Daftar Penulis: Iffatunnida


KKM 2020: SOSIALISASI IZIN PRODUK RUMAH TANGGA
Selasa, 4 Februari 2020 . in Berita . 609 views
2609_jamu.jpg

GEMA-Tempat KKM UIN Mengabdi 2020 kelompok 165 di Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang dikenal sebagai pengolah Tanaman Obat Keluarga (Toga). Ia merupakan jenis tanaman kaya khasiat yang mudah dibudidayakan karena tidak membutuhkan lahan luas dan proses tanam yang ribet. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk beragam produk makanan maupun minuman.
Di Desa Karangrejo, Tanaman Toga diolah menjadi jamu tradisional. Mayoritas masyarakatnya bermatapencaharian sebagai penjual jamu gendong, jamu ekstrak, hingga permen tanaman Toga. Karena itu, pengurus desa setempat sedang mencanangkan pembangunan Desa Wisata Edukasi Jamu yang bisa menjadi salah satu pilihan wisata di Kabupaten Malang.
Namun sayangnya, produk-produk olahan di desa itu tak banyak dikenal lantaran belum dipasarkan secara luas. Salah satu yang menjadi kendala ialah karena produknya belum memiliki izin usaha juga sertifikat halal.
Maka, kelompok 165 KKM UIN Mengabdi pun mengadakan Penyuluhan Kewirausahaan. Acara tersebut difokuskan pada informasi pengurusan perizinan Produk Industri Rumah Tangga, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikat halal.
Peserta KKM mengundang Lila Ardina, Ketua Asosiasi UMKM Sejahtera Kabupaten Malang. Ia memberikan banyak informasi kepada pelaku usaha rumahan di Desa Karangrejo terkait pengembangan bisnis. Pihaknya pun bersedia memberikan pendampingan lanjutan kepada ibu-ibu di desa tersebut agar produk dapat dijual di pasar yang lebih luas. “Tentu dengan begitu, ibu-ibu akan lebih semangat berwirausaha,” imbuhnya. (*/nd)

Pewarta: Tsania Utsma Tausih – Peserta KKM UIN Mengabdi 2020 Jurusan PAI

Lebih Lanjut »
KKM 2020: PILAH-PILIH SAMPAH JADI UANG
Senin, 3 Februari 2020 . in Berita . 500 views
2604_kkm186.jpg

GEMA-Selama beberapa saat menjalani Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Mengabdi 2020 di Desa Petungsewu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, peserta KKM kelompok 186 menemukan masalah utama di area tersebut. Banyaknya sampah yang tidak dikelola dengan benar, menjadi masalah yang berlarut-larut.
Bekerjasama dengan Ibu PKK RT 9 di desa tersebut, ke-15 mahasiswa peserta KKM mengajak warga untuk mengelola Bank Sampah (22/1). Halaman belakang rumah salah satu pengurus PKK dijadikan pusat pemilahan dan penimbangan sampah. Sampah dipilah sesuai materialnya. Seperti sampah plastik, kaca, botol, dan seng. Hasil timbangan ditulis dalam buku untuk menemukan nominal yang tepat.
Yeni, Ketua PKK RT 9 menyatakan sampah yang sudah ditampung akan disetor pada pengepul sampah setiap dua minggu sekali. Uang yang terkumpul nantinya akan ditabung dan diambil di akhir tahun.
Lamsri, salah satu warga menuturkan memang banyak sekali sampah di lingkungannya yang tidak terurus. “Saya sendiri mengumpulkan sampah di belakang rumah tapi tidak tahu mau dikemanakan, akhirnya nimbun banyak,” tuturnya. Dengan program Bank Sampah ini, ia jadi tahu bagaimana memilah-milih sampah dan menukarkannya dengan fresh money. (*/nd)

Pewarta: Nur Avni Aulia – Peserta KKM UIN Mengabdi 2020 Jurusan Perbankan Syariah

Lebih Lanjut »
KKM 2020: MEMBATIK IKAT CELUP BERSAMA SISWA MI
Jumat, 24 Januari 2020 . in Berita . 704 views
2596_batikkm.jpg

