Daftar Penulis: Iffatunnida


SYIAR RAMADHAN: BAHAGIA TIDAK DATANG SENDIRI
Jumat, 8 Mei 2020 . in Berita . 852 views

 

2730_syiba.jpg

GEMA-Tidak ada manusia yang tidak menginginkan hidup bahagia. Bahkan, Islam menegaskan kepada umat manusia untuk mengupayakan kebahagiaan bagi diri mereka. Pasalnya, tidak ada kebahagiaan yang datang tanpa adanya usaha. Hal ini dituturkan Fahim Khasani, MA. dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Malang dalam Syiar Ramadhan bersama JTV, episode “Al Quran dan Kebahagiaan”, Jumat (8/5).
Fahim melanjutkan, pencarian kebahagiaan oleh manusia sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, pencarian tersebut dirasa tak pernah selesai. Selalu saja dirasa ada yang menjadi penghalang besar dalam perjalanannya. Sifat serakah manusia disinyalir berperan dalam rumitnya pencarian kebahagiaan. Maka, di sini lah peran Islam untuk mengedukasi manusia. “Ulama Sufi menyatakan bahwa bahagia akan didapat jika kita tuma’ninatun nafs, yakni memiliki jiwa yang tenang,” jelasnya.
Hal ini, lanjut Fahim, seiring dengan salah satu ayat dalam al Quran bahwa ketika manusia ingin tenang maka ia harus memiliki hayah thoyyibah (hidup yang baik). Ini dapat diraih dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik. Dengan melakukan hal baik, maka ada kedamaian dalam diri seseorang. “Apalagi jika dilengkapi dengan keimanan,” imbuhnya.
Dr. Rifa Hidayah, narasumber dari Fakultas Psikologi UIN Malang pun membagi resep kebahagiaan berdasar perspektif keilmuannya. Hal yang ia tekankan adalah, manusia tidak boleh berlebihan akan suatu hal. “Termasuk ketika sedih atau membenci seseorang yang dapat memunculkan dendam mendalam,” tambahnya.
Tak hanya itu, alih-alih mendoakan kehidupan sendiri, ia lebih menyarankan agar manusia patutnya mendoakan kebahagiaan orang lain. Ia yakin, dengan begitu, akan ada energi positif yang dapat memunculkan rasa senang. “Selain itu, tentu kita harus menjalani hidup dengan optimis dan selalu berpikiran positif akan takdir Allah,” paparnya.
Dalam episode kali ini, selain Fahim dan Rifa, dua narasumber lain yang dihadirkan ialah Dr. Badruddin (Fakultas Syariah) dan Dr. Nurhadi (Magister-PBA). Sama seperti biasanya, Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. bertindak langsung sebagai host. (nd)

Lebih Lanjut »
SYIAR RAMADHAN: PRODUK BUDAYA YANG POSITIF
Jumat, 8 Mei 2020 . in Berita . 693 views
2729_syibud.jpg

GEMA-Bekerjasama dengan JTV, stasiun televisi lokal, UIN Malang rutin menggelar Syiar Ramadhan selama Ramadhan. Pada episode al Quran dan Kebudayaan, narasumber internal yang dihadirkan ialah dosen-dosen senior di UIN Malang. Yakni, Dr. Mundi Rahayu (Fakultas Humaniora), Dr. Zulfi Mubarok (FITK), Dr. Fadil (Pusat Studi Sosial & Budaya), Dr. Wildana Wargadinata (Fakultas Humaniora), dan Dr. Hadi Masruri (Pascasarjana), Jumat (8/5).
Dalam pembukaannya dalam menjabarkan definisi budaya, Mundi menuturkan bahwa budaya adalah hasil pemikiran manusia. Proses pikir ini merupakan respon dari beragam persoalan di sekeliling manusia. Produk budaya yang bisa dinikmati manusia antara lain teknologi, arsitektur, sastra, dan beragam bentuk kesenian.
Akan tetapi, lanjut Mundu, tidak semua produk budaya dinyatakan berhasil. Ada satu faktor penting agar produk tersebut dapat dinyatakan sebagai budaya yang berhasil. “Budaya harus memiliki efek transformatif,” tegasnya. Dengan ini, manusia sebagai penikmat dan pencipta produk budaya dapat berubah menjadi lebih baik.
Ia kemudian mencontohkan dalam situasi manusia yang dihadapkan pada pandemi Covid-19. Sebagai makhluk yang berbudaya, tentu tidak hanya akan ada rasa ketakutan dan pasrah saja, namun mereka akan membuka sisi kemanusiaannya. “Bagaimana hubungan kita dengan orang di sekeliling dan bentuk kepedulian kita sebagai makhluk yang berbudaya,” paparnya. (nd)

