Daftar Kategori: Berita


Wakil Rektor AUPK UIN Malang Ungkap Rencana Pengembangan Prodi dan Pengukuran IKU di Pra Rapim
Abadi Wijaya Senin, 26 Februari 2024 . in Berita . 152 views

 

6902_ilfi.png

HUMAS UIN MALANG - Dalam Kegiatan Pra Rapim yang digelar di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan  (AUPK), Prof. Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, S.Ag., M.Si, CAHRM, CRMP memaparkan berbagai aspek penting terkait dengan pengembangan program studi dan pengukuran Indikator Kinerja Utama (IKU). Senin, 26 Februari 2024.
Prof. Ilfi menguraikan beberapa kriteria yang menjadi fokus pengukuran, antara lain kecukupan struktur organisasi, kecukupan jumlah dosen dan mahasiswa, studi kelayakan, izin operasional, serta penyusunan proposal dan naskah akademik. Menurutnya, pengukuran ini penting sebagai dasar untuk menilai kemajuan dan keberhasilan institusi.
Selain itu, Prof. Ilfi Nur Diana juga mengungkapkan rencana identifikasi program studi yang akan dikembangkan di masa mendatang. Beberapa program studi yang akan dikembangkan antara lain S1 Dirosah Islamiah, S2 HES, S1 Ilmu Hukum, S1 Perfilman dan Industri Kreatif, S1 Ekonomi Syariah, S2 Manajemen, S1 Statistika Terapan, S1 Bioentrepreneur, Pendidikan Profesi Psikologi, S3 Psikologi, S2 Biomedik, dan S2 Ilmu Farmasi. Rencana pengembangan ini bertujuan untuk memperluas dan memperkaya penawaran pendidikan di UIN Malang.
Sementara itu, terkait dengan pengukuran IKU nomor 29, Prof. Ilfi Nur Diana menyampaikan bahwa pada tahun 2024, kelas full online akan difokuskan pada penyusunan naskah akademik dan perizinan, sementara pada tahun yang sama dengan model hybrid akan dilakukan implementasi berbagai kebijakan dan program yang telah disusun.
Paparan Prof. Ilfi tersebut mendapat respons positif dari peserta rapat, yang menganggapnya sebagai langkah strategis dalam meningkatkan mutu dan reputasi UIN Malang di tingkat nasional maupun internasional. Harapannya, dengan adanya perencanaan yang matang dan implementasi yang baik, UIN Malang akan semakin berkembang dan menjadi pusat pendidikan yang unggul di masa mendatang.

 

Lebih Lanjut »
CDC UIN Malang Gelar Pelatihan Alumni Connectedness: Transformasi Branding Universitas
Abadi Wijaya Senin, 26 Februari 2024 . in Berita . 1870 views
6879_prof.jpg


HUMAS UIN MALANG- Pagi ini, Career Development Center (CDC) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang di bawah kepemimpinan Dr. Moh. Hambali, M.Ag kembali menggelar pelatihan yang mengundang seluruh pimpinan kampus. Dari para Wakil Rektor, Para Kepala Biro, Para Dekan, hingga kepala UPT di lingkungan UIN Maliki Malang, mereka berkumpul dalam acara bertajuk "Alumni Connectedness: Peranannya dalam Branding Universitas." Senin, 26 Februari 2024.

6881_lia.jpg

Acara yang diadakan pada Senin pagi ini menghadirkan seorang ahli branding ternama, Prof. Amalia E Maulana, Ph.D, dari BINUS University dan ETNOMARK Consulting. Dalam pembukaan acara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai respons terhadap isu strategis yang tengah ramai dibicarakan, yaitu rebranding universitas untuk menghadapi masa depan.

"Rebranding merupakan langkah strategis untuk menjalin konektivitas dengan para alumni serta membangun citra yang kuat di mata masyarakat global," tegasnya.

6880_ama.jpg

Semwntara itu, Prof. Amalia dalam paparan materinya menjelaskan bahwa rebranding bukan sekadar kebutuhan, tapi juga tentang membangun kesadaran akan keberadaan institusi. "Proses ini mencari diferensiasi dan keunggulan yang membedakan universitas ini dengan yang lain," jelasnya.

