Daftar Penulis: Iffatunnida


HOBI INI BAWA ARJA KE MANCANEGARA
Kamis, 3 Oktober 2019 . in Berita . 651 views
2419_arja.jpg

GEMA-Muhammad Sahni Arja, salah satu mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Malang menjadi perwakilan Indonesia dalam Elite Academy Qatar Debate di Doha, Qatar. Acara ini diselenggarakan seminggu (20-27/9).
Arja mengatakan, lebih dari 388 peserta mengikuti seleksi dari berbagai negara. Namun, hanya 40 peserta yang terpilih untuk mengikuti acara ini. “Dari Asia Tenggara hanya ada dua negara, Indonesia dan Thailand. Saya satu-satunya yang mewakili Indonesia,” tutur mahasiswa asal Rokan Hilir, Riau tersebut.
Ia melanjutkan, acara tersebut ditujukan untuk melatih debator muda untuk menjadi duta debat Bahasa Arab di negara masing-masing. “Dengan menjadi duta, kami bisa menyebarkan Bahasa Arab melalui metode tersebut,” paparnya.
Kiprahnya di dunia debat tidak dapat diragukan. Ia menyukai Bahasa Arab sejak belajar di pondok pesantren hingga akhirnya tertarik mengikuti debat Bahasa Arab. Arja pun memiliki banyak pengalaman perlombaan di bidang ini. “Saya mulai dengan ikut lomba debat di sekolah hingga sekarang bisa ke luar negeri,” kisahnya.
Tak ingin jemawa, ia mencoba selalu menyebarkan semangat dan motivasi ke teman sesama mahasiswa. Menekuni hobi adalah hal yang Arja tekankan. “Selagi masih berstatus mahasiswa jangan pernah berhenti mencari peluang dan tekuni hobi yang kamu rasa adalah passion-mu,” tutur mahasiswa angkatan 2015 ini. (nba/nd)

Reporter: Nabila

Lebih Lanjut »
JANGAN LUPA TASHIH YANG BELUM TUNTAS
Selasa, 1 Oktober 2019 . in Berita . 1644 views
2418_tashih.jpg

GEMA-Tashih Quran menjadi salah satu program Pusat Ma’had al Jami’ah (PMJ) yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru UIN Malang. Program ini menarget mahasiswa agar dapat membaca al Quran sesuai tajwid dan makharijul huruf. Kegiatan itu diasuh oleh mushahih (penguji) yang telah ditunjuk oleh PMJ. Idealnya, mahasiswa selama masih tinggal di Ma’had harus meng-khatam-kan 30 juz al Quran.
Namun, jika masih ada yang belum menyelesaikan kewajibannya setelah keluar dari Ma’had, maka ia tidak serta-merta bebas tanggung jawab. Bagi mahasiswa yang belum khatam, ia tetap wajib melanjutkan Tashih Quran di tahun kedua dan seterusnya. Hal ini karena program PMJ terintegrasi dengan pendidikan di universitas.
Mahasiswa yang belum memiliki syahadah (ijazah) khatam Tashih Quran, maka ia tidak dapat memrogram mata kuliah keagamaan di kampus. Jika tidak memrogram mata kuliah rumpun keagamaan tersebut, maka otomatis mereka tidak dapat mengikuti ujian seminar proposal sebagai salah satu syarat wisuda.
Menurut pantauan reporter Gema, hingga saat ini, masih banyak mahasiswa tingkat atas yang berusaha menyelesaikan kewajibannya tersebut. Mereka bisa langsung menemui mushahih yang selalu ada di tempat yang ditetapkan PMJ. Yakni, di Masjid at Tarbiyah bagi mahasiswa dan Masjid Ulul Albab bagi mahasiswi. Tashih Quran dapat dilakukan pada hari aktif perkuliahan dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. (fri/nd)

Reporter: Fajar Rinaldi

Lebih Lanjut »
PANGGUNG SEDERHANA AKUSTIK PEMBUKA EF
Selasa, 1 Oktober 2019 . in Berita . 687 views
2417_ef.jpg