Lebih Lanjut »
KEPEDULIAN DWP UIN MALANG DI TENGAH PANDEMI
Senin, 4 Mei 2020 . in Berita . 778 views
2728_bazardwp.jpg

GEMA-Meski di tengah situasi lockdown, tak menyurutkan semangat Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Malang untuk melaksanakan program kerjanya. Mengawali weekday di minggu kedua Ramadan, DWP membuka bazar sembako murah yang memang selalu dilaksanakan berkala, Senin (4/5). Ini merupakan wujud kepedulian DWP terhadap warga kampus yang terdampak di tengah situasi pandemi Covid-19.
Saat membuka bazar Ramadhan, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. memberikan dukungannya terhadap kegiatan rutinan DWP tersebut. Apalagi, dalam situasi yang kurang menguntungkan ini. Ia berharap, pengurus DWP UIN Malang dan seluruh pimpinan dapat bekerjasama untuk memberikan lebih dibanding yang telah terlaksana.
Hal ini pun disetujui oleh Ketua DWP UIN Malang Dra. Rif’atul Choiriyah Haris. Ia ingin di masa jabatannya, periode 2017-2021, seluruh kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana. Terutama bazar sembako murah bagi keluarga besar UIN Malang. “Sudah sekitar tiga kali kegiatan ini terlaksana, dan selama itu pula kami tetap berusaha meningkatkan kuantitas,” tuturnya.
Di awal pelaksanaan bazar sembako murah, sebanyak 100 paket yang disediakan. Di program yang kedua kalinya, pihak DWP bisa mendobel hingga terkumpul 200 paket. “Alhamdulillah, di pelaksanaan ketiga ini menjadi 300 paket sembako yang bisa dijual murah,” jelas Rif’a. Ia menambahkan, “Siapa pun yang nanti menggantikan jabatan ini, saya ingin agar program yang baik ini dapat tetap dilaksanakan dan targetnya tak hanya warga kampus namun juga untuk masyarakat sekitar kampus yang kurang mampu.” (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
ORMAS ISLAM: TETAP BERGERAK SAAT PANDEMI
Rabu, 22 April 2020 . in Berita . 421 views
2727_ormasgerak.jpg

GEMA-Penanggulangan dan pencegahan Covid-19 (Corona Virus Disease) tak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah melalui dinas kesehatan. Organisasi masyarakat (ormas) pun turut berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam memberi sosialisasi dan tindakan preventif. Hal ini dituturkan oleh perwakilan ormas Islam maupun daerah saat diundang dalam Talkshow bersama Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. di halaman depan Gedung Rektorat, Rabu (22/4).
Seperti yang dituturkan Mujahidin Ahmad, M.Sc. (Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Malang), pihaknya melaksanakan beberapa program. Pertama, melakukan penyemprotan disinfektan di 152 titik. Selanjutnya, IPM Malang juga memberi 157 APD kepada tenaga medis plus membagi 2.504 buah hand sanitizer gratis. “Selain yang berhubungan dengan medis, kami juga membagi 3.200 paket sembako serta 7.500 butir telur dari dana yang terkumpul sebanyak 118 juta rupiah untuk penanggulangan Covid-19,” lanjutnya.
Ahmad Farih Sulaiman, S.Pd., Ketua GP Ansor Kota Malang juga menjabarkan bahwa program utama sudah terlaksana. Yakni melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik. “Khususnya di pesantren dan masjid. Kami juga membagi hand sanitizer gratis untuk masyarakat Malang,” paparnya.
Hal senada juga dilakukan KNPI Kota Malang. Menariknya, organisasi mahasiswa asal Papua lah yang bergerak langsung untuk melakukan penyemprotan disinfektan. “Khususnya di daerah Dinoyo yang selama ini memang ada gap antara mahasiswa asal Papua dan masyarakat setempat,” jelas Hutama Budi Hindarta, SH.
Dari kalangan dosen muda, Aprilia Mega Rosdiana, M.Si. menyampaikan bahwa pihaknya bergerak di wilayah edukasi. Ia dan tim melakukan kampanye berdasar himbauan pemerintah. “Khususnya kampanye untuk Stay at Home yang masih sering dilanggar oleh masyarakat,” imbuh dosen UIN Malang tersebut. (kh/nd)