GEMA-Kelompok 133 KKM UIN Malang mengabdi menutup kegiatannya dengan program kerja unggulan berupa pelatihan membatik ikat celup. Pelatihan ini diikuti siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah. Bertempat di MI Nurul Ulum Desa Karanganyar, kelompok KKM ini mengisi pelajaran membatik untuk kelas 6, Jumat (24/1).
Nuzul Fikriyyah, salah satu pengajar MI, merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan tersebut. “Kebetulan saya sedang mencari pengajar batik dan ternyata mahasiswa KKM UIN Malang juga memiliki proker ini,” ungkapnya sumringah.
Batik ikat celup sendiri memiliki tingkat kesulitan yang cukup bisa diatasi untuk anak seusia SD/MI. Proses membuatnya pun hanya membutuhkan bahan dan alat sederhana. Yaitu kain putih polos, karet gelang, dan pewarna.
Fahma Febriyanti, salah satu mahasiswa KKM, menjelaskan bahwa kesulitan memberikan pelatihan bagi anak usia MI tidak terlalu sulit. Jika berbicara pada anak-anak harus menggunakan bahasa santun dan mudah dipahami. “Senang sekali mendapat pengalaman baru membatik dan langsung terjun memberikan pelatihan seperti ini,” ungkap mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab tersebut. (aqa/nd)

Pewarta: Alfiyah Qurrotu Ayunina - Peserta KKM Jurusan PIAUD

Lebih Lanjut »
KKM 2020: LIBATKAN ORANG TUA DALAM BELAJAR
Rabu, 22 Januari 2020 . in Berita . 800 views
2593_kkm133.jpg

GEMA-Mengajar di Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal adalah salah satu program kerja kelompok 133 KKM UIN Mengabdi 2020. Walau merupakan program kerja, mahasiswa tetap beraktivitas di sekolah yang dituju sesuai rekomendasi dan arahan perangkat Desa Karanganyar.
Kegiatan belajar mengajar pada umumnya hanya melibatkan peserta didik dalam kegiatan di kelas. Namun, PAUD PKK Al-Mubarok di desa tersebut memberi kesempatan orang tua untuk mendampingi putra-putrinya di dalam kelas seminggu sekali, Rabu (8/1).
Yunita, salah satu guru menjelaskan bahwa kegiatan pelibatan orang tua atau biasa disebut dengan kelas parenting ini diharapkan dapat merekatkan hubungan orang tua dengan anak. Sehingga pembelajaran yang diberikan di sekolah akan berkesinambungan.
Meski begitu, ia menjelaskan tidak semua orang tua bisa hadir dalam kegiatan khusus tersebut. Banyak siswa yang orang tuanya harus bekerja di jam sekolah sehingga tidak mungkin mendampingi anaknya. “Karena itu pihak sekolah memberikan kelonggaran bagi siswa dengan kondisi seperti itu untuk diwakilkan anggota keluarga lainnya,” tutur guru kelas A tersebut. (aqa/nd)

Pewarta: Alfiyah Qurrotu A’yunina – Peserta KKM Jurusan PIAUD

Lebih Lanjut »
JANGAN MENGELUH, TUNJUKKAN KINERJA
Jumat, 10 Januari 2020 . in Berita . 2123 views
2588_subag.jpg