GEMA-English Festival (EF) merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim.Tahun ini beberapa rangkaian acara turut memeriahkan EF. Lomba Akustik menjadi salah satu lomba pembuka sebelum acara puncak EF. Lomba yang dilaksanakan di depan Fakultas Humaniora tersebut dimulai pukul 10.50 WIB dengan panggung seadanya, Minggu (29/9).
Juri acara ini adalah Bustomil Karim dan Nibras Filianto, mahasiswa semester 5 Fakultas Ekonomi. Pemenang Lomba Akustik ini akan diumumkan pada puncak acara (6/10). Acara ini bertema Be Brave to Fight Your Fears and Be a Superhero of Your Talent dan diikuti oleh 10 tim yang merupakan mahasiswa semester 1 dan 3.
"Dengan adanya acara ini saya berharap sebagai mahasiswa baru bisa lebih mengenal satu sama lain dan solidaritasnya lebih kuat lagi," papar Rian, salah satu peserta.
Perlombaan kali ini cukup meriah. Banyak suporter dari setiap tim hadir untuk memberi dukungan. Penampilan yang dibawakan setiap tim pun sangat memuaskan.
"Saya senang sekali bisa mengikuti acara ini karena lagu yang mereka bawakan sangat kekinian, yah walaupun saya hanya sebagai suporter," ujar Nihaya, mahasiswa semester 1. Dengan lagu-lagu yang kekinian mahasiswa semakin antusias meramaikan acara tersebut. (zan/nd)

Reporter: Izzatun Nabila

Lebih Lanjut »
PIAUD KENALKAN PRAMUKA PRA-SIAGA
Senin, 30 September 2019 . in Berita . 1216 views
2415_pramuka.jpg

GEMA-Sebanyak 80 mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mengikuti pelatihan singkat Pramuka Pra Siaga, Minggu (29/9). Kegiatan yang bertempat di Hotel Selecta Batu selama dua hari ini mendatangkan Kwartir Cabang (Kwarcab) Malang untuk mengenalkan hasil peresmian seusai upacara Hari Pramuka (14/8) di Cibubur lalu.
UIN Malang menjadi pionir dalam mengkampanyekan pra siaga ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka (Pusdiklat) Malang, Wage Munawwar. "Sejatinya, mendidik anak agar memiliki karakter yang baik harus dimulai seawal mungkin. Saya harap, Pramuka ini menjadi usaha dari keinginan tersebut," tuturnya penuh harap.
Pramuka pra siaga bukanlah sebuah jenjang atau tingkatan dari Gerakan Pramuka. Melainkan sebagai upaya pengenalan nilai-nilai kepramukaan untuk anak-anak usia 3 sampai 7 tahun. Pelatihan sedini ini ditujukan agar dapat menumbuhkan keberanian secara alami yang kemudian dapat menjadi karakter unggul. (aqa/nd)

Reporter: Alfiyah Qurrotu Ayunina

Lebih Lanjut »
KAMPUS ULUL ALBAB PILIH MAHASISWA BERPRESTASI
Senin, 30 September 2019 . in Berita . 1172 views
2459_mawapres.jpg

GEMA-Tahun ini merupakan tahun kedua pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Lebih dari 100 mahasiswa ikut berpartisipasi, namun hanya lima orang yang berhasil masuk ke grand final. Acara ini diadakan di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Minggu (29/9).
Mawapres kali ini bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa di bidang akademik maupun non-akademik. Maka diangkatlah tema Peran Vital Pemuda dalam Mewujudkan Persatuan Bangsa. Pemilihan Mawapres didasarkan pada prestasi dan skill yang dimiliki selain juga kecantikan fisik.
Nurulitasari Budi Utami, Ketua Pelaksana Mawapres menyatakan bahwa ada yang berbeda di tahun ini. Tahun sebelumnya, Mawapres dan Duta Kampus diseleksi terpisah. “Tahun ini Mawapres juga sekaligus menjadi Duta Kampus UIN Malang,” tuturnya.
Keluar sebagai pemenang Mawapres 2019 ialah Ihda Filzafatin Habibah (Jurusan Pendidikan Bahasa Arab) dan Tegar Dhananjaya Widyoyoko (Jurusan Psikologi). Ihda mengatakan dalam perjalanan ke grand final banyak seleksi yang harus dihadapi. “Di setiap babak seleksinya semakin susah,” papar mahasiswi semester tiga tersebut. Tidak hanya itu Duta UIN Malang memiliki ciri khas sendiri, yaitu bisa membaca kitab kuning, mengaji, dan paham tentang kampus. “Yang penting kita percaya diri aja menghadapi lawan-lawan kita,” pesannya. (lf/nd)