Lebih Lanjut »
19 TAHUN EKSISTENSI MAHAD UIN MALANG
Senin, 20 April 2020 . in Berita . 517 views
2726_hutmahad.jpg

GEMA-Sudah 19 tahun lamanya Ma’had Sunan Ampel al ‘Aly (MSAA) menjadi bagian yang tak terpisahkan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selama itu pula, ia turut berperan dalam membekali mahasiswa UIN Malang dengan ajaran Islam terutama mengenai ketauhidan dan moralitas. Untuk memperingati usianya yang bertambah, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. mengundang beberapa tokoh yang menjadi saksi perkembangan MSAA. Mereka ialah KH. Drs. Chamzawi, M.Ag, KH. Dr. Isroqunnajah, M.Ag, KH. Dr. Imam Muslimin, M.Ag., dan KH. Dr. Muzakki, M.Ag., Senin (20/4).
Imam Muslimin menyampaikan bahwa ma’had atau pesantren memiliki banyak tantangan beberapa tahun belakangan. Tantangan yang dihadapi sangat komprehensif, terutama di saat wabah Covid-19 yang melanda dunia. Ma’had dituntut tak putus dalam mendidik moralitas santrinya di situasi dan kondisi apapun.
Hal ini dibenarkan oleh Isroqunnajah, mantan Direktur MSAA. Ma’had diminta selalu siap dan tetap kokoh dalam menghadapi tantangan. “Ma’had harus bisa menyesuaikan kondisi dan tetap melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” tutur Gus Is yang saat ini menjabat sebagai wakil rektor bidang kemahasiswaan.
KH. Chamzawi berpesan kepada seluruh sivitas akademik UIN Malang untuk tetap menghormati keberadaan ma’had sebagai satu kesatuan di universitas. “Bila ma’had mendapat perhatian lebih, insya Allah ma’had akan berjalan lebih baik lagi,” ujarnya optimis. (kh/nd)

Lebih Lanjut »
PEMUKA AGAMA SEPAKATI CARA IBADAH SAAT LOCKDOWN
Senin, 20 April 2020 . in Berita . 3384 views
2707_agama.jpg

