Daftar Penulis: Iffatunnida


PIONIR 2019: TULUNGAGUNG KAWINKAN MEDALI EMAS VOLI PUTRA-PUTRI
Sabtu, 20 Juli 2019 . in Berita . 628 views
2286_voliwin2.jpg

GEMA-Bravo IAIN Tulungagung. Di ajang Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, IAIN Tulungagung berhasil mengawinkan Medali Emas di Cabang Olahraga Bola Voli Putra dan Putri. Hebatnya tim putra kampus yang baru berubah menjadi IAIN enam tahun lalu ini melakukan hatrik (3 kali juara 1).
Dalam final Jumat pagi (20/7), IAIN tulungagung berhasil menghempaskan perlawanan UIN Bandung dengan empat set ( 3-1) di Lapangan Utama UIN Malang. Bukan perkara mudah bagi IAIN Tulungagung mengalahkan UIN Bandung yang didukung banyak suporternya. Pada set pertama terjadi saling kejar poin. Wal hasil set pertama menjadi milik UIN bandung dengan skor 25 -19.
Pada set kedua, perlahan tapi pasti, spike Aditya, pemain bernomor punggung 11 ini tidak mampu diblok para Bobotoh (UIN Bandung). Set kedua pun menjadi berimbang (1-1) untuk kemenangan IAIN Tulungagung dengan skor 25 -17.
Selanjutnya pada set ketiga dan keempat terjadi perubahan strategi yang dilakukan UIN Bandung dengan selalu menekan lewat spike dan reli panjang. Namun pengalaman dan kematangan IAIN Tulungagung tak bisa dibohongi berhasil menghabisi secara telak dengan sisa dua set. Akhirnya IAIN Tulungagung mengukir sejarah hatrik dalam perhelatan PIONIR. (*/nd)

Reporter: Dosy

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: VOLI PUTRI TULUNGAGUNG AKHIRI PERLAWANAN SENGIT
Sabtu, 20 Juli 2019 . in Berita . 622 views
2285_voliwin1.jpg

GEMA-Tim Putri Bola Voli IAIN Tulungagung tidak mau kalah. Pasukan yang dikomandani Reza ini berhasil menyudahi perlawanan IAIN Metro Lampung dengan empat set (3-1), Jumat (20/7). Pasukan IAIN Lampung yang secara fisik tidak setinggi IAIN Tulungagung ini mampu mengimbangi permainan dengan sangat cantik.
Penempaan bola yang terukur menjadi momok bagi IAIN Tulungagung. Berkali-kali pasukan Tulungagung dibuat kocar-kacir dengan kelincahan IAIN Metro Lampung. Namun spike-spike keras Tulungagung membungkam permainan Metro Lapung. Set pertama menjadi milik IAIN Tulungagung.
Pada set kedua IAIN Tulungagung tetap mempertahankan strategi dengan spike tajam. Dengan keunggulan fisik, beberapa pemainnya mampu mengambil poin banyak. Sehingga set kedua menjadi 2-0. Pada set ketiga, perlawanan IAIN Metro Lampung semakin menjadi. Reli panjang dan penempatan bola yang cerdik menjadi andalan pasukan badak Lampung ini. Skor pun sempat berimbang 20-20. Bahkan IAIN Metro berhasil mengambil set ketiga denga skor 25 -22.
Selanjutnya pada set keempat menjadi akhir perlawanan heroik pasukan Metro. Meski berhasil melakukan blocking spike dari IAIN Tulungagung, spike keras dan bertubi-tubi oleh Reza dkk tak mampu diimbangi para punggawa Metro Lampung. Pada akhirnya IAIN Tulungagung yang sudah di atas angin mengakhiri partai final Bola Voli kategori putri dengan skor 25-17 yang menjadikan mereka sebagai juara. (*/nd)

Reporter: Dosy

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: PERDANA LEMPAR PISAU DIAWASI TNI AD
Sabtu, 20 Juli 2019 . in Berita . 574 views
2267_pisau1.jpg

GEMA-Untuk pertama kalinya cabang olahraga Lempar Pisau diadakan di Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, Jumat (19/7). Cabor baru yang dilaksanakan di kampus 2 UIN Malang ini diikuti oleh 15 kontingen putra dan 8 kontingen putri. Hadi Nurdi Hamzah selaku penanggungjawab mengaku belum menemukan induk olahraga ini sehingga menggunakan jasa konsultan dari Lembaga Pendidikan Dodikjur TNI AD.

