Daftar Kategori: Berita


20 Tahun Arsitektur UIN Malang: We Unite, We Grow!
Abadi Wijaya Kamis, 15 Februari 2024 . in Berita . 271 views
6824_arsitek.jpg
KOMPAK: Tim Fakultas Arsitektur UIN Malang pose bersama.

HUMAS UIN MALANG - Pada tanggal 23 Januari 2024, Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 dengan penuh semangat dan antusiasme. Perayaan yang diberi tema "We Unite, We Grow" ini menjadi momentum penting bagi seluruh keluarga besar Arsitektur UIN Malang untuk meningkatkan kesatuan, keharmonisan, dan bersama-sama mencapai kesuksesan di masa depan.

Sejak bulan November 2023, Prodi Teknik Arsitektur telah menggelar berbagai kegiatan menyambut Dies Natalis ke-20, seperti ARCHIGAME, ARCHITALK, dan NGONTUR. Dan kini, pada tanggal 19 - 23 Februari 2024, mengadakan serangkaian acara lanjutan untuk menyambut acara puncak perayaan 20th Arsitektur UIN Malang.

Dalam sepekan penuh ini, berbagai acara menarik digelar, mulai dari talkshow, workshop, pengajian, hingga "Architecture Gathering and Awarding" sebagai acara utama. Pameran yang dibuka untuk umum di koridor Lt. 4 Prodi Teknik Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi menjadi sorotan utama, menampilkan karya-karya mahasiswa dan alumni Arsitektur UIN Malang. Tidak hanya itu, stand dari vendor dan sponsor turut menyemarakkan acara ini.

Partisipasi semua elemen keluarga besar Arsitektur UIN Malang menjadi kunci sukses perayaan ini. Dosen, staff, mahasiswa, dan alumni turut berperan serta, saling berbagi ilmu dan pengalaman. Sinergi yang terbangun diharapkan dapat memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang. Harapan besar terletak pada kelanjutan kerjasama seperti ini, tidak hanya pada momen perayaan ulang tahun ke-20, namun juga untuk masa depan yang lebih gemilang bagi Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang.

Perayaan ulang tahun ke-20 Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang tidak hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat ikatan antara semua pihak yang terlibat. Kebersamaan dalam merayakan pencapaian ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi pengembangan Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang ke arah yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, banyak kegiatan yang dilakukan selama perayaan ini tidak hanya berfokus pada hiburan semata, tetapi juga pada pengembangan diri dan profesionalisme. Workshop, talkshow, dan pengajian menjadi wadah bagi para mahasiswa, dosen, staff, dan alumni untuk terus belajar, berbagi, dan menginspirasi satu sama lain.

Pameran karya menjadi salah satu highlight dari perayaan ini, yang tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan bakat dan kreativitas, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun hubungan dengan masyarakat umum serta industri terkait. Melalui karya-karya yang dipamerkan, Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang dapat memperlihatkan kontribusinya dalam dunia arsitektur dan desain.

Tak hanya itu, kehadiran vendor dan sponsor dalam acara ini juga menunjukkan dukungan dan kepercayaan dari pihak eksternal terhadap pengembangan Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang. Sinergi antara internal dan eksternal diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya mencapai visi dan misi Prodi tersebut.

Dengan semangat dan antusiasme yang terus berkobar, perayaan ulang tahun ke-20 Prodi Teknik Arsitektur UIN Malang tidak hanya menjadi tonggak bersejarah, tetapi juga momentum untuk terus maju dan berkembang menjadi prodi yang unggul dan cemerlang di masa depan. Semua pihak yang terlibat diharapkan dapat terus bersinergi dan bekerja sama menuju pencapaian visi bersama yang lebih besar lagi.

Lebih Lanjut »
UIN Maliki Malang Jalin Silaturahim dan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Guru MGBK MA Kabupaten Malang
Abadi Wijaya Kamis, 15 Februari 2024 . in Berita . 250 views
6821_sosialisasi.jpg
Wakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah M.Ag saat memberikan sambutan kepada para guru MGBK di ruang pertemuan gedung Rektorat Lt.3.