GEMA-Seluruh aspek kehidupan sosial tentu terkena dampak dari kebijakan lockdown untuk menekan korban Covid-19 (Corona Virus Disease). Tak terkecuali, aktivitas keagamaan. Banyak simpang siur informasi terkait apakah aktivitas ibadah tetap dijalankan atau mengikuti kebijakan pemerintah. Untuk menjawab hal tersebut, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. mengundang perwakilan pemuka agama di Kota Malang. Mereka diajak berdiskusi dalam talkshow rutinan yang dihelat di depan Gedung Rektorat, Jumat (17/4).
Para tokoh tersebut ialah H. Ahmad Taufiq Kusuma (Islam), Nugroho Sugiwiyono (Katolik), Pdt. Dr. Stefanus Hadi Prayitno (Kristen), Pandito Hariono (Buddha), dan Bintarto Mulyo (Konghucu). Mereka tidak memungkiri bahwa aktivitas keagamaan yang biasa dilakukan juga akan menjadi salah satu cara perpindahan virus. Pasalnya, dalam satu waktu, puluhan jamaah berkumpul di satu tempat yang sama. Hal ini tentu merisaukan.
Cara dari masing-masing pemuka agama pun beragam. Nugroho Sugiyono telah menghimbau kepada umat Katolik agar tetap mengikuti peribadatan secara daring. Ia beralasan, ibadah umatnya harus dilakukan secara langsung agar diterima oleh Tuhan. “Maka, kami bekerjasama dengan stasiun televisi lokal untuk menyiarkan kegiatan agama di Gereja secara langsung,” jelasnya.
Sementara itu, pemuka agama Buddha menghimbau agar umatnya melakukan ibadah atau bertapa di rumah. “Kami ingin agar mereka menggunakan momen ini untuk merenung serta tak lupa mendoakan agar wabah pandemi ini segera berakhir,” tutur Pandito Hariono.
Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) H. Ahmad Taufik Kusuma menegaskan bahwa bagaimana pun kondisinya, ibadah tetap harus jalan. Karena, ini menyangkut urusan individu dan Sang Pencipta. “Kita tidak boleh diliputi ketakutan yang berlebihan, namun juga jangan meremehkan apalagi bertingkah sembrono,” tekannya. (kh/ptt/nd)

Lebih Lanjut »
MATANGKAN PEMBANGUNAN RS, LANTIK WAKIL DEKAN FKIK
Senin, 20 April 2020 . in Berita . 636 views
2706_wd1fkik.jpg

GEMA-Makin serius dan matangnya rencana pembangunan Rumah Sakit pendidikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, rektor pun juga membenahi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Salah satunya ialah dengan merapikan jajaran pimpinan di fakultas baru tersebut. Setelah melantik dekan baru, kali ini FKIK memiliki Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Roihatul Muti’ah, S.F.Apt.,M.Kes. yang baru saja dilantik, Jumat (17/4).
Ini merupakan salah satu upaya Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. untuk menunjang peningkatan birokrasi. Ia ingin, dengan personil pimpinan terbaru, impian kampus untuk menjadi Smart University akan cepat terwujud.
Pasca pelantikannya, Roihatul mengaku akan semakin banyak tugas yang pastinya dibebankan kepadanya sebagai salah satu garda depan FKIK. Namun, dengan tim yang ia pandang sangat solid, ia yakin semua tugas, visi, dan misi fakultas akan tercapai satu per satu. “Kami tak hanya ingin menjadi bermanfaat bagi internal kampus, namun juga bertekad untuk menebar manfaat bagi masyarakat,” paparnya.
Roihatul menggantikan posisi Dr. dr. Achdiat Agoes. Saat ini ia diamanahi sebagai wakil kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat mendampingi mantan dekan FKIK terdahulu Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto, Sp.B., Sp.BP.,RE(K) yang kini menjabat sebagai ketua Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Keduanya saat ini berkantor di Klinik UMMI, di depan kampus satu UIN Malang. (ptt/kh/nd)

Lebih Lanjut »
TNI & POLRI HIMBAU STAY POSITIVE DAN SELALU WASPADA
Senin, 20 April 2020 . in Berita . 393 views
2704_tnipol1.jpg