GEMA-Sebelum melaksanakan Salat Jumat, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. melantik 21 Pejabat Struktural Eselon III dan IV, Jumat (10/1). Sejumlah pejabat yang dimutasi dan mendapat promosi ini ditempatkan di kantor pusat dan juga beberapa fakultas. Para wakil rektor, dekan dan wakilnya, serta kabiro menyaksikan pelantikan di Lobi Gedung Rektorat lt.1.
Pasca mengambil ikrar pejabat, rektor menyatakan bahwa mutasi dan promosi pejabat di lingkungan kampus adalah hal yang wajar. Penempatan ini dilakukan setelah adanya evaluasi sehingga diketahui titik-titik yang perlu diisi. "Kita lakukan ini demi institusi kita agar tetap hidup," imbuhnya.
Selain itu, pergantian struktural juga dilakukan karena kepedulian pihak kampus terhadap tenaga kependidikan. Setiap orang yang bekerja di UIN Malang pasti diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dan profesionalitasnya. "Kalau suatu saat merasa ingin mengajar, tentu akan kami beri kesempatan jadi dosen. Tapi tentu Bapak Ibu harus ingat bahwa ada tugas utama yang lebih penting," papar Prof. Haris.
Kesempatan yang besar, lanjutnya, juga terbuka jika tenaga kependidikan ingin melanjutkan studinya. Pihak kampus tidak akan menutup peluang tersebut karena hal itu juga demi kemajuan institusi. "Sekali lagi ingat, setelah studi jangan malah menghilang, harus kembali lagi ke UIN Malang," tegas rektor kelahiran Lamongan ini.
Pasca promosi jabatan, rektor berharap agar ke-21 pejabat struktural ini dapat membantu unit yang ditempati agar lebih tertib. Ia tidak ingin para pejabat hanya bisa mengeluh jika menghadapi kerjaan yang menumpuk. "Daripada mengeluh, tunjukkan dengan kinerja dan prestasi. Itu namanya kerja lillahi ta'ala," tutupnya.
Para pejabat yang dimutasi dan mendapat promosi ialah Hilmi SH. (Kabag Umum), Fathul Qorib, S.Ag. (Kabag Kerjasama & Pengembangan Lembaga), Iwan Sugiarto, MM. (Kabag Kemahasiswaan & Alumni), Nur Farida, S.Psi. (Kabag Tata Usaha FITK), A. Zubairi, MH. (Kabag Tata Usaha Fakultas Syariah), Hanik Tasnida, MM. (Kabag Keuangan & Akuntansi), Imam Ahmad, M.Ag. (Kabag Akademik), M. Abror, S.Si. (Kasubbag Layanan Akademik Bagian Akademik), Hamdani, SE. (Kasubbag Pelaksana Anggaran & Perbendaharaan), Sutikno, MM. (Kasubbag Perencanaan, Akuntansi, & Keuangan Fakultas Humaniora), Herli Antoni, S.Ag. (Kasubbag Perencanaan, Akuntansi, & Keuangan Fakultas Ekonomi), Aribowo Utomo, SE. (Kasubbag Evaluasi & Pelaporan Program & Anggaran), Lilis Hidayati, SE. (Kasubbag Perencanaan, Akuntansi, & Keuangan FITK), Syaiful Anam, S.AP. (Kasubbag Rumah Tangga), Zaenal Arifin, S.AP. (Kasubbag Administrasi Umum FE), M. Fatkhul Ulum, S.Pd.I. (Kasubbag Humas, Dokumentasi, & Publikasi), Amin Prasojo, S.Ag. (Kasubbag Tata Usaha LPM), Drs. Miftachul Huda (Kasubbag Kerjasama & Pengembangan Lembaga), M. Abu Hasan Azzuhri, SE. (Kasubbag Administrasi Umum Fakultas Sains dan Teknologi), Fitria Amalia Dewi, S.Pd. (Kasubbag Perencanaan, Akuntansi, & Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi), dan Dra. Luluk Khoirun Nisa, M.Si. (Kasubbag Administrasi Akademik). (nd)

Lebih Lanjut »
UIN MART WADAH BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
Jumat, 10 Januari 2020 . in Berita . 732 views
2595_uinmart.jpg