HUMAS UIN MALANG - Pagi ini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang membuka pintunya untuk menjamu 40 guru Madrasah Aliyah yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) dari wilayah Kabupaten Malang. Kehadiran para guru MGBK disambut hangat oleh tim Admisi, Biro AAKK, Ketua Admisi, dan tim Bidang Akademik Universitas. Acara yang berlangsung pada Kamis, 15 Februari 2024, ini menjadi momen penting dalam menjalin hubungan yang baik antara universitas dan para pendidik di daerah.

6823_peserta.png


Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menjalin silaturahim, tetapi juga sebagai wadah sosialisasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kepada MGBK MA Kabupaten Malang. Ketua MGBK Kabupaten Malang, Ibu Diah, menyampaikan harapannya bahwa informasi yang diberikan tentang PMB akan membantu persiapan kelulusan siswa-siswi mereka dan mendorong minat mereka untuk melanjutkan pendidikan di UIN Maliki Malang.
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, mengungkapkan agendanya dalam memberikan pengarahan kepada dosen-dosen di berbagai fakultas menjelang dimulainya perkuliahan semester genap. Beliau juga menyampaikan upaya universitas dalam menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut calon mahasiswa baru, termasuk penyelesaian mahad di kampus 3 agar dapat dimanfaatkan.

6822_samperin.jpg


Prof. Umi Sumbulah juga memberikan penjelasan mengenai program studi yang ada di semua fakultas, termasuk penambahan empat program studi Teknik kepada para peserta undangan yang hadir. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang kemajuan program studi yang sedang mengajukan proses akreditasi internasional yang akan di visitasi tahun ini, sambil berdoa semoga kampus ini dapat meraih akreditasi internasional.
Dalam konteks prestasi, peringkat webometrics UIN Maliki Malang menempati peringkat pertama di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi kampus untuk menjadi perguruan tinggi Islam unggul dengan reputasi internasional. Prof. Umi Sumbulah menekankan bahwa pencapaian ini mencerminkan komitmen UIN Maliki Malang dalam meraih keunggulan dan reputasi di tingkat internasional.

6825_assas.jpg


Dengan semangat yang menggelora, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang terus berupaya memberikan yang terbaik dalam pendidikan Islam berkualitas, serta menjadi pusat keunggulan akademik yang diperhitungkan di tingkat nasional dan internasional. Semoga kerja keras dan komitmen universitas ini dapat memberikan manfaat besar bagi pendidikan dan kemajuan masyarakat Indonesia.

Lebih Lanjut »
Tim BPK RI Selesaikan Audit Keuangan di UIN Malang
Abadi Wijaya Rabu, 14 Februari 2024 . in Berita . 167 views
6849_opem.jpg
INTEGRITAS: Wakil Rektor II menerima berkas hasil audit dari BPK saat closing entry meeting di ruang Rektor. Selasa, 13 Februari 2024.


HUMAS UIN MALANG - Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia yang terdiri dari Ketua sub tim 7 Dadang Arifin dan anggotanya yaitu Rio Anggoro Murti, M. Fajar Akbar Ramadhan, Dina Ekawati, dan Enggar Hestu Nugroho telah menyelesaikan proses audit keuangan di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Proses pemeriksaan ini berlangsung selama dua hari, yang meliputi penelusuran serapan anggaran, pemanfaatan dana, dampak, serta hasil laporan keuangan.

Salah satu anggota tim BPK menegaskan pentingnya peran lembaga ini yang didasarkan pada amanat UUD 1945, pasal 23E, yang menegaskan kemandirian dan kebebasannya dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Sebagai lembaga negara, BPK memiliki wewenang untuk memeriksa pengelolaan dana publik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta lembaga negara lainnya.

6850_asad.jpg


Jika dalam pemeriksaannya BPK menemukan indikasi tindak pidana, lembaga ini berkewajiban untuk melaporkannya kepada instansi yang berwenang dalam waktu satu bulan sejak penemuan tersebut. Tindakan ini dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan untuk memulai penyidikan lebih lanjut.
Sementara itu, dalam pertemuan entry meeting ini, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (AUPK) UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si, SAHRM, CRMP, menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim Satuan Pemeriksa Internal (SPI) UIN Maliki Malang, Tim Keuangan dan juga seluruh pimpinan yang tetap semangat mengikuti closing entry meeting BPK hingga pukul 23.00 WIB. Begitu juga terima kasih kepada tim BPK RI atas bantuannya dalam mengawal dan memberikan masukan untuk perbaikan manajemen keuangan di UIN Malang.