GEMA-Dalam talkshow edisi, Kamis (16/4), rektor UIN Malang tak hanya mengundang pengusaha di bidang kuliner. Perwakilan TNI dan Polri di Kota Malang pun dihadirkan. Kehadiran dua tokoh dari instansi garda depan perlindungan negeri ini diharapkan dapat memberi himbauan dan ketegasan kepada masyarakat terkait kebijakan pemerintah.
Letkol Inf. Tommy Anderson, M.PICT. meminta masyarakat agar selalu berpikir positif di tengah pandemi yang merisaukan ini. “Tekan rasa panik agar hidup kita tenang dengan melaksanakan segala himbauan dari pemerintah Indonesia,” imbuhnya. Ia juga mengajak masyarakat menjaga kebugaran dengan meningkatkan budaya hidup sehat.
Hidup sehat tak hanya melulu tentang konsumsi makanan sehat dan vitamin, namun juga menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. “Bersihkan tempat tinggal kita dan jangan lupa rajin cuci tangan,” papar komandan muda itu. Dengan begitu, badan akan terjamin kebugaran dan imunitasnya.
Peduli diri sendiri, lanjutnya, juga harus diimbangi dengan kepedulian sosial yang tinggi. Tak ada untungnya sehat sendiri sedangkan orang-orang di sekitar belum mencapai level kesehatan yang sama. “Jika kita lebih mampu, maka bantu yang kekurangan. Kita yang kuat, bantu mereka yang lemah,” jelas Dandim 0833 Kota Malang ini.
Ia pun menuturkan untuk saling bergotong-royong dalam mengatasi masalah di lingkungan sekitar. Apalagi, jika kita disegani oleh masyarakat, maka harus digunakan untuk menebar aksi yang bermanfaat.

2705_tnipol2.jpg


Sementara itu AKBP Setyo Koes Heriyanto, MH. mengingatkan agar masyarakat selalu waspada. Apalagi, belakangan banyak isu yang tersebar di media sosial terkait tindak kriminalitas yang terencana. “Saring informasi yang beredar khususnya di media WhatsApp,” imbuhnya.
Ia menambahkan, isu vandalisme yang merebak luas tentu juga diwaspadai pihak kepolisian. Karena itu, pihaknya selalu berjaga untuk memberi rasa aman kepada masyarakat. “Kami pihak Polri dan TNI akan bekerjasama maksimal untuk menjaga kondusivitas Kota Malang sehingga masyarakat tidak perlu terlalu khawatir,” tegasnya. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
SEDEKAH TAK BOLEH PUTUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Kamis, 16 April 2020 . in Berita . 1052 views
2702_talksed.jpg

GEMA-Saat banyak aktivitas terhenti di masa lockdown karena Covid-19 (Corona Virus Disease), ada hal yang tak boleh dihentikan. Hal itu ialah bersedekah. Ini dituturkan oleh owner Cokelat Klasik Group, Martalinda Basuki pada episode kesekian talkshow yang dibawakan oleh Rektor UIN Malang, Kamis (16/4) di depan Gedung Rektorat.
Martalinda sangat bersyukur bahwa masyarakat Indonesia, di tengah kepanikan akibat Covid-19, masih memiliki hati nurani yang sehat. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya lembaga-lembaga baik itu di level pemerintah maupun masyarakat, yang tergerak untuk berbagi. Ada yang membagikan hand sanitizer, masker, maupun makanan secara gratis.
Maka, lanjutnya, pihak Cokelat Klasik Group pun tergerak untuk melakukan hal serupa. Jamu sebagai minuman yang dipercaya membantu kekebalan tubuh pun diproduksi massal. Dengan bahan utama Curcumin, pihaknya membuat produk terbaru yang dinamakan Sikurmin. “Tidak hanya untuk dijual, kami juga mengawali dengan membagikan 3.000 botol kepada tenaga medis yang menangani pasien Covid-19,” jelasnya.
Selain Martalinda, ada beberapa narasumber kenamaan yang diundang pada tema talkshow “Mencegah dan Menekan Covid-19 Sambil Sedekah”. Mereka ialah H. Sulaiman Suhardjito (Duta Catering), KH. Saifudin Zuhri, AKBP Setyo Koes Heriyanto, MH. (Waka Polresta Malang Kota), dan Letkol Inf. Tommy Anderson, M. PICT. (Dandim 0833/Kota Malang).
Letkol Tommy mengapresiasi kegiatan diskusi yang dirutinkan oleh UIN Malang. Selain bernilai positif, talkshow merupakan cara untuk membagi informasi dan pembelajaran kepada masyarakat luas. “Tidak banyak yang memberi himbauan atau sosialisasi di Kota Malang ini, maka kami bersyukur UIN Malang berinisiatif untuk berbagi sebagai kalangan akademisi,” tuturnya. (kh/nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up