Daftar Kategori: Berita


Membangun Kolaborasi Antar PTN-PTKIN se Jawa Timur
Abadi Wijaya Selasa, 6 Februari 2024 . in Berita . 336 views
6803_ptkin.jpg

HUMAS UIN MALANG - Para Wakil Rektor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang turut serta dalam rapat kerja forum Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Jawa Timur, yang diprakarsai oleh rektor Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa, 6 Februari 2024.

Acara yang digelar di Aula lt.9, Graha Rektorat Universitas Negeri Malang (UM) ini dihadiri oleh Ketua Paguyuban Rektor PTN se Jawa Timur, Prof. Dr. Nur Hasan, M. Kes (Rektor Universitas Negeri Surabaya - UNESA). Dalam sambutannya, Prof. Hasan menekankan pentingnya kerjasama antar PTN/UIN di Jawa Timur, terutama dalam hal kolaborasi riset dengan pendanaan bersama serta upaya-upaya lainnya.

6804_ptkin.jpg

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MENKO PMK), Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P., juga turut hadir dalam acara tersebut. Dalam arahannya, beliau menyoroti peran penting perguruan tinggi dalam mempersiapkan lulusan yang berkualitas, serta betapa esensialnya peran mereka dalam menjaga kedamaian dan kondusivitas kampus menjelang pemilihan umum. Beliau menekankan pentingnya menjaga persatuan di tengah perbedaan politik, agar perbedaan tersebut tidak menjadi pemicu konflik di antara anggota kampus.

 

Pewarta: Rahmata Bella

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
WR II Rapatkan Barisan, Tingkatkan Layanan Bidang AUPK
Abadi Wijaya Selasa, 6 Februari 2024 . in Berita . 243 views
6801_jos.png

HUMAS UIN MALANG - Wakil Rektor II Bidang AUPK Prof. Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M.Si,. CAHRM,.CRMP melakukan kegiatan Sharing sessieon dalam rangka optimalisasi Kinerja Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan di Fakultas Ekonomi. Kegiatan ini dilaksanakan di meeting room lt I gedung Fakultas Ekonomi yang di ikuti oleh Seluruh Pejabat Fakultas Ekonomi Mulai dari Dekan , Wakil Dekan, Kaprodi & Sekprodi s.d Pejabat Teknis dibawahnya. Turut menghadiri Wakil Rektor II Bidang AUPK dalam kegiatan ini diantaranya Fungsinoal Perencanaan Imam Bani Mustolik, Kabag Keuangan, Kabag Umum, Kabag OKH, P3SR. Senin, 15 Januari 2024.

6802_emboh.png

Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda intensif ibu WR II beserta staf AUPK untuk membangun komunikasi intensif terkait tatakelola administrasi & perencanaan keuangan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan arahan terkait tatakelola administrasi dan perencanaan guna mendukung visi dan misi universitas menuju kampus unggul dan bereputasi Internasional.

Lebih Lanjut »
Rakernas 2024: Penasehat DWP Kemenag RI Ajak Optimalkan Potensi untuk Mencapai Kinerja yang Berkualitas
Abadi Wijaya Selasa, 6 Februari 2024 . in Berita . 597 views
6800_6.jpg

HUMAS UIN MALANG - Rarkernas DWP Kemenag RI dibuka secara resmi oleh Penasehat DWP Hj. Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas pada Senin, 5 Februari 2024 bertempat di Gumaya Tower Hotel Semarang. Hadir pada kesempatan Rakernas tahun 2024 kali ini Ketua DWP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bersama seluruh Ketua DWP PTKN, Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi, Ketua DWP UP dan UII.

6794_1.jpg

Penasehat DWP Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas dalam arahannya menyampaikan tema Rakernas Tahun 2024 adalah Optimalisasi Potensi DWP Kemenag RI dalam Mencapai Kinerja yang Berkualitas. Dalam sambutannya, beliau mendorong pengurus dan anggota DWP Kemenag se Indonesia untuk mengasah potensi diri dan potensi organisasi guna peningkatan kinerja yang lebih baik. Mengenai penyusunan program kerja 2024, Eny Retno menyarankan agar menetapkan program kerja yang jelas, terukur dan relevan.

6795_2.jpg


Dalam paparannya, Penasehat DWP Kemenag RI mengatakan, kekuatan organisasi bisa diraih jika kita menetapkan tujuan, visi dan misi yang jelas. “Kalau kita ngga ngerti tujuan, visi dan misi kita maka kita pun jalannya pun asal-asalan,”imbunya.