6851_asas.jpg


Prof. Ilfi Nur Diana juga menekankan pentingnya integritas dan pengabdian tinggi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjaga marwah lembaga dan mematuhi aturan yang berlaku. Dia menegaskan bahwa pemahaman terhadap peraturan adalah kunci dalam menjalankan organisasi, karena ketidakpahaman akan aturan dapat merugikan negara dan rakyat.
Proses audit ini diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di UIN Malang serta mendorong pengelolaan dana publik yang lebih baik dan bertanggung jawab.

Lebih Lanjut »
Bangun Paradigma Baru Hadapi Revolusi Industri 4.0
Abadi Wijaya Senin, 12 Februari 2024 . in Berita . 383 views

 

6819_rek.png

HUMAS UIN MALANG - Pagi ini, Senin (12/2/2024) Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang memulai semester genap tahun akademik 2023/2024 dengan langkah yang berani dan inspiratif. Upaya ini ditandai dengan penyelenggaraan acara Laporan Kinerja Semester Ganjil dan Koordinasi Perkuliahan Semester Genap yang berlangsung meriah di Ruang Teater Fakultas Humaniora, Lantai 3.
Kehadiran langsung Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag., menambah warna dan semangat dalam acara ini.

6820_vc.jpg


Dalam sambutannya, Prof. Zainuddin menyoroti peran dosen sebagai salah satu pilar kunci dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 dan era digitalisasi. Dia menekankan perlunya adaptasi dan inovasi dalam pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten tetapi juga kompetitif di pasar kerja yang terus berubah.
Dengan angka yang mengejutkan, Prof. Zainuddin memaparkan dampak Revolusi Industri 4.0 yang diprediksi akan menciptakan 97 juta pekerjaan baru pada tahun 2025, menggantikan 85 juta pekerjaan lama. Untuk itu, universitas harus memastikan bahwa profil lulusannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Berbicara tentang visi pendidikan yang diinginkan, Prof. Zainuddin menggarisbawahi empat kompetensi utama yang harus dimiliki lulusan Fakultas Humaniora: kedalaman spiritual, moral, intelektual, dan profesional. Menurutnya, proses pembelajaran haruslah kreatif dan kontekstual, sesuai dengan prinsip Learning to know, Learning to do, Learning to be, dan Learning to live together yang digagas oleh UNESCO.
Namun, tantangan tidak hanya terletak pada menghasilkan lulusan yang berkualitas, tetapi juga dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran itu sendiri. Prof. Zainuddin menegaskan perlunya penggunaan berbagai metode dan teknologi pembelajaran, seperti learning management system (LMS), e-learning, blended learning, dan hybrid learning, untuk meningkatkan fleksibilitas dan efektivitas dalam pendidikan.
Tidak hanya mengajarkan materi secara komprehensif, Prof. Zainuddin juga menekankan pentingnya pengembangan kompetensi inti keilmuan dan soft skill bagi para dosen. Kreativitas, kemampuan berpikir kritis, komunikasi yang baik, dan kolaborasi efektif dengan mahasiswa menjadi hal-hal yang tak boleh absen.
Dalam mengakhiri sambutannya, Rektor menyerukan komitmen dan tanggung jawab penuh dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi serta menjaga amanah dengan semangat dan dedikasi yang tinggi. "Mari kita fokus pada peningkatan kualitas pendidikan," katanya dengan penuh semangat.
Acara ini tidak hanya menandai awal semester genap, tetapi juga menjadi titik awal bagi Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk membangun paradigma baru dalam menghadapi perubahan zaman dan tantangan global yang semakin kompleks.
Dengan semangat baru dan komitmen yang kokoh, Fakultas Humaniora siap melangkah ke depan, menjadi garda terdepan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing dalam era Revolusi Industri 4.0.

Lebih Lanjut »
Wakil Rektor IV: Bersatu Demi Keberhasilan Kampus
Abadi Wijaya Senin, 12 Februari 2024 . in Berita . 499 views
6817_asas.jpg


HUMAS UIN MALANG - Pada pagi ini, Senin (12/2/2024) suasana di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dipenuhi semangat dan kekompakan saat pelaksanaan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag. Dalam kesempatan apel kali ini, Dr. Isroqunnajah menegaskan pentingnya kerjasama dari setiap satuan kerja (satker) di kampus ini.

