Daftar Penulis: Iffatunnida


PIONIR 2019: IZIN PKL UNTUK DEBAT BAHASA INGGRIS
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 456 views
2276_inggris.jpg

GEMA-Selain Lomba Debat Bahasa Arab, Lomba Debat Bahasa Inggris juga memasuki babak final, Jumat (19/7). Perlombaan selama empat hari ini dilaksanakan di Aula Fakultas Humaniora Lt.3. 48 tim pendaftar tampil cemerlang untuk mengamankan posisi juara. Namun, hanya beberapa tim dengan nilai tinggi saja yang berhak berlaga di final.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta keluar sebagai peraih medali emas. Disusul IAIN Kediri pada posisi kedua dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada posisi ketiga. Fatimatuz Zahro, tim tuan rumah menyatakan dirinya cukup puas dengan hasil yang diperoleh. Tak ada rasa sesal sedikit pun karena ia dan timnya telah berusaha maksimal. “Saya juga meninggalkan kegiatan Praktik Kerja Lapangan untuk ikut PIONIR ini,” tambahnya. (*/nd)

Reporter: Chairunnisa Maharani

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: UIN BANDUNG DAPAT NILAI TERTINGGI
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 394 views
2275_arabfinal.jpg

GEMA-Pada hari keempat perhelatan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, cabang lomba Debat Bahasa Arab juga memasuki babak final, Jumat (19/7). Berlangsung di Aula Gedung C UIN Malang, perlombaan berlangsung meriah. Dari 16 tim yang berlaga di semi final, empat tim terpilih untuk beradu argumen kembali di babak final.
Tema yang diberikan saat final ialah “Kerjasama Keamanan Antar Negara Asia adalah Penting”. UIN Jakarta tampil sebagai Pro 1, UIN Yogya tampil sebagai Pro 2, UIN Malang sebagai Kontra 1, dan UIN Bandung sebagai Kontra 2.
Semua peserta tampil memukau dengan argumen ilmiah yang telah dipersiapkan. Akhirnya tim UIN Bandung dinyatakan sebagai peraih emas dengan total 935. Juara kedua diraih oleh UIN Malang dengan nilai 928 dan Juara ketiga diraih UIN Jakarta dengan nilai 918. (*/nd)

Reporter: Bilian Aditya R.

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: ORANGTUA MOTIVASI FINALIS MHQ 10 JUZ
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 551 views
2273_mhq10fin1.jpg

GEMA-Puncak final enam terbaik putra dan putri kembali diuji dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) 10 Juz dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, Jumat (19/7). Perlombaan berlangsung di Masjid Ali Ash Shabuny Kampus Pascasarjana UIN Malang.
M. Muhtaram Syarif keluar sebagai peraih medali emas putra perwakilan dari UIN Riau. Ia sudah menjadi penghafal al Quran sejak usia tujuh tahun. “Saya dididik orangtua tentang al Quran sejak masuk Sekolah Dasar,” kisahnya dalam wawancara.

2274_mhq10fin2.jpg

Begitu juga dengan peraih medali emas kategori putri, Khirun Nasyroh asal Aceh. Ia tidak pernah berniat menjadi hafizah jika bukan karena dorongan orangtua. “Sejak masuk SMP, orangtua mengarahkan saya untuk menghafal al Quran,” tuturnya. PIONIR 2019 merupakan kali pertama ia mengikuti ajang perlombaan MHQ dan langsung mendapatkan juara pertama. (ofi/nd)

Reporter: Achmad Basofi

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: UIN JAKARTA TUMBANGKAN UIN RIAU
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 485 views
2272_futsalwin.jpg