6796_3.jpg


Selain itu organisasi DWP Kemenag juga akan kuat jika mampu membangun budaya kerja yang sehat. Budaya kerja yang sehat bisa terlaksana jika diantara pengurus, pengurus dengan anggota, serta diantara anggota dengan anggota ada hubungan yang baik, komunikasi yang baik, cara silaturahmi yang baik dan niat yang baik.
Rakernas DWP kali ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen DWP terhadap program kerja Dharma Wanita Persatuan Tahun 2024, menyamakan persepsi dan langkah kerja sehingga seluruh program kerja dapat terlaksana dengan baik. “Organisasi DWP memiliki 6 program yang disesuaikan dengan tujuan, visi, dan misi yaitu program nasional, program sekretaris, program bendahara, program pendidikan, program ekonomi, program sosial, dan program budaya,” ujarnya.

6797_4.jpg


Dikatakan Eny, program kerja nasional terdiri dari program kerja jum’at berkah, santunan anak yatim, fakir miskin, duafa, melaksanakan khataman Al-Qur’an selama bulan Ramadhan, pelatihan sertifikasi halal, sosialisasi moderasi beragama yang bekerja dengan Pokja Moderasi Beragama Kemenag RI, sosialisasi SPAK, pendataan Raudhatul Athfal DWP Kanwil Kemenag Se-Indonesia, sosialisasi program kerja DWP Se-Indonesia, seminar kesehatan, seminar pengelolaan keuangan Negara, pengajian bulanan, memonitoring dan memastikan rekening organisasi DWP di setiap unit.
Yang menarik, saat memaparkan tentang kekuatan DWP Kemenag RI, Eny juga menyampaikan beberapa kiat untuk mengoptimalkan potensi diri melalui organisasi DWP diantaranya mulai menemukan potensi diri, menentukan tujuan, menata niat dan memotivasi diri, memulai dengan hal kecil serta mudah dilakukan, konsisten terhadap apa yang sudah dilakukan, menemukan gaya bekerja serta tak lupa mennghargai pencapaian yang telah diperoleh.

6798_5.jpg


Setelah kita sudah mengetahui cara untuk mengoptimalkan diri, secara otomatis kualitas diri akan mengiringi, tentunya akan berdampak pada kualitas kinerja dalam berorganisasi. Lantas bagaimana pengurus dan aggota DWP Kemenag RI meningkatkan kualitas organisasi melalui menejemen kinerja yang efektif dan efisien? Ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan, misalnya dengan menetapkan tujuan yang jelas, membangun komunikasi yang konstruktif, memberikan training serta pengembangan skill yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, menggunakan teknologi untuk mengembangkan manajemen yang baik, memberikan umpan balik yang teratur baik dalam pelaporan juga evaluasi, serta yang terpenting selalu mengapresiasi para pengurus DWP.
Diakhir arahannya, Eny Retno berharap pengurus DWP melakukan pembenahan di semua titik dalam organisasi, dan melakukan evaluasi dan pembenahan demi peningkatan capaian program kerja.

 

6799_7.jpg

 

Lebih Lanjut »
Rakernas 2024: Menag Minta Perkuat Pelibatan Umat dalam Program Keagamaan
Abadi Wijaya Senin, 5 Februari 2024 . in Berita . 251 views

 

6792_sambutan.jpg

HUMAS UIN MALANG - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya untuk melibatkan masyarakat luas dalam pelaksanaan program pembangunan di bidang agama.
Pesan ini disampaikan Gus Men, panggilan akrabnya, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama 2024. Berlangsung di Semarang, Rakernas mengusung tema "Transformasi Kementerian Agama menuju Indonesia Emas 2045".
Rakernas diikuti 290 peserta yang hadir secara luring di Semarang. Selain itu, ada 10.024 satuan kerja (satker) yang mengikuti pembukaan secara daring. Mereka adalah para Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala Balai/Loka Diklat, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala Madrasah, serta Kepala Kantor Urusan Agama (KUA).
"Pelaksanaan program 2024 agar tidak hanya melibatkan satuan kerja. Kemenag perlu menguatkan pelibatan stakeholders," sebut Gus Men di Semarang, Senin (5/2/2024).
Pelibatan umat penting, kata Gus Men, agar pelaksanaan program lebih efektif, bermanfaat, dan tepat sasaran. Menurutnya, pembangunan bidang agama bukan semata tugas pemerintah, tapi juga masyarakat.
Gus Men mencontohkan aspek peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan. Menag misalnya minta agar para pengelola Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) swasta, tidak hanya negeri, diajak duduk bersama untuk merumuskan langkah dan program strategis memajukan pendidikan.
"Konsolidasi PTKI, negeri dan swasta, sangat penting untuk mendiskusikan bersama upaya peningkatan kualitas pendidikan," sebut Gus Men.
Konsolidasi juga bisa dilakukan Kemenag dengan lembaga-lembaga keagamaan dalam rangka meningkatkan kualitas kerukunan. Menag mengapresiasi adanya kenaikan indeks kerukunan umat beragama dalam tiga tahun terakhir, yaitu: 67,46 (2021), 72,39 (2022), dan 76,02 (2023). Ada tiga dimensi yang dipotret, yaitu: toleransi (74,47), kesetaraan (77,61), dan kerja sama (76,00)
"Meski terus naik, saya yakin, peningkatan kualitas kerukunan akan lebih cepat jika upayanya dilakukan dengan penguatan pelibatan masyarakat," sebut Gus Men.
"Publik bisa memberi masukan berdasarkan yang mereka alami dan pasti akan merasakan hasilnya. Semakin banyak yang terlibat, pelaksanaan kerja juga akan lebih ringan. Tahun ini diharapkan mulai digagas pelibatan umat secara luas," lanjutnya.

