Daftar Penulis: Iffatunnida


KERJA NYATA, JANGAN CUMA SLOGAN
Rabu, 9 September 2020 . in Berita . 465 views
2935_dem.jpg

GEMA-Seluruh pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilantik oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Isroqunnajah, Selasa (8/9). Pelantikan yang bertempat di Aula Gedung Rektorat lt. 5 ini juga dihadiri rektor dan para wakilnya, serta beberapa pejabat kampus. Acara juga disiarkan secara daring melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube resmi UIN Malang.
Pasca pelantikan, Rektor Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. mengatakan bahwa masa aktif pengurus perwakilan mahasiswa ini hanya sekitar empat bulan. Pasalnya, pada Januari 2021, kepengurusan akan diperbaharui lagi melalui pemilihan umum. Rektor juga berpesan agar DEMA memanfaatkan waktu singkat ini untuk melaksanakan program kerja yang menganut asas kebermanfaatan bagi seluruh mahasiswa di kampus berlogo Ulul Albab ini.
Program kerja yang disusun, masih kata Prof. Haris, harus menyesuaikan situasi pandemi yang sedang terjadi di Indonesia. “Karena itu, buat kegiatan yang efektif dan efisien sesuai dengan anggaran yang ada,” jelasnya. Tak hanya itu, ia pun menekankan agar