (8/8).

7489_htqe.jpg


Acara tersebut dibuka oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, yang menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya kepada 128 wisudawan tahfidz. "Mahasiswa ulul albab tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang baik, tetapi juga kemampuan dalam menghafal dan memahami isi Al-Qur'an," ujar Prof. Zainuddin dengan penuh haru. Beliau menekankan bahwa menjadi penghafal Al-Qur'an bukan sekadar hafal, tetapi juga harus memahami ilmu tafsirnya. "Kunci untuk memahami isi Al-Qur'an adalah menguasai ilmu tafsir," tambahnya.

7488_ht12.jpg


Prof. Zainuddin juga menjelaskan bahwa sivitas akademika harus bisa melakukan tiga pola yaitu olah pikir melalui keilmuan, olah zikir melalui spiritualitas, dan olah rasa melalui seni dan olahraga. Setiap Jumat, UIN Malang rutin mengadakan senam di lapangan utama untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Beliau mengutip Surat An-Nisa ayat 9 yang mengingatkan pentingnya berbicara dengan tutur kata yang benar dalam menjaga hak-hak keturunan.

7490_htqr.jpg


Di tengah maraknya ujaran kebencian di media sosial, Prof. Zainuddin bangga dengan sikap sopan santun dan tawadhu para mahasantri UIN Malang. Banyak tamu yang datang merasa terkesan dengan suasana seperti di dunia pesantren yang tercipta di kampus ini. "Inilah pentingnya UIN Malang membutuhkan lulusan yang paripurna, tidak hanya pintar secara akademik, tetapi juga memiliki akhlak yang baik," tegasnya.

7491_htqrt.jpg


Sementara itu, Direktur HTQ UIN Maliki Malang, K.H. Zainur Rouf, menjelaskan bahwa 128 wisudawan tahfidz ini mencakup hafalan mulai dari 5 juz hingga 30 juz. "Besok mereka akan diwisuda sesuai dengan tingkat pencapaian hafalannya masing-masing," jelasnya.
Acara pembacaan ayat suci Al-Qur'an ini menjadi momen yang sangat mengharukan dan penuh makna bagi para wisudawan HTQ UIN Maliki Malang. Prestasi para hafidz dan hafidzah ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus mendalami dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an.
Semoga keberkahan dan kemuliaan senantiasa menyertai langkah-langkah para wisudawan tahfidz UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selamat dan sukses untuk seluruh hafidz dan hafidzah yang telah mengukir prestasi gemilang ini.

Lebih Lanjut »
Kunjungan Pascasarjana UIN Malang ke Sekolah Indonesia Mekkah Jalin Kerjasama Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Abadi Wijaya Selasa, 6 Agustus 2024 . in Berita . 87 views
7486_sadd.jpg

HUMAS UIN MALANG - Pimpinan Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, bersama dosen dan mahasiswa, melakukan kunjungan ke Sekolah Indonesia Mekkah (SIM) pada tanggal 1 Agustus 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Kepala Sekolah SIM, Mustafa, M.Pd., menyambut baik kunjungan tersebut dan menjelaskan bahwa pihak pascasarjana UIN Malang siap menjadi mitra kerjasama untuk riset dosen dan mahasiswa. "Kami berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan antara kedua institusi dan membuka peluang untuk riset bersama," ujar Mustafa.
Salah satu harapan besar dari pihak SIM adalah adanya kegiatan pengabdian masyarakat dan pemberian beasiswa bagi anak-anak pekerja migran yang bersekolah di SIM. Selain itu, para guru di SIM juga berharap mendapatkan akses beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister.
Tidak hanya itu, pihak sekolah juga berharap siswa alumni SIM mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di UIN Malang. Program pemerintah melalui SIM bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi siswa agar menjadi profesional dan dapat kembali ke Indonesia dengan bekal ilmu yang memadai. Dukungan dari perguruan tinggi seperti UIN Malang diharapkan dapat menjadi mitra dalam mewujudkan program ini.

Pimpinan Pascasarjana UIN Malang, Prof. Wahidmurni dan Basri, Ph.D., memberikan respon positif terhadap harapan tersebut. "Kami sangat mendukung inisiatif ini dan berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak. Semoga harapan bersama ini bisa terwujud," ujar Prof. Wahidmurni.

Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara UIN Malang dan Sekolah Indonesia Mekkah, serta membuka peluang untuk berbagai program kerjasama di masa depan. Dukungan dari semua pihak, termasuk perguruan tinggi, sangat penting untuk keberhasilan program-program ini.