Selain membahas strategi rebranding, pelatihan ini juga menyoroti pentingnya pemanfaatan media sosial dalam memperkuat citra universitas. "Branding UIN Maliki Malang harus dipahami dengan baik agar memberikan dampak positif dan memunculkan keunggulan tersendiri," ungkap Prof. Amalia.
Penguatan dari hasil riset para dosen dan mahasiswa UIN Maliki Malang juga akan memberikan dampak yang sangat luar biasa pengaruhnya terhadap branding lembaga. Melalui hasil penelitian yang istiqomah akan membantu lembaga ini lebih dikenali oleh masyarakat global. "Strategi itu penting, tapi riset itu akan menambah nilai positif terhadap proses rebranding," paparnya.
Dengan demikian, langkah-langkah seperti ini diharapkan dapat memberikan dorongan baru dalam menjalankan proses branding yang lebih efektif bagi UIN Malang, membawa institusi ini menuju masa depan yang lebih cerah dan relevan.

Lebih Lanjut »
Rektor UIN Malang Dorong Visi Unggul dan Bereputasi Internasional dalam Pra Rapim
Abadi Wijaya Senin, 26 Februari 2024 . in Berita . 188 views

 

6899_rekt.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam suasana yang penuh semangat, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Profesor Zainuddin, secara aktif terlibat dalam persiapan Pra Rapim yang diadakan di ruang senat gedung rektorat lantai 4. Dalam pidatonya, beliau menekankan pentingnya pembahasan Pra Rapim yang harus tetap berlandaskan pada visi Perguruan Tinggi, yaitu menjadi perguruan tinggi Islam unggul dan bereputasi internasional. Senin, 26 Februari 2024.
"Dua hal inti dari visi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Bereputasi Internasional," jelas Prof. Zainuddin.
Sementara UIN Malang telah berhasil meraih Akreditasi Unggul, tantangan selanjutnya adalah bagaimana menjaga dan mempertahankan posisi tersebut dengan tata kelola manajemen yang baik dan berkelanjutan.

6900_bareng.jpg


Dalam upaya menuju reputasi internasional, UIN Malang mengalokasikan sasaran strategis dalam roadmap dan IKU Universitas, di antaranya adalah terwujudnya Perguruan Tinggi Islam yang Unggul Bereputasi Internasional. Hal ini membutuhkan penguatan sistem pendidikan yang berperspektif moderat, peningkatan kualitas tenaga pendidik, partisipasi peserta didik, standar dan sistem penjaminan mutu pendidikan, serta kualitas lulusan yang diterima di dunia kerja.
"Semua aspek penunjang ini akan membawa UIN Malang menuju unggul dan bereputasi internasional," tambahnya dengan optimis.
Selain itu, untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi bereputasi internasional, UIN Malang juga akan membuka rekrutmen melalui program International Class, yang diharapkan dapat dimulai pada tahun ajaran 2024/2025.
Komitmen dan semangat untuk mencapai visi tersebut terasa kuat dalam setiap kata-kata Prof. Zainuddin, menandai langkah maju UIN Malang dalam meraih prestasi yang lebih gemilang di tingkat nasional dan internasional.

Lebih Lanjut »
Kepala Biro AUPK UIN Malang: Pra Rapim dan Raker Tujukan Rebranding Menuju Prestasi Unggul
Abadi Wijaya Senin, 26 Februari 2024 . in Berita . 202 views

 

6898_ahmad.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam forum Pra Rapim yang dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan UIN Malang, Kepala Biro AUPK, Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd, kembali menegaskan misi penting dari rangkaian Rapim dan Raker kali ini: mewujudkan rebranding bagi UIN Malang.
Pembahasan yang digelar dalam rapat ini memperdalam mengenai Indikator Kinerja dan target IKU. Setiap pemangku jabatan diharapkan memiliki komitmen dan integritas yang tinggi untuk turut serta dalam mencapai target pencapaian institusi di setiap sub satker.
Dr. Ahmad juga menegaskan bahwa penandatanganan Perjanjian Kinerja (Perkin) antara Rektor dengan pimpinan sub satker, serta program dan kegiatan yang dikaji, merupakan turunan langsung dari setiap IKU. Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang terperinci akan menjadi panduan utama dalam penyusunan anggaran tahun 2025.