Reporter: Lailatul Fajriyah

Lebih Lanjut »
GENBI UIN MALANG BENTUK TAMAN BACA
Senin, 23 September 2019 . in Berita . 1438 views
2409_genbi1.jpg

GEMA-Tidak berhenti dengan program BI Corner, Bank Indonesia wilayah Malang bersama Generasi Baru Indonesia (GenBI) Koordinator Komisariat (Komkor) Malang terus menggalakkan kegiatan sosial pendidikan. Asisten Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan (FK3) BI wilayah Malang Ratu Umairoh Balqis meresmikan taman baca yang dibentuk GenBI di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Merjosari, Minggu (22/9). Program kerja yang diprakarsai GenBI Komisariat UIN Malang ini merupakan yang kedua, setelah taman baca on the road di Alun-Alun Kota Malang.
Dengan adanya taman baca, kata Balqis, program BI dapat bermanfaat bagi masyrakat sekitar wilayah kerja. “Sebelumnya kita mengadakan GenBI Mengajar untuk anak-anak jalanan,” ujarnya. Kegiatan ini, didukung dana program sosial Bank Indonesia wilayah Malang. Selain bermanfaat untuk masyarakat, diharapkan program seperti ini bisa meningkatkan softskill penerima beasiswa BI. Rencananya, akan diadakan kembali taman baca on the road berlokasi di car free day Malang.

2410_genbi2.jpg


Ketua pelaksana Abdul Haris Ubaydillah menjelaskan taman baca ini bertema Let’s Read, Be Smart! untuk memotivasi anak-anak panti asuhan agar lebih giat belajar. Hal senada disampaikan Ketua GenBI Korkom Malang Rizki Kurniawan. “Harapannya kita bisa mengadakan kegiatan berkelanjutan di sini, seperti mengajar,” tutur Rizki. Pihak pengurus panti, Ustad Qori berencana membuka taman baca ini untuk warga sekitar. “Tidak hanya digunakan oleh anggota panti asuhan, namun juga bisa dinikmati warga,” jelasnya.
Acara peresmian dimeriahkan dengan beberapa penampilan dari anak-anak panti asuhan, seperti al banjari, tari garuda, juga musikalisasi hadis. Selain itu, GenBI juga mengadakan praktik membuat buket snack. Tidak berhenti disitu, BI wilayah Malang memanfaatkan momen ini untuk edukasi uang rupiah dan tugas-tugas Bank Indonesia melalui video dan game edukatif. Lira Anggraini, salah satu anggota panti asuhan mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. “Tempat ini memang biasa kita pakai belajar, tapi sekarang lebih nyaman,” ujar siswi kelas delapan tersebut. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

Lebih Lanjut »
URUS JURNAL: PROSES HINGGA AKHIR
Kamis, 12 September 2019 . in Berita . 551 views
2382_sala2.jpg

GEMA-Dalam Workshop Peningkatan Kualitas Pengelola Jurnal yang dilaksanakan di Kota Salatiga, panitia khusus mengundang Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., Editor In-Chief IJIMS (Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies) IAIN Salatiga, Rabu (11/9). Dalam sesinya, ia menjabarkan sejarah jurnal yang dikelolanya hingga bisa mendapatkan capaian yang memuaskan.
Pria yang baru dilantik sebagai rektor IAIN Salatiga ini memaklumi jika ada yang patah semangat di tengah mengelola jurnal. “Berarti kurang sabar,” kelakarnya. Ia menambahkan, tidak semua orang memiliki niat dan nyali mengelola jurnal. “Makanya ada istilah ORIGINAL yaitu orang gila jurnal,” imbuhnya.
Istilah ini muncul karena mengelola jurnal akan menguras waktu, energi, serta pikiran pengelola hingga mengalami stres. “Proses mengelola jurnal memang begitu, namun tidak ada yang benar-benar peduli proses yang melelahkan itu,” ujarnya.
Pasalnya, menurut Prof. Zaki, yang dilihat pihak kampus dan para penulis adalah hasil akhir. Hal tersebut cukup bisa dimaklumi pula karena keberadaan jurnal bereputasi tentu akan mengangkat martabat institusi dan juga nilai artikel yang dimuat.