Penulis : Khoirul Hidayah

Lebih Lanjut »
Kunjungan Pascasarjana UIN Malang ke Universitas Islam Madinah Tingkatkan Kerjasama Akademik
Abadi Wijaya Selasa, 6 Agustus 2024 . in Berita . 95 views
7484_ss.jpg


HUMAS UIN MALANG - Kunjungan pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang ke Universitas Islam Madinah pada tanggal 28-31 Juli 2024 membawa harapan baru bagi kerjasama riset dan kolaborasi akademik antara kedua institusi. Kegiatan ini diadakan oleh pimpinan pascasarjana UIN Malang bersama 11 rombongan yang meliputi mahasiswa dan dosen.
Direktur Pascasarjana UIN Malang, Prof. Wahidmurni, menyatakan harapannya bahwa kegiatan student mobility pertama kali di Universitas Islam Madinah ini akan menjadi awal yang baik untuk kerjasama riset antara mahasiswa dan dosen dari kedua universitas. "Kami berharap kunjungan ini dapat membuka peluang kerjasama riset yang lebih intensif di masa depan," ujarnya.
Wakil Direktur, Basri, Ph.D., menambahkan bahwa kegiatan student mobility di kampus Arab Saudi perlu ditingkatkan. Ia menekankan pentingnya kerjasama dalam program pelatihan kompetensi dosen dan mahasiswa pascasarjana. "Kolaborasi ini tidak hanya memperluas wawasan mahasiswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan dosen dalam mengajar dan meneliti," jelas Basri.
Kaprodi Program Studi Doktor Hukum Keluarga Islam, Dr. Khoirul Hidayah, yang menjadi koordinator kunjungan, berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa depan. "Ini adalah kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian disertasi melalui perbandingan hukum keluarga," kata Dr. Khoirul.
Selama kunjungan, mahasiswa diajak berkeliling ke berbagai fasilitas di Universitas Islam Madinah, termasuk perpustakaan, layanan publikasi dan cetak tugas akhir mahasiswa, layanan sport center, dan pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa baru dari luar negeri.
Kegiatan ini disambut hangat oleh Dr. Abdulwahed, Direktur Bagian Kerjasama dan Pertukaran Informasi, Dr. Ahmad Alawaji, Direktur Pascasarjana dan Riset, Dr. Hasan Banajah, Kepala Bagian PMB, dan Dr. Majed Alzahrani, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan & Penjaminan Mutu.

Penulis : Khoirul Hidayah

Lebih Lanjut »
UIN Malang dan Universitas Islam Madinah Jalin Kolaborasi Publikasi Ilmiah Internasional
Abadi Wijaya Selasa, 6 Agustus 2024 . in Berita . 90 views
7483_saudi3.jpg


HUMAS UIN MALANG - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Islam Madinah telah mencapai kesepakatan penting untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Kesepakatan ini diresmikan pada tanggal 30 Juli 2024, dengan tujuan memperkuat kolaborasi dalam publikasi ilmiah dan penelitian bersama.
UIN Malang memiliki beberapa jurnal bereputasi internasional yang terindeks Scopus, seperti Journal of Islamic Architecture, De Jure: Jurnal Hukum dan Syar'iah, dan Jurisdictie: Jurnal Hukum dan Syariah, serta jurnal yang terindeks WoS, yaitu Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning. Universitas Islam Madinah menyatakan minatnya untuk belajar mengenai pengelolaan jurnal internasional bereputasi dari UIN Malang.
Selain itu, kesepakatan ini juga mencakup rencana untuk melakukan joint research dan publikasi bersama. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi, sekaligus memperkuat kerjasama akademik antara kedua universitas.
Kesepakatan ini dihadiri oleh Dr. Abdulwahed, Direktur Bagian Kerjasama dan Pertukaran Informasi, Dr. Ahmad Alawaji, Direktur Pascasarjana dan Riset, dan Dr. Hasan Banajah dari Universitas Islam Madinah. Dari UIN Malang, hadir jajaran pimpinan yang terdiri dari Prof. Umi Sumbulah (Wakil Rektor Bidang Akademik), Prof. Wahidmurni, Basri Ph.D., Dr. Khoirul Hidayah dari pascasarjana, serta Dr. Barnoto dan M. Faruq. M.Pd. dari bagian kerjasama.
"Kerjasama ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di jurnal bereputasi internasional. Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua institusi," ujar Prof. Umi Sumbulah.
Dengan adanya kesepakatan ini, kedua belah pihak berharap dapat meningkatkan kontribusi akademik mereka di kancah internasional dan mendorong peningkatan jumlah publikasi bersama di jurnal bereputasi.

Penulis: Khoirul Hidayah

 

 

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up