6900_bareng.jpg


"Pra Raker dan kegiatan Raker adalah tahap pemantapan program yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penyerapan anggaran, yang meliputi ketepatan pelaksanaan anggaran dan perencanaan," ungkap Ahmad di hadapan peserta rapat.
Ahmad menambahkan bahwa penyerapan anggaran tidak hanya tentang persentase semata, melainkan juga tentang peningkatan kualitas yang berdampak pada pemasaran dan antusiasme masyarakat terhadap UIN Malang.
"IKU nomor 9, yang meliputi lingkup pengukuran, telah mengalami perubahan menjadi lebih luas," jelasnya.
Rapat Pra Rapim ini menegaskan komitmen kuat UIN Malang dalam menghadapi tantangan dan mengejar prestasi unggul, serta menandai langkah awal menuju rebranding yang lebih berkesinambungan dan berdampak positif bagi seluruh stakeholder.

Lebih Lanjut »
Rapat Pimpinan UIN Malang Dorong Rebranding dan Capai Target Unggul Bereputasi Internasional
Abadi Wijaya Senin, 26 Februari 2024 . in Berita . 83 views

 

6897_tim.jpg

HUMAS UIN MALANG - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Rapat Pimpinan yang dianggap sebagai momen krusial untuk menyusun program unggulan tahun 2024. Dalam forum yang dihadiri oleh semua pemangku kebijakan, serta sejumlah tim ahli dan fasilitator ahli yang ditunjuk langsung oleh Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, mereka adalah Dr. M. Yunus, M.Si, Dr. Segaf, S.E., M.Sc. Dr. H. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I H. Dr. H. M. In’am Esha, M.Ag, Slamet, SE, MM., Ph.D, dan juga Rosihan Aslihuddin, S.Sos., M.AB Segaf, S.E., M.Sc. Senin 26 Februari 2024. 
Kegiatan pra Rapim, yang berlangsung selama dua hari, difokuskan pada pembahasan mengenai rebranding program UIN Malang. Dr. Segaf, salah satu fasilitator ahli, menjelaskan bahwa seluruh peserta diminta untuk melakukan evaluasi terhadap hasil Indikator Kinerja Utama (IKU), Kinerja Keuangan (KK), dan Kinerja Institusi (KI) sebagai dasar Perjanjian Kinerja (Perkin) antara rektor dan pimpinan sub satker.
"Selain itu, masukan dari Prof. Candra selaku Dewan Pengawas adalah melakukan self-diagnostic untuk mengetahui posisi kita, dan dari Prof. Amalia, pimpinan satuan kerja, adalah agar kita tidak melupakan cita-cita awal UIN didirikan," ungkap Segaf.
Dua aspek tersebut dianggap penting untuk dioperasionalkan dalam program kegiatan dan anggaran guna mencapai target IKU serta rebranding yang memungkinkan UIN Malang mencapai status unggul dan bereputasi internasional.
Perubahan signifikan juga terjadi dalam sistem Indikator Kinerja, dengan jumlah IKU yang semula 78 menjadi 45 dan kini meningkat menjadi 55. "Perubahan pada PIC 1 menyesuaikan regulasi terbaru terkait e-Kinerja dan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). PIC 1 sekarang melibatkan 2 atau 3 aktor dan bersifat koordinatif," jelasnya.
Rapat ini menandai komitmen UIN Malang dalam meningkatkan mutu dan reputasi, serta mengikuti perkembangan regulasi dan standar yang berlaku. Diharapkan dengan persiapan yang matang dan program-program unggulan yang disusun, UIN Malang dapat meraih prestasi yang lebih gemilang baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lebih Lanjut »
Pembukaan Asesmen Lapangan Program Studi Teknik Informatika UIN Malang
Abadi Wijaya Jumat, 23 Februari 2024 . in Berita . 396 views
6876_asm.jpg

HUMAS UIN Malang - Program Studi Teknik Informatika UIN Malang pada hari ini (23/02/2024) melaksanakan pembukaan kegiatan Asesmen Lapangan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Meeting Teknik Informatika ini dahadiri oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. Ummi Sumbulah, M. Ag., Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Ketua Senat UIN Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M. Ag., Kabiro AAKK, Kabiro AUPK, LPM, LP2M, Direktur Mahad Al-Jamiah UIN Malang, beserta para pimpinan dan sivitas akademika Fakultas Saintek UIN Malang. 