GEMA-Agenda rutin Khotmil Quran pekan ini berbeda. Rektor sekaligus menggabungkan dengan kegiatan Banjari dan diikuti dengan acara utama, peresmian UIN Mart, Jumat (10/1). Berlokasi di sebelah timur Masjid At Tarbiyah, UIN Mart merupakan gagasan baru Unit Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rektor Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. mengapresiasi inisiatif unit yang diketuai Dr. Sulalah itu. Selain menjadi lahan bisnis yang menambah pendapatan kampus, UIN Mart juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat belajar kewirausahaan mahasiswa UIN Malang. “Saya ingin agar UIN Mart juga dijadikan tempat praktik mahasiswa kita,” lanjutnya.
Dengan begitu, lanjut Prof. Haris, mahasiswa memenuhi ciri profil mahasiswa kampus berlogo ulul albab. “Yaitu mahasiswa yang mampu berdakwah dengan bidang keilmuannya dan yang mampu berwirausaha,” papar rektor kelahiran Lamongan tersebut. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
KKM 2020: LANSIA JUGA PERLU DIPANTAU
Sabtu, 4 Januari 2020 . in Berita . 1524 views
2586_kkmposy.jpg

 

GEMA-Kebanyakan Posyandu lebih fokus pada pemantauan Ibu dan balita. Namun, di Desa Gedog Kulon, Kecamatan Turen berbeda. Posyandu juga memberi pelayanan maksimal kepada orang lanjut usia (lansia). Karena menjadi salah satu jujugan lokasi UIN Mengabdi, kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 83 turut serta membantu perangkat desa dan pengurus Posyandu setempat untuk melayani warga, Jumat (3/12).
Posyandu Balita bertempat di kantor desa sedangkan Posyandu Lansia bertempat di dua lokasi, yakni RW 04 dan RW 05. Pembagian dua lokasi ini karena menurut data desa jumlah Lansia sangat banyak. Posyandu Lansia dibuka lebih awal. Pasalnya, banyak warga lansia yang masih aktif beraktivitas di sawah. Untuk mengantisipasi jumlah kunjungan yang tidak sesuai target, maka Posyandu dibuka pukul 07.00 WIB.
Waktu pelayanan Posyandu Lansia tidak sesingkat Posyandu Ibu hamil dan Balita. Ia dibuka hingga sore hari karena masih banyak warga lansia yang berangkat ke sawah sebelum pukul 07.00 WIB dan baru pulang saat memasuki waktu Salat Zuhur. Hanya saja, mulai siang hingga sore, warga lansia yang ingin memeriksa kesehatan datang langsung ke rumah kepala desa. Tidak di Posyandu.
Bidan Posyandu Desa Gedog Kulon, Vinda menuturkan, pihak desa sangat memperhatikan kegiatan Posyandu Lansia. Urgensinya sama tinggi dengan Posyandu Balita karena angka kematian akibat penyakit yang lambat terdiagnosa. Posyandu Lansia rutin diadakan sebulan sekali untuk mengontrol kesehatan bayi dan lansia.
Dengan terdiagnosanya penyakit sejak dini, anggota keluarga dapat memperhatikan asupan para lansia. Sehingga kesehatan mereka dapat terpantau. Posyandu bagi lansia memberikan berbagai pelayanan. Seperti pengukuran berat badan dan tekanan darah. "Dua halnini sangat mempengaruhi kesehatan para orang lansia," tutur Vinda.
Beberapa lansia yang memiliki tekanan darah sangat tinggi akan diberikan obat oleh bidan. Jika dalam beberapa hari penyakit tersebut belum menunjukkan perkembangan positif, maka mereka akan diperiksa di Poli Kesehatan Desa untuk ditangani lebih lanjut. Selepas itu, para lansia juga diberi makanan ringan gratis. (*/nd)
Sumber: Nuril Qomariyah - Peserta KKM Jurusan Fisika

Lebih Lanjut »
PEJABAT BARU, TANTANGAN BARU
Sabtu, 28 Desember 2019 . in Berita . 1283 views
2578_lantik.jpg