GEMA-UIN Jakarta sukses rebut medali emas pada Cabang Olahraga Futsal di Lapangan Indoor Tidar Champion dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, Jumat (19/7). Pertandingan penentu yang telah menyisihkan 38 tim PTKIN se-Indonesia ini berlangsung tegang dan memanas.
UIN Jakarta sudah sepantasnya mendapatkan lawan final dengan UIN Riau, melihat gaya pertandingan kedua tim yang high skill. Bahkan pada babak pertama, kedua tim mendapatkan hasil yang seimbang. Sampai pada babak kedua, Tim UIN Riau berhasil unggul satu poin atas UIN Jakarta.
Sorakan dan semangat suporter semakin menggebu. Pertandingan belum usai. Pada menit akhir babak kedua, UIN Jakarta berhasil membalas satu poin. Ketegangan dari kedua tim semakin menjadi sampai pada menit terakhir UIN Jakarta berhasil mencetak gol pamungkasnya untuk mendapatkan medali emas.
Kesungguhan, kepercayaan, kesabaran dan team work yang baik membawa UIN Jakarta mengalungkan medali emas dalam cabor Futsal PIONIR 2019 ini. Ajang PIONIR milik Kementerian Agama ini sangat membantu mengembangkan bibit-bibit unggul anak bangsa. Berawal dari mengharumkan nama kampus, di kemudian hari, mereka juga bisa berkontribusi mengharumkan nama negara di bidang manapun. (ofi/nd)

Reporter: Achmad Basofi

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: SPORTIVITAS TETAP UTAMA
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 291 views
2270_sport1.jpg

GEMA-Futsal cabang olahraga dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 sampai pada pertandingan penentuan, Jumat (19/7). Empat hari lamanya dari pagi hingga sore 38 tim bersaing di Lapangan Indoor Tidar Champion untuk menjadi juara.
Menuju final bukan hal yang mudah dalam Futsal. Babak penyelisihan, 16 besar, 8 besar, semi final, hingga final harus dilewati tim pemain. Seluruh tim tidak boleh kalah dalam satu pertandingan saja karena panitia memberlakukan sistem knockout atau gugur.

2271_sport2.jpg

Setiap tim hanya memiliki satu kesempatan pada setiap babak. Tidak heran jika dari babak pertama, pertandingan berlangsung tegang. Sengitnya persaingan bukan berarti tidak sportif. Kedua tim finalis menunjukkan pentingnya sportivitas dalam pertandingan. Hingga akhir pertandingan finalis, baik UIN Jakarta maupun UIN Riau tidak menimbulkan kerusuhan.
Dalam pertandingan tak hanya skill yang ditunjukkan. Namun keteguhan mental juga ikut diuji agar pertandingan berjalan baik. Sehingga, kerjasama tim mudah untuk dikendalikan. (ofi/nd)

Reporter: Achmad Basofi

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: EMAS UNTUK UIN MALANG DI MFQ
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 471 views
2266_mfqwin.jpg

GEMA-Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) berakhir, Jumat (19/7). Perlombaan diawali dengan babak semifinal yang terdiri dari 10 tim. Pertandingan babak semifinal diadakan pada pagi hari pukul 08:00 WIB. Kemudian dari 10 tim terseleksi lah 4 tim yang berhak menuju final. Keempat tim di final yaitu STAIN Bengkalis, UIN Sumatera Utara, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Alauddin Makassar. Pertandingan babak final dilaksanakan pada pukul 13:00 WIB.
Perlombaan yang hanya digelar dua hari itu pun langsung mengumumkan jawaranya. Juara pertama diraih kontingen tuan rumah UIN Malang. Tim terdiri dari Muhammad Fashihuddin, Syaif Al Haq, dan Ahmad Zulkurniawan. Mereka mengungkapkan bahwa hasil ini tidak lepas dari perjuangan sebelumnya. “Kami sering berlatih. Selama ini kami hanya sampai semi final di perlombaan dan baru kali ini mencapai final dan mendapat juara satu,” tutur Fashihuddin. Ia pun mengingatkan teman-temannya untuk tidak jemawa, “Tetap belajar mengenai al Quran karena memiliki banyak makna.”
Sementara itu, juara dua diperoleh UIN Sumatera Utara Medan (Hilmiyah Humaidi Damanik, Nauval Mursyid Rahmadinata, dan Shofiah Nurul Huda) dan juara tiga diperoleh UIN Alauddin Makassar (Muh. Rian Arisandi Z., Emir Surya Kautsar, dan Ratna Sari). Ketiga juara harapan ialah STAIN Bengkalis, UIN Sunan Kalijaga, dan IAIN Palangkaraya. (*/nd)