6818_sadf.jpg


"Keberhasilan kampus ini sangat ditentukan oleh kerjasama dari masing-masing satker," tegas Dr. Isroqunnajah. "Tidak ada kata lain selain ucapan terima kasih dan semoga Allah membalas kebaikan bapak ibu semuanya dengan pahala dan kebaikan yang setimpal." doanya.
Beliau juga menekankan bahwa setiap tugas pokok memiliki kepentingannya masing-masing. "Semua tugas pokok menjadi penting, tidak ada yang lebih atau kurang penting. Semua saling terkait dan dibutuhkan kekompakan satu sama lain agar kampus ini bisa mewujudkan impian kita menjadi kampus yang unggul dan bereputasi internasional," tambahnya.
Selain itu, Dr. Isroqunnajah juga menyampaikan pesan penting mengenai proses pemilihan umum yang akan segera dilakukan oleh rakyat Indonesia. "Semoga proses pemilu tahun ini berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, serta hindari perpecahan atau masalah antar golongan yang dapat mengancam keutuhan bangsa," ujarnya.
"Tidak peduli siapa pun presiden yang terpilih nantinya, itu merupakan pilihan dari Allah SWT yang terbaik untuk kita semua. Mari kita doakan agar pemimpin yang terpilih dapat membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat," lanjutnya.
Dr. Isroqunnajah juga berharap agar para pimpinan dan seluruh civitas akademika di kampus ini senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.
Apel pagi ini tidak hanya menjadi momentum untuk menguatkan kebersamaan dan semangat, tetapi juga untuk mengingatkan pentingnya kerjasama dalam mencapai cita-cita bersama. Semoga semangat dan semakin meningkatnya kerjasama ini membawa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menuju kesuksesan yang gemilang.

Lebih Lanjut »
CARDION 2024 | Ratusan Peserta Bersaing Raih Gelar Juara Olimpiade Tingkat Internasional
Abadi Wijaya Minggu, 11 Februari 2024 . in Berita . 1325 views
6813_cardion.jpg

HUMAS UIN MALANG | Setelah melewati beberapa tahapan perlombaan olimpiade, Acara CARDION 2024 yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang akhirnya sampai ke tahap semi final (11/2).

Kegiatan CARDION 2024 ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan ini termasuk ke dalam salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Studi Pendidikan Dokter UIN Malang. Olimpiade tingkat Internasional ini ditujukan untuk siswa tingkat SMA dan MA.

6814_cardion.jpg

Sebelum masuk ke semi final ini sebanyak 30 tim, 2 perlombaan, yakni Olimpiade dan Poster, telah melewati serangkaian proses. Pada 2024 kali ini jumlah total peserta adalah sebanyak 738 peserta olimpiade dan 174 peserta lomba poster.

6815_cardion.jpg

Sekretaris Prodi Pendidikan Dokter UIN Malang, Yossi Indra Kusuma, S.Ked., M.Med., Ed, mengucapkan rasa syukur atas nikmat Allah SWT sehingga dapat bertemu secara langsung dan berlomba di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (Kampus 2 UIN Malang). Beliau juga mengucapkan selamat kepada semi finalis dan mengapresiasi para peserta yang telah berjuang untuk memperebutkan juara pada perlombaan ini.

"Menjadi juara adalah bonus, tapi yang terpenting adalah keberanian untuk mengikuti lomba dan mendapat pengalaman dan ilmu berharga pada kegiatan ini," ujarnya.

Kaprodi Pendidikan Dokter, dr. Tias Pramesti griyana, M.Biomed, juga menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan sejak 2017. Adanya kegiatan ini adalah untuk mewadahi eksistensi siswa untuk berkarya.

6816_cardion.jpg

"CARDION 2024 ini juga merupakan momen bagi kita untuk memperkenalkan prodi Pendidikan Dokter kampus kita kepada sekolah-sekolah," ungkapnya saat sesi wawancara.

Selaku ketua pelaksana kegiatan CARDION, Rafi, juga tidak lupa menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi ajang bagi siswa untuk bisa lebih tertarik terhadap ilmu dan olimpiade. Ini sangat penting karena dapat mengasah kemampuan, meningkatkan minat dalam berkompetisi.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi momen untuk semakin dikenalnya kampus UIN Malang sebagai universitas yang bereputasi internasional.