Lebih Lanjut »
Rakernas 2024: Gus Men Minta 15 Klaster Lakukan 'Sorogan' Agar Lebih Fokus
Abadi Wijaya Senin, 5 Februari 2024 . in Berita . 228 views
6790_gusmen.jpg


HUMAS UIN MALANG - Menag Yaqut menegaskan bahwa Rakernas 2024 dilakukan secara berbeda. Ada 15 klaster yang telah disiapkan dan masing-masing harus sorogan, memaparkan rencana program kepada Menag. Senin (5/2/2024).
Sebanyak 15 klaster itu terdiri atas 11 klaster Eselon I, klaster Biro Kepegawaian, klaster Biro Ortala, klaster Kanwil Kemenag Provinsi, dan klaster pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).
"Pola sorogan kita terapkan agar lebih fokus. Saya ingin semua dapat bekerja  memberikan pelayanan terbaik kepada umat beragama," tegas Gus Men.
"Kita akan satu persatu mendiskusikan apa yang akan dilakukan di 2024. Hasilnya dituangkan dalam pakta integritas. Ada reward and punishment ketercapaian pelaksanaan program," sambungnya.
Menag berharap, melalui presentasi secara langsung masing-masing Satker dalam Rakernas ini menjadikan rumusan program menjadi lebih baik dan dapat dilaksanakan. Gus Men tidak mau Rakernas hanya sekadar menjadi forum pertemuan dan hasilnya tidak bisa jadi pegangan untuk dijalankan.
"Saya ingin kali ini kita betul-betul serius dalam Rakernas. Karena saya ingin agar legacy yang kita tinggalkan di Kementerian Agama ini benar-benar bisa dirasakan oleh publik. Baik dalam hal layanan keagamaan maupun pendidikan keagamaan," tegasnya.
Tahun 2023, banyak prestasi yang telah diraih. Gus Men minta itu dipertahankan dan ditingkatkan. Transformasi digital juga terus dioptimalkan.
"Prestasi yang didapat, jangan membuat kita berhenti kerja keras dan kerja cerdas. Prestasi jadi pemicu kerja lebih baik lagi," tandasnya.

Lebih Lanjut »
Rakernas 2024: Komisi VIII DPR Apresiasi Tema Rakernas
Abadi Wijaya Senin, 5 Februari 2024 . in Berita . 254 views
6793_dpr.jpg


HUMAS UIN MALANG - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi mengapresiasi tema Rakernas Kemenag 2024. Menurutnya, tema itu menunjukkan kesadaran akan peran krusial Kemenag untuk meningkatkan layanan keagamaan menuju Indonesia Emas 2045. Senin (5/2/2024).
"Indonesia emas adalah visi jangka panjang. Visi ini pentjng bagi kemajuan bangsa. Indonesia emas bertujuan menciptakan masyarakat sejahtera, adil dan berkeadilan, serta negara yang berkontribusi positif di dunia internasional dalam berbagai bidang," ujar Ashabul Kahfi.
Ketua Komisi VIII menyebut sejumlah aspek penting menuju Indonesia Emas 2045 dan peran Kementerian Agama. Pada aspek ekonomi, misalnya, pembangunan bidang agama dapat mendorong kesadaran dan semangat kewirausahaan umat dan internalisasi nilai-nilai kemajuan. "Sehingga, pemahaman keagamaan berdampak pada perilaku sosial," ujarnya.
Pada aspek pendidikan, lanjut Ashabul Kahfi, kiprah Kemenag tidak diragukan. Pendidikan keagamaan terbukti berperan penting dalam pemerataan pendidikan dengan partisipasi luas dari masyarakat.