Reporter: Lexi Handi Nayana

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: JAWABAN TERAKHIR ANTAR ARIEL JUARA
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 499 views
2264_mqkwin1.jpg

GEMA-UIN Sunan Ampel Surabaya tampil sebagai pemenang Cabang Lomba Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 dengan gemilang, Jumat (19/7). Perlombaan berlangsung meriah. Tepuk tangan dilonntarkan para penonton karena masing-masing dari peserta selalu tampil dengan memukau.
Penentuan juara dinilai dengan sistem poin yang dinilai dari ketiga juri. Juara pertama yaitu Ariel Ahmad dari UIN Surabaya dengan poin 369. Juara kedua yaitu Nor Lutfi Fais dari IAIN Semarang dengan poin 341. Juara ketiga yaitu Masud dari IAIN Pekalongan dengan poin 337.

2265_mqkwin2.jpg


Ariel, perwakilan UIN Surabaya terlihat sangat menguasai kaidah-kaidah kitab kuning baik dari segi i’rab, makna kata, maupun kajian fiqih kontemporer. Terlihat para juri menguji dengan sungguh-sungguh materi yang dikuasai oleh Ariel terkait materi pengembangan fiqih kontemporer. “Qishas adalah hal yang sangat rentan karena salah sedikit saja orang bisa mati terbunuh,” jawabnya sebagai penutup yang mengantarkannya menjadi jawara MQK. (*/nd)

Reporter: Bilian Aditya

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: DEBAT KONSTITUSI OPEN PUBLIC
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 339 views
2263_day4kons2.jpg

GEMA-Tidak seperti babak sebelumnya, pada semi final Debat Konstitusi, penonton diperbolehkan masuk dalam chamber. Dewan juri pun bertambah, dari tiga juri pada babak-babak sebelumnya, panitia menambah hingga total sembilan juri di semi final. Panitia berdalih, hal ini untuk melatih mental debator yang bertanding. Di babak ini, hanya empat tim yang tampil.

2262_day4kons.jpg


Mosi untuk semi final ialah “Judicial Preview oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia” dan “Kebijakan Sistem Zonasi Peserta Didik Baru”. Seperti pada perempat final, case building dilakukan sebelum debat dimulai. Mosi kali ini dibagikan langsung oleh panitia ketika pengumuman tim yang yang lolos ke babak semifinal. Sehingga hal ini membuat babak semifinal menjadi lebih ketat. Mengingat mereka diberi waktu yang sangat terbatas untuk mempelajari mosi tersebut. Babak final akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2019 di Ruang Senat Gedung Rektorat Lt. 4. (*/nd)

Reporter: Lexi Handi Nayana

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: TULISAN QURANI IAIN LANGSA TERBAIK
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 487 views
2261_mktqfin.jpg

GEMA-Sebanyak enam finalis Musabaqoh Karya Tulis al Quran di Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 mempresentasikan karya yang dibuat pada babak penyisihan, Jumat (19/7). Mereka adalah yang terpilih dari 39 peserta awal. Di hari yang sama pula, panitia telah memutuskan ketiga juara. Peserta asal IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, I’syatul Luthfi dinobatkan sebagai juara pertama dengan total nilai 307. Juara kedua diraih Rofiatul Windariana (IAIN Madura) dengan nilai 300 dan juara ketiga diraih Anisa Nuril Fajriyah (IAIN Surakarta) dengan poin 287.
M. Alifudin Ikhsan, Juri MKTQ menjelaskan bahwa perjuangan peserta masih panjang. Mengikuti lomba tersebut adalah tahapan awal. Peserta perlu mengembangkan gagasan dan solusi yang ditawarkan. “Ke depan, naskah para finalis akan dipublikasikan di jurnal yang disasar panitia,” ujarnya. (*/nd)

Reporter: Muhammad Nasyithul Ibad

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up