2268_pisau2.jpg

Selain konsultan lomba, tiga TNI AD juga menjadi juri kejuaraan ini. “Juknis kita dari mereka, pisau seluruhnya juga pinjam,” tutur Hadi. Ia melanjutkan halaman belakang kampus 2 sengaja dijadikan lokasi lomba karena terbuka dan aman. “Karena venue di kampus 1 juga sudah penuh,” tambahnya. Menurutnya, seluruh peserta sudah pernah mengikuti kejuaraan Lempar Pisau sebelum PIONIR ini. “Setidaknya pernah mengikuti pelatihan,” jelas dosen PKPBA itu.

2269_pisau3.jpg

Hari pertama cabor ini difokuskan untuk peserta putra, sedangkan putri dilaksanakan pada Sabtu (20/7). “Kita jadikan dua hari karena semakin sore tempat semakin dingin, takut tangan peserta jadi kaku,” jelas Hadi. Tiga kontingen telah terpilih menjadi juara. IAIN Metro Lampung di posisi pertama, disusul UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan UIN Sumatra Utara Medan. Pengalungan medali akan dilaksanakan pada Hari Sabtu. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

 

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: FILM UIN BANTEN PUKAU DEWAN JURI
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 557 views
2284_film.jpg

GEMA-31 tim pecinta Sinematografi dari PTKIN se-Indonesia menunjukkan kebolehannya pada ajang Lomba Film Pendek. Ya, lomba ini juga diadakan dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 di UIN Malang. Seluruh film ditayangkan di Home Theater Fakultas Humaniora Lt. 3 sejak pagi hingga sore, Jumat (19/7).
Ketiga dewan juri dalam cabang lomba seni ini dipilih panitia karena ahli dalam Sinematografi. Mereka ialah Moh. Mahrush Ali, Taufan Agustiyan Prakoso, dan Mahendra Wibawa. Ketiganya pun memiliki banyak pengalaman dalam pembuatan film pendek. Ada tujuh kriteria penilaian, di antaranya ialah eksekusi dan sound.
Dewan juri pun mengumumkan tim UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sebagai juara pertama. Posisi kedua dan ketiga diraih IAIN Salatiga dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Cepi Hermawan dari UIN Banten mengaku timnya butuh proses yang lama. “Dengan hasil ini tentu proses lama dan sulit itu terbayar jadi kami sangat senang,” tutur Cepi. (*/nd)

Reporter: Zummia Fakhriani

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: UIN SURABAYA KEMBALI SUMBANG EMAS
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 373 views
2283_musikhadis.jpg

GEMA-Selama hampir setengah hari berlangsung, Cabang Lomba Musikalisasi Hadis langsung mengumumkan hasil pemenangnya, Jumat (19/7). Cabang yang baru pertama kali dilombakan dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 ini cukup membuat juri kebingungan memilih pemenang.
R. Ahmad Muhajir Ansori, salah satu juri menuturkan, pleno penentuan pemenang berlangsung selama 20 menit. “Kami bingung, semua sangat kreatif,” jelasnya. Setelah berdiskusi, tim juri pun mengumumkan pemenang. Medali emas pada lomba ini diraih oleh tim UIN Sunan Ampel Surabaya. Disusul oleh delegasi IAIN Salatiga serta IAIN Kediri.
Sedangkan, ketiga juara harapan diraih oleh IAIN Samarinda, UIN Malang, dan UIN Makassar. “Karena penilaian juri tidak hanya pada vokal, musik, dan pemilihan hadis. Kami juga melihat dari adab dan penampilan,” jelasnya. (aqa/nd)

Reporter: Alfiyah Qurrotu A.

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: KENALKAN ADAT MAKASSAR
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 312 views
2282_adat.jpg

GEMA-Cabang Lomba Seni Musikalisasi Hadis merupakan perlombaan perdana dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang sudah memasuki kali kesembilan ini. Kategori ini memikat 15 PTKIN se-Indonesia untuk mengirimkan delegasinya. Kegiatan yang berlangsung di depan Mabna Al Ghozali ini semakin meriah ketika memasuki tampilan terakhir, Jumat (19/7).
Dialah kontingen dari UIN Alauddin Makassar yang menyuguhkan Musikalisasi Hadis yang dikolaborasikan dengan musik etnik khas Makassar. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan pakaian adat khas Bugis, yaitu Baju Bodo. Selain dewan juri, semua pejalan kaki pun turut terbius oleh penampilan vokalis wanita yang tiba-tiba muncul setelah beberapa menit dikumandangkan seruling oleh anggota lainnya.
Nur Lita Rahmatia, sosok dibalik suara merdu yang memikat dewan juri itu mengaku tidak lama dalam menyiapkan konsep ini. Tim yang beranggotakan enam orang ini bahkan berlatih secara pribadi mulai dari pembuatan konsep sampai pemilihan hadis. “Kami mengerjakan dan latihan hanya dengan tim saja. Dosen hanya terlibat untuk memfasihkan pelafalan hadisnya,” tutur mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab itu sumringah. (aqa/nd)

Reporter: Alfiyah Qurrotu A.