6791_peserta.jpg


"Negara berkomitmen siapkan akses pendidikan merata, meningkatkan kualitas, serta menghasilkan SDM yang kompeten dan kompetitif," ucapnya.
Pada aspek penguatan infrastruktur dan pelayanan publik, Kemenag berperan dalam meningkatkan kesadaran umat tentang pentingnya pemeliharaan fasilitas publik. Sementara pada aspek keberagaman dan keharmonisan, peran Kemenag sangat penting dan krusial.
"Indonesia emas menekankan pentingnya menjaga keberagaman dan mempromosikan keharmonisan antaretnis, agama, dan budaya sebagai landaan pokok kemajuan bangsa. Tidak mungkin terwujud Indonesia Emas 2045 jika kita terus bertengkar," tandasnya.
Rakernas Kemenag 2024 berlangsung tiga hari, 5 - 7 Februari 2024. Dijadwalkan hadir memberi paparan di antaranya, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinus, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Amich Alhumami, dan Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan Otorita IKN Mia Amalia.

Lebih Lanjut »
Rakernas 2024: Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045
Abadi Wijaya Senin, 5 Februari 2024 . in Berita . 1152 views

 

6789_parisipan.jpg

Mulai hari ini, Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024. Rakernas yang merupakan forum rapat tertinggi ini digelar di Gumaya Tower Semarang, Jawa Tengah pada 5-7 Februari 2024.

Rakernas 2024 mengusung tema “Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045” yang diikuti oleh Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA bersama dengan para pejabat Eselon I dan II, Kanwil Kemenag Provinsi, serta pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Rakernas 2024 ini bertujuan untuk mendorong transformasi birokrasi Kementerian Agama yang profesional, akuntabel, dan transparan. “Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja aparatur birokrasi menuju Indonesia Emas,” ungkap Prof. Zainuddin.

Sekretaris Jenderal Kemenag Prof. Dr.Nizar Ali menyampaikan jika Rakernas kali dapat dijadikan sebagai momentum menuju pelayanan Kementerian Agama yang lebih baik. Rakernas ini menjadi forum strategis untuk mengevaluasi sejumlah capaian kinerja 2023. “Bersamaan itu, pengkajian kembali target Kemenag 2024 berikut strategi pencapaiannya juga akan dibahasa dalam forum penting ini,” paparnya.

Rakernas 2024 sangat strategis karena dua alasan. Pertama, tahun ini merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pada saat yang bersamaan, RPJMN 2020 – 2024 juga merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025. RPJMN 2020-2024 akan mempengaruhi pencapaian target pembangunan dalam RPJPN.
“Kita mencitakan Indonesia dengan tingkat kesejahteraan setara dengan negara-negara berpenghasilan menengah atas yang memiliki kondisi infrastruktur, kualitas sumber daya manusia (SDM), layanan publik, serta kesejahteraan rakyat yang lebih baik,” paparnya.

Sebagai kementerian yang bertugas dalam pembangunan di bidang agama, Kemenag mempunyai peran strategis dalam peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan. Hasil kerja keras itu mulai kentara. “Kualitas lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama makin maju dan kompetitif, bahkan menjadi pilihan utama masyarakat,” harapnya.
Menag secara resmi membuka kegiatan Rakernas dan mendorong digitalisasi secara menyeluruh untuk semua satker. Semangat digitalisi Kementerian Agama terus digelorakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Perubahan tata kelola di Kementerian Agama menjadi tugas penting yang harus diselesaikan di kemenag. Ini tugas yang tidak mudah, apalagi saya menyadari bahwa waktu yang diberikan tidak banyak. Untuk itu, guna mempercepat pelayanan, ia beserta tim kemudian melakukan sebuah gebrakan berupa digitalisasi layanan. “Digitalisasi semua layanan di Kementerian Agama menjadi pilihan utama guna meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola birokrasi yang lebih baik,” tutupnya.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Tambah 1 Guru Besar Baru di Awal 2024
Abadi Wijaya Senin, 5 Februari 2024 . in Berita . 585 views
6787_sk-gubes.jpg