 

Reporter & Fotografer: Rizki Ramadhani Pratama

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Entry Meeting Badan Pemeriksa Keuangan RI Bersama Jajaran Pimpinan UIN Malang
Jajang Ogi Wisono Sabtu, 10 Februari 2024 . in Berita . 306 views
6809_bpk1.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam rangka pemeriksaan atas laporan keuangan Kementerian Agama RI Tahun 2023, Badan Pemeriksaan Keuangan RI melaksanak tugas tersebut termasuk di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Entry Meeting untuk memulai pemeriksaan ini dilaksanakan pada hari Jumat, (9/2/2024), di Ruang Pertemuan Rektor UIN Malang.

6810_bpk2.jpg

Dalam Entry Meeting tersebut, BPK RI dipimpin oleh Ibu Elisa Setijowati selaku Pengendali Teknis, Bapak Dadang Arifin selaku Ketua Sub Tim, bersama dengan 3 anggota Tim.

Ibu Elisa, menjelaskan bahwa Entry Meeting mempunyai makna yang sangat penting untuk dilaksanakan sebagai pemenuhan standar pemeriksaan BPK. Sebab dalam Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN), diantaranya mewajibkan pemeriksa BPK dapat membangun komunikasi yang efisien dan efektif dalam seluruh proses pemeriksaan, sehingga pemeriksaan berjalan dengan lancar. "Penugasan yang panjang dengan jumlah satker kemenag yang banyak sehingga penjadwalan sangat ketat. Waktu pemeriksaan kami sampai hari Selasa dan kami pasti meninggalkan catatan dan pada saat pemeriksaan harap komunikasi aktif sehingga prosedur dapat berjalan dengan maksimal. Temuan pemeriksaan BPK bukan merupakan aib maupun bentuk keburukan, namun hal tersebut adalah sebuah bentuk kepedulian BPK untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik dan kemudian menjadi area of improvement yang tentunya bermanfaat bagi kita semua." Tutur beliau.

6811_bpk3.jpg

Entry Meeting ini disambut hangat oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, beserta seluruh Wakil Rektor, dan para pimpinan lainnya. "UIN Malang dalam pengendalian akademik maupun kelembagaan kita juga mempunyai Satuan Pengawas Internal (SPI) guna mengevaluasi baik di Fakultas maupun Lembaga. Dan secara akademik juga sudah ada ISO, untuk eksternal juga ada KAP. Harapannya hanya tinggal konfirmasi. Kita sudah komitmen good and clean, bahkan urusan-urusan yang lalu kita selesaikan. Rakernas Kemenag di Semarang, seluruh satker baik Kakanwil, PTKN, Eselon 1 sampai 3 berkomitmen penuh untuk Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kita juga menandatangani Pakta Integritas termasuk penyerapan 70 persen bisa diimplementasikan sampai bulan Juli 2024." Jelas bapak Rektor. Prof. Zainuddin juga menambahkan bahwa Irjen telah datang ke UIN Malang 18 kali selama setahun, dan UIN Malang sudah on the track.

6812_bpk4.jpg

Tak lupa Prof. Zainuddin mengucapkan terimakasih kepada BPK RI atas kedatangannya dan mohon arahan untuk evaluasi bersama. Setelah kegiatan Entry Meeting berlangsung, BPK RI melanjutkan kegiatan Audit hingga tanggal 13 Februari 2024. Para pimpinan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yakin telah pada jalur yang benar demi menuju tujuan kampus Unggul Bereputasi Internasional. (jj)

Lebih Lanjut »
Awal Perkuliahan, WR I Dorong Pencapaian IKU
Abadi Wijaya Rabu, 7 Februari 2024 . in Berita . 270 views

 

6807_pengarahan.jpg

HUMAS UIN MALANG - Mengawali perkuliahan semester genap, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Hj. Umi Sumbulah, M.Ag memberikan pengarahan kepada para dosen yang berlangsung di Auditorium Saintek UIN Maliki Malang, Rabu 7 Februari 2024.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Prof Dr. Sri Harini, M.Si ini menjadi momentum penting dalam menyamakan persepsi dan strategi agar proses pendidikan berbasis integrasi learning di kampus ini bisa tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

6808_pesertaaa.jpg

Dalam pengarahan yang disampaikan oleh WR 1, terungkap bahwa UIN Maliki Malang telah mencapai tahap keempat dalam roadmapnya. Tidak hanya itu, penjelasan tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi dosen juga turut disampaikan. Upaya besar telah dilakukan untuk mencapai reputasi internasional, termasuk persiapan untuk proses akreditasi internasional yang diharapkan akan segera mengunjungi kampus ini.