Asesmen lapangan ini dihadiri oleh dua asesor luar biasa, yaitu Prof. Dr. Ir. Sri Nurdiati, M. Sc., dan Dr. Dede Kurniadi, S. Kom., M. Kom., dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer.

6877_asm.jpg

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M. Ag., beliau menyampaikan bahwa UIN Malang adalah universitas berakreditasi unggul yang menerapkan pendekatan pendidikan dan pembelajaran berbasis sains dan islam dengan kurikulum integrasi. Dalam perankingan webometric tahun 2023, UIN Malang telah berhasil menduduki top 3 PTKIN se-Indonesia, dan sukses menduduki rangking pertama dalam perankingan Uni-Rank tahun 2024 PTKIN se-Indonesia. 

Beliau juga menyebutkan bahwa Program Studi Teknik Informatika sudah berdiri selama 20 tahun. "Sudah banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh program studi ini. Kami harap kehadiran para asesor pada hari Jumat di bulan Sya'ban yang penuh berkah ini dapat membawa keberkahan pula untuk kita semua, khususnya untuk Teknik Informatika agar dapat menjadi unggul," harap beliau. 

6878_asm.jpg

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang, Prof. Dr. Sri Harini, M. Si., beliau berharap supaya acara ini dapat diberi kelancaran sampai selesai. "Setelah pembukaan ini, akan dilanjutkan dengen rangkaian acara yang lainnya sampai hari esok. Semoga seluruh kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar," harapnya.

Prof. Dr. Ir. Sri Nurdiati, M. Sc., selaku asesor berterima kasih atas sambutan yang sangat baik. Terkait dengan asesmen ini, beliau menyampaikan bahwa tim asesor telah menilai dokumen-dokumen sudah sesuai dengan yang diharapkan, namun hanya ada beberapa kekurangan yang kemudian telah dilengkapi. Beliau juga menambahkan bahwa secara umum, penilaian oleh LAM Infokom ini sedikit berbeda dengan BAN-PT. "LAM Infokom ingin menumbuhkan budaya mutu. Di UIN Malang ini tim penjaminan mutunya sudah kuat, jadi tidak perlu khawatir lagi tentunya," ujar beliau.

Terkait dengan kurikulum integrasi yang berbasis pada sains dan islam, tim asesor menyampaikan bahwa ingin melihat mata kurikumul di Teknik Informatika untuk memastikan bahwa apakah ada bagian-bagian yang tereduksi. "Mudah-mudahan kita semua selalu diberi kemudahan dalam acara ini, dan dapat mencetak generasi yang luar biasa untuk masa depan," pungkasnya di akhir sambutan.

 

Reporter: Nyiur Salsabila

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
86 Calon Wisudawan Fakultas Psikologi UIN Malang Ikuti Proses Yudisium
Abadi Wijaya Jumat, 23 Februari 2024 . in Berita . 170 views
6908_yds.jpg
HUMAS UIN MALANG - Sebanyak 86 calon wisudawan program sarjana dan magister Fakultas Psikologi UIN Malang mengikuti prosesi yudisium tahun akademik 2023/2024. Agenda yudisium berlangsung di Lt.3 Aula Gedung C UIN Malang, Jumat, (23/2/23).

Prof. Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si, selaku dekan Fakultas Psikologi, mengungkapkan rasa syukurnya atas mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dapat mengikuti yudisium pada hari ini. 

"Seluruh peserta yang telah di yudisium, hari ini telah berubah dari mahasiswa menjadi alumni dan lulusan dari psikologi UIN Malang," ujarnya.

6909_yds.jpg

Pada laporan kegiatan Akademik, Wakil Dekan Bagian Akademik Fakultas Psikologi Dr. Ali Ridho menjelaskan bahwa peserta yudisum

terdiri program sarjana sebanyak 75 orang dan program magister sebanyak 11 orang.

"Hampir seluruh lulusan sarjana, yakni sebanyak 67 orang pada yudisium kali ini memperoleh predikat pujian, dan seluruh peserta dari program magister memperoleh predikat pujian," ungkapnya.

6910_yds.jpg

Prof. Dr. H. Ahmad Khudori Saleh M. Ag. juga turut menyampaikan harapannya agar para lulusan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Saya berharap nantinya semua yang ada disini dapat melanjutkan kuliah di luar negeri," ujarnya.