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: UIN RIAU RAIH EMAS CABOR BASKET
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 448 views
2281_basketwin.jpg

GEMA-Pertandingan final Cabang Olahraga (Cabor) Basket antara UIN Sutan Syarif Kasim Riau melawan IAIN Bone yang berlangsung di Lapangan Indoor Champion Tidar Malang berlangsung sengit hingga kuarter keempat. Kedua tim langsung tampil menggebrak pada kuarter pertama. Skor tipis 15-11 untuk keunggulan UIN Riau.
Kuarter kedua jual-beli serangan dilakukan kedua tim. IAIN Bone sempat memperkecil skor hanya berjarak empat poin. Namun ketangguhan counter attack tim Riau berhasil kembali memangkas jarak skor 28-19. Di kuarter ketiga dan keempat UIN Riau tidak menurunkan tempo permainannya dan berhasil memangkas jarak 63-35. Dengan hasil ini UIN Riau berhasil memenangi pertandingan.
Pelatih UIN Suska Riau Ari wibowo menyatakan kebahagiaannya dengan hasil yang didapatkan. “Kami mempersiapkan jauh-jauh hari dan Alhamdulillah kami mendapatkan hasil yang kami inginkan,” tuturnya. Tim IAIN Bone sendiri merasa cukup puas dengan hasil yang mereka dapatkan di PIONIR 2019 ini.
PIONIR sebelumnya, mereka juga masuk final namun belum berhasil mendapat juara pertama. “Alhamdulillah kami bisa kembali masuk ke final namun sayang belum bisa mendapatkan juara pertama,” papar Arfian Dwi, Pelatih IAIN Bone. Sementara itu, IAIN Tulungagung meraih posisi ketiga setelah mengalahkan tim UIN Jakarta. (*/nd)

Reporter: M. Kurnadi Bonesaputra

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: UIN SURABAYA RAIH SKOR NYARIS SEMPURNA
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 371 views
2279_mtqwin1.jpg

GEMA-Dua belas pembaca terbaik MTQ kembali menyuarakan suara merdunya dalam melantunkan bacaan Al Quran dihadapan dewan hakim, Jumat (19/7). Berpindah ke Aula Microteaching dikarenakan beberapa alasan tertentu tidak mengurangi kekhusyukan tampilan peserta. Bahkan terlihat ruangan begitu ramai dipenuhi oleh riuhnya penonton.
Berbeda dengan peraturan saat babak penyisihan, seluruh finalis mendapatkan pilihan maqro' melalui undian satu jam sebelum perlombaan dimulai. Hal itu tentu menambah degup jantung peserta.
Namun, hal itu tidak menjadikan penampilan finalis down. Setelah seluruh nilai dikalkulasikan, juara satu kategori putra diraih perwakilan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan nilai 99. Nilai yang nyaris sempurna untuk maksimal seratus. Kemudian disusul UIN Banjarmasin, UIN Riau, IAIN Mataram, IAIN Palangkaraya, dan IAIN Manado di posisi terakhir.

2280_mtqwin2.jpg

Illiyya Fairuz, salah satu Qoriah dari UIN Malang ini menuturkan perihal maqro’, tidak menjadi halangan bagi qori-qoriah yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Meski sempat ragu karena berada diposisi terendah di antara 6 qoriah lainnya, ia tetap tampil dengan maksimal.
Meski belum bisa berada diposisi teratas, tak menjadikannya patah semangat. Pembaca terbaik kategori putra ialah IAIN Bukittinggi dengan predikat juara satu. Berikutnya disusul UIN Banjarmasin, IAIN Palopo, UIN Jakarta, UIN Malang, dan UIN Palembang. (aqa/nd)

Reporter: Alfiyah Qurrotu A.

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: EMAS TAKRAW UNTUK TUAN RUMAH
Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 338 views
2277_takrawfin1.jpg

GEMA-Sang tuan rumah Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang resmi dinobatkan menjadi juara pertama Lomba Sepak Takraw. Gelar ini diperoleh setelah tim kampus berlogo ulul albab tersebut menaklukkan IAIN Bone, Jumat (19/7).

2278_takrawfin2.jpg

Pada babak awal, permainan berakhir seimbang. Namun di babak terakhir, UIN Malang memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Sementara itu, juara ketiga diraih IAIN Datokarama Palu setelah mengalahkan tim UIN Alaudin Makassar. (*/nd)

Reporter: Fajar Rinaldi

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up