HUMAS UIN MALANG – Lagi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di awal tahun 2024 ini terus berupaya memperkuat institusinya di kancah nasional maupun internasinal melalui bertambahnya jumlah guru besarnya. Kali ini Prof. Dr. Muassomah M.Si., M.Pd. mendapatkan SK guru besarnya di bidang Ilmu Bahasa Arab. Sabtu, 3 Februari 2024.
Humas UIN Maliki Malang kali ini berkesempatan menyaksikan langsung proses penyerahan SK Guru besar yang diberikan kepada Prof. Dr. Muassomah M.Si., M.Pd., salah satu dosen di Fakultas Humaniora pada acara yang berlangsung di gedung Rektorat Lt.4 UIN Walisongo Semarang, Prof. Muassomah menerima Surat Keputusan (SK) Guru Besarnya di Bidang Ilmu Bahasa Arab. SK Guru Besar ini diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdani.
Pemberian SK Guru Besar ini tidak hanya diterima oleh Prof. Dr. Muassomah, tetapi juga oleh 32 dosen lainnya dari berbagai perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag. Dirjen Pendis, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdani, menyampaikan bahwa ini merupakan pemberian SK Guru Besar terakhir secara langsung oleh Kementerian Agama RI, sesuai dengan penerapan aturan baru mengenai mekanisme penyerahan SK Guru Besar.

6788_dsds.jpg


"Dengan penuh bangga, kami memberikan penghargaan ini kepada para dosen yang telah memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan," ujar Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdani dalam sambutannya.
Prof. Dr. Muassomah M.Si., M.Pd. tidak sendirian dalam momen bersejarah ini. Beliau didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj Umi Sumbulah, M.Ag., serta putra pertamanya. Prof. Dr. Muassomah mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Bapak Rektor, para wakil rektor dan seluruh warga kampus yang telah memberikan dukungan penuh selama perjalanan karirnya hingga mencapai puncak karir tertingginya yaitu gelar guru besar di bidang ilmu Bahasa Arab. “Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas semua dukungan yang telah diberikan,” ungkapnya.
Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tetapi juga memperkuat posisi lembaga pendidikan tersebut dalam menghasilkan para akademisi yang berkompeten dan berkualitas. Prof. Dr. Muassomah M.Si., M.Pd. diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di masa mendatang, khusunya di bidang ilmu Bahasa Arab.
Sebelumnya di akhir tahun 2023, juga sudah ada dua dosen UIN Maliki Malang yang menerima SK guru besar yaitu Prof. Dr. Abdul Malik Amrullah dan Prof. Dr. Abbas Arfan, sehingga besar kemungkinan ketiga guru besar baru ini akan dikukuhkan secara bersamaan.

Lebih Lanjut »
Kepala Biro AAKK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Ajak Satker Bersiap Sambut Pemeriksaan Keuangan BPK dan Mendorong Perdamaian Dunia
Abadi Wijaya Senin, 5 Februari 2024 . in Berita . 286 views
6786_das.jpg

HUMAS UIN MALANG - Pagi ini, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, memimpin kegiatan apel di lingkungan kampus. Dalam arahannya, Senin (5/2), beliau mengajak seluruh satuan kerja (satker) untuk bekerja dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. Senin, 5 Februari 2024.
Mengingat pentingnya kesiapan institusi, Kepala Biro AAKK juga memberitahu bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan pemeriksaan keuangan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 9 Februari mendatang. Oleh karena itu, beliau menekankan agar segala kebutuhan dokumen di setiap satker harus dipersiapkan dengan baik guna memastikan kelancaran proses pemeriksaan.

6785_fdsf.jpg


Tidak hanya sebatas urusan internal kampus, Kepala Biro AAKK juga menyampaikan hasil kegiatan Annual International Conference Islamic Studies (AICIS) beberapa hari yang lalu di UIN Walisongo Semarang. Dalam AICIS tersebut, cendikiawan muslim dunia berkumpul untuk membahas masalah perdamaian dunia. Beliau menyoroti kondisi global yang tengah sulit, terutama perang antara Ukraina dan Rusia, serta konflik antara Israel dan Palestina yang telah mengorbankan puluhan ribu jiwa.
"Kita tidak bisa memandang masa depan dengan ringan, melihat kondisi dunia saat ini. Perang dan konflik menjadi ancaman serius terhadap perdamaian global. Oleh karena itu, melalui AICIS, kita mengajak seluruh cendikiawan di masing-masing perguruan tinggi untuk bersama-sama mereformulasikan konsep kehidupan damai di masa yang akan datang," ungkap Kepala Biro AAKK.
Dengan adanya forum AICIS yang dihelat setiap tahun, diharapkan para cendikiawan dapat memberikan kontribusi positif untuk mengatasi tantangan global dan mempromosikan nilai-nilai perdamaian dalam lingkup masyarakat dunia. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari upaya tersebut dan menjalankan peran strategisnya dalam mendidik generasi yang peduli akan perdamaian dunia.

 

 

APEL PAGI KARO AAKK SIAPKAN DOKUMEN PEMERIKSAAN BPK https://www.youtube.com/watch?v=476hXkwT3pA

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up