GEMA-Beberapa pejabat baru dilantik rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Ruang Rektor, Gedung Rektorat lt. 1, Jumat (27/12). Pelantikan disaksikan secara langsung oleh para wakil rektor, dekan, dan direktur Pascasarjana. Penunjukan pejabat yang terdiri dari ketua dan sekretaris prodi ini menurut rektor sebagai bentuk efektivitas kepemimpinan. Mereka pun diharapkan dapat membawa prodinya semakin maju dan sesuai dengan visi-misi kampus.
Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. mengingatkan bahwa zaman semakin maju yang berarti tantangan semakin beragam. "Tantangan sekarang ini benar-benar luar biasa," imbuhnya. Ia mencontohkan tantangan di wilayah perpustakaan. Di masa mendatang, tidak akan banyak orang yang mengunjungi perpustakaan.
Pasalnya, lanjut Prof. Haris, akses internet yang makin luas memungkinkan orang untuk mendapatkan sumber buku dari dunia maya. Dimungkinkan juga, ruang perpustakaan tidak akan sebesar sekarang dan akan mengalami pengecilan. "Karena semua orang hanya butuh akses daring dan semua buku fisik akan bertransformasi menjadi e-book," jelasnya. Untuk menghadapi ini, pihak kampus berharap agar pimpinan baru Unit Perpustakaan Pusat semakin siaga dan selalu up-to-date.
Mufid, M.Hum (Kepala Perpustakaan Pusat), Dr. Iin Tri Rahayu (Kaprodi Magister Psikologi), Dr. Abdul Malik Setiawan, M. Infect., Dis (Kaprodi Profesi Dokter), Dr. Zaenul Mahmudi, MA (Kaprodi Magister Al Ahwal Al Syakhsiyah), Nita Siti Mudawamah, M.IP (Sekprodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi), Farid Samsu Hananto, MT (Sekprodi Jurusan Fisika), Iwal Reza Ahdi (Sekprodi Profesi Dokter), Dr. Mohammad Mahpur, M.Si (Sekprodi Magister Psikologi), dr. Ana Rahmawati (Sekprodi Pendidikan Dokter), R. Cecep Lukman Yasin, MA., Ph.D. (Sekprodi Magister Al Ahwal Al Syakhsiyah). (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
KKM: ATUR NIAT DAN JALANI PROSES DENGAN BAIK
Jumat, 27 Desember 2019 . in Berita . 571 views
2577_kkmniat.jpg

GEMA- Mengingat program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) ialah program wajib UIN Malang, Ketua Unit LP2M, Dr. Tutik Hamidah tak ingin mahasiswa menjalankannya sekadar menggugurkan kewajiban. Maka, pada pelepasan kegiatan yang dihelat di Lapangan Utama tersebut, ia meminta seluruh peserta KKM untuk kembali mengatur niat, Jumat (27/12).
Menurutnya, ini terkait dengan ajaran Nabi saw. bahwa niat adalah pondasi terpenting dalam melakukan segala hal. "Niatkan untuk berbagi dan membantu masyarakat agar yang kalian lakukan mulia," tutur Ibu berkacamata tersebut.
Selanjutnya, masih kata Tutik, niat yang mulia harus diikuti dengan realisasi atau kerja nyata. "Jalani semua proses KKM dengan baik," pesannya. Niat dan proses harus beriringan agar selaras dengan program KKM yang telah dirancang bersama anggota kelompoknya.
Tak hanya itu, pihak kampus pun berharap agar mahasiswa UIN Malang menjaga nama baik almamater selama pelaksanaan KKM 2020. Mahasiswa harus ingat bahwa mereka tidak hanya membawa nama kampus, namun juga membawa identitas Islam sebagai agama mereka. "Jaga dan perhatikan akhlak kalian selama di tempat KKM," tegasnya.
KKM periode ini dilaksanakan hingga 27 Januari 2020 di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Jumlah desa tempat pelaksanaannya ialah 188. Menurut data Unit LP2M, jumlah mahasiswa peserta KKM yang diberangkatkan ialah 2973. Ada beberapa tugas utama yang harus dilakukan yakni program peta rintisan dakwah, program religiusitas, program seni, program usaha ekonomi kreatif dan wisata, serta program lingkungan hidup.
Ketua Unit LP2M juga menambahkan bahwa sesuai amanah gubernur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menitipkan program Brantas Tuntas. Program ini ditujukan untuk merubah imej Sungai Brantas yang tercatat sebagai salah satu sungai terkotor di Indonesia. Program Brantas Tuntas meliputi pembersihan, penghijauan, dan edukasi masyarakat sekitar sungai. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up