Dengan terselenggaranya prosesi yudisium ini, harapannya para lulusan dapat menjaga nama baik almamater kampus terutama Fakultas Psikologi UIN Malang.

 

Reporter & fotografer: Rizki Ramadhani Pratama

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
UIN Malang Siapkan Strategi untuk Meningkatkan Reputasi Internasional
Abadi Wijaya Kamis, 22 Februari 2024 . in Berita . 315 views
6872_brf.jpg

HUMAS UIN MALANG - UIN Malang mengungkapkan rencana untuk merekayasa ulang program-program andalannya guna mencapai keunggulan internasional. Hadir dalam acara tersebut. Wakil Rektor, Ketua Senat, Dekan, Wakil Dekan, dan pembicara terhormat Prof. Dr. Chandra Fajri Ananda S.E, M.Sc, seorang anggota Dewan Pengawas Badan Layanan Umum UIN Malang (22/2).

Prof. Dr. Chandra menyatakan dedikasinya yang tak kenal lelah terhadap integritas keuangan meskipun usianya sudah 59 tahun. Beliau menekankan pentingnya netralitas institusi dalam pendidikan dan mendorong persiapan yang bijak untuk setiap perubahan regulasi, menganjurkan kesiapan UIN Malang untuk menyesuaikan biaya kuliah dan meningkatkan fasilitas.

6874_brf.jpg

Dengan tujuan menghidupkan kembali daya tarik UIN Malang bagi publik dan pemangku kepentingan, reposisioning bertujuan untuk meningkatkan citra, membentuk persepsi yang lebih condong kepada profitabilitas.

Untuk mencapai hal ini, tindakan strategis melibatkan pembangunan kembali keunggulan kompetitif, mengubah citra institusi, memodifikasi fitur-fitur program, dan menerapkan strategi pemasaran di seluruh program akademik. Inisiatif ini menanggapi tren demografis yang berubah di kalangan calon mahasiswa, memerlukan modifikasi keunggulan kompetitif akademik baru dan yang sudah ada dalam lingkup nasional dan global.

Tindakan kunci meliputi peningkatan kualitas dosen, penyederhanaan birokrasi kampus, diversifikasi sumber pendapatan, memperkuat kemitraan dengan institusi industri dan komunitas alumni, serta memulihkan citra merek program akademik melalui upaya rebranding yang komprehensif.

 

Reporter: Rahmata Bella

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Executif Briefing: WR II Sampaikan Strategi Rebranding Program Unggulan Menuju Unggul Bereputasi Internasional
Abadi Wijaya Kamis, 22 Februari 2024 . in Berita . 222 views
6875_eb.jpg

HUMAS UIN Malang - UIN Malang melaksanakan kegiatan Executif Briefing untuk membahas Strategi Rebranding Program Unggulan Menuju Unggul Bereputasi Internasional (22/2).

Wakil Rektor 2 bidang Administrasi, Umum, Perencanaan, dan Keuangan sekaligus sebagai pejabat keuangan, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M. Si., CAHRM., CRMP memaparkan bahwa terdapat beberapa alasan diperlukannya rebranding. Adapun alasan-alasan yang beliau sampaikan adalah bahwa kompetitor PTKIN sudah bertransformasi menjadi UIN, BLU, unggul dan beberapa sudah internasional, kompetitor PTN yang menerima mahasiswa sebanyak-banyaknya, kompetitor PTN memperluas pasar madrasah dan pondok pesantren prodi agama, sifat Gen-Z yang sangat pragmatis, serta adanya sejumlah perguruan tinggi dari luar negeri yang banyak masuk ke Indonesia. 

6873_brf.jpg

Beliau juga menyampaikan bahwa UIN Malang mempunyai keunggulan competitive (competitif advantages). UIN Malang sudah menyiapkan tambahan fasilitas mahad sehingga bisa menerima mahasiswa lebih banyak lagi dari tahun-tahun sebelumnya, tanpa mengurangi kualitas pembelajaran mahasiswa.

Dengan demikian, perlu diadakan rebranding UIN Malang guna mengubah keyakinan tentang image UIN Malang, mengenalkan atribut-atribut baru UIN Malang atau yang telah terabaikan, serta untuk urgensi-urgensi lainnya demi kemajuan UIN Malang.

 

Reporter: Nyiur Salsabila

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up