2384_ijims-2019-2.jpg


Walau proses yang ditempuh panjang, lanjutnya, ia tidak ingin para pengelola jurnal terlalu nyantai. “Proses kok gak ada akhirnya,” lugas rektor dari kampus yang memiliki 15.007 mahasiswa ini. Ia berpesan agar proses yang ditempuh untuk mengembangkan suatu jurnal harus disertai dengan target. Contohnya, dalam dua tahun sudah harus terindeks Scopus.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua LP2M Dr. Tutik Hamidah melaporkan kondisi jurnal di UIN Malang. Menurut catatan lembaganya, total jurnal aktif di Kampus Ulul Albab adalah 34. “Namun hanya 17 yang sudah terindeks Sinta,” jelasnya. Kondisi ini tentu membuat pihaknya semakin getol dalam membuat forum dan membimbing para pengelola jurnal agar semangat dalam memperbaiki kualitas jurnalnya. (nd)

Lebih Lanjut »
EVALUASI PENGELOLA JURNAL DI LINGKUNGAN UIN MALANG
Kamis, 12 September 2019 . in Berita . 448 views
2381_sala1.jpg

GEMA-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang membawa 40 pengurus jurnal ke Kota Salatiga untuk belajar. Kegiatan studi banding di Hotel Le Beringin ini bekerjasama dengan pengelola IJIMS (Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies) IAIN Salatiga (11-13/9). Selama tiga hari, para pengelola diminta untuk mengevaluasi jurnalnya.

2383_ijims-2019.jpg

Tutik Hamidah Ketua LP2M membuka secara langsung kegiatan ini. "Kampus kita sudah besar, namun tidak lengkap ketika belum memiliki jurnal yang terindeks Scopus," ungkapnya penuh harap. Kegiatan peningkatan kualitas ini memang menjadi media bagi para pengelola jurnal untuk berbenah diri. Rencananya program ini akan dilanjutkan dengan monitoring berkala pasca pelatihan di Salatiga ini.
senada dengan itu, Ernaning Setyowati, Ketua Panitia Peningkatan Kualitas Pengelola Jurnal menyatakan, pihaknya ingin agar pengurus memiliki pengetahuan yang sama dalam pengelolaan jurnal. Pasalnya, tidak semua pengurus paham tata kelola jurnal. Apalagi sejak beralih menjadi Open Journal System (OJS). “Nanti bagi yang belum ber-OJS, akan dikelompokkan tersendiri dan diajari mulai dasar,” tuturnya.
Bagi jurnal yang telah menganut sistem tersebut, masih kata Erna, panitia akan memberi pendalaman materi agar sistem tersebut dipraktikkan 100%. Pengelompokan workshop ditujukan agar target dan sasaran yang diinginkan LP2M sebagai penyelenggara tercapai. (nd/nhl)

Lebih Lanjut »
FAKULTAS SYARIAH PUNYA 2 PROFESOR BARU
Selasa, 10 September 2019 . in Berita . 648 views
2379_gubes3.jpg

GEMA-Setelah pengukuhan Prof. Dr. Mufidah Ch., M.Ag. pada November 2018, tahun ini Fakultas Syariah kembali memiliki dua guru besar baru. Keduanya ialah Prof. Dr. Mohamad Nur Yasin, SH., M.Ag. (Bidang Ilmu Hukum Ekonomi Syariah) dan Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. (Bidang Ilmu Studi Islam). Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengukuhkan dua profesor ini dalam rapat senat di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Selasa (10/9).
Pengukuhan guru besar tentu menjadi pencapaian positif bagi kampus, lebih khusus bagi sivitas akademik fakultas tempat mereka bernaung. Dengan bertambahnya guru besar di UIN Malang, maka keberadaannya sebagai universitas akan semakin kuat. Artinya, dari segi keilmuan pun, UIN Malang menunjukkan keragamannya.
Dalam rapat senat tersebut, kedua profesor diberi waktu untuk menyampaikan orasi ilmiah. Prof. Yasin menyampaikan orasi yang diberi judul “Rekonstruksi Norma Ekonomi Syariah di Indonesia Perspektif Transisi Hukum HLA. Hart”. Sedangkan Prof. Umi menyampaikan “Perempuan dan Keluarga: Radikalisasi dan Kontra Radikalisme di Indonesia”. Keduanya pun mengakhiri orasi dengan ucapan terima kasih bagi keluarga dan kolega masing-masing. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up