Selain itu, beberapa program akademik penting akan dimulai tahun ini, mulai dari pemutakhiran kurikulum dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) hingga penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Peningkatan publikasi ilmiah, penulisan buku, sertifikasi editor, dan pengembangan Magister Bidang Keahlian Minat (MBKM) juga menjadi fokus yang akan segera ditindaklanjuti. "Oleh sebab itu, seluruh tim pendidik di UIN Maliki Malang harus terus berupaya meningkatkan mutu SDM nya," pesannya tegas.

Namun, tidak hanya soal akademik, keselamatan dan kenyamanan di lingkungan kampus juga menjadi perhatian serius. Dalam upaya menciptakan ruang aman dan bebas dari kekerasan seksual serta intoleransi, setiap fakultas akan mengundang Ketua Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) untuk mensosialisasikan peraturan perundang-undangan tentang pencegahan kekerasan seksual. "Hal ini penting saya sampaikan agar bisa mendapatkan perhatian yang serius," paparnya.

Pengarahan awal ini tidak hanya menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas akademik, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam menciptakan lingkungan kampus yang inklusif dan aman bagi seluruh civitas akademika. "Itu menjadi harapan kita bersama tentunya," pungkasnya.

Lebih Lanjut »
Menag Minta Pimpinan Satker Tandatangan Pakta Integritas dan Harus Dilaksanakan
Abadi Wijaya Rabu, 7 Februari 2024 . in Berita . 331 views
6805_hayo.jpg

HUMAS UIN MALANG - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh pimpinan satuan kerja Kementerian Agama (Kemenag) menandatangani Pakta Integritas. Hal ini menjadi momen puncak pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag 2024.

"Semua pimpinan Unit Eselon I menandatangani Pakta Integritas untuk membuat program yang berdampak luas bagi masyarakat. Saya minta ini harus dilaksanakan," tegas Menag Yaqut Cholil Qoumas di Semarang, Selasa (6/2/2024).

6806_janji.jpg

"Salah satu poin dalam Pakta Integritas itu adalah Bapak dan Ibu siap untuk dicopot dari jabatan bila tidak mampu melaksanakan program yang berdampak luas pada masyarakat dalam sembilan bulan ke depan," imbuhnya.

Menag menuturkan, program-program yang tercantum dalam Pakta Integritas tersebut merupakan hasil dari diskusi yang dilaksanakan sepanjang Rakernas Kemenag 2024. Gus Men menambahkan, hal ini diambil untuk memastikan jajarannya dapat meninggalkan legacy yang berdampak luas pada masyarakat.

"Saya kasih waktu sampai sembilan bulan ke depan. Jadi per tiga bulan akan kita evaluasi, jalan apa belum. Kalau tidak jalan, akan ada treatment untuk para pejabat eselon satu," tuturnya.

Menurut Gus Men, setiap unit eselon I memiliki program kerja yang telah disepakati. Hal ini selanjutnya akan dilaksanakan hingga daerah oleh Kanwil Kemenag, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, hingga Balai ataupun Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"Program kerjanya sendiri banyak hal. Salah satunya, kalau di Ditjen Pendidikan Islam kita ingin memacu supaya tiga juta anak madrasah itu paham tentang numerik, maka kita masukan program GASING. Kalau di Bimas Islam ada program BKM (Badan Kesejahteraan Masjid) yang berperan dalam urusan kemasjidan dan keumatan, dan sebagainya," tuturnya.

Ia optimistis seluruh jajarannya dapat melaksanakan berbagai program tersebut. "Saya yakin akan terselesaikan tepat waktu. Ini sudah didiskusikan selam 15 jam nonstop, saya yakin bisa terselesaikan karena ukurannya juga kita buat, step by step-nya, roadmap-nya, timeline-nya," ujar Gus Men.

"Saya optimistis ini sangat dapat tercapai, dan ini akan menjadi sejarah baru bagi Kementerian Agama," tandasnya.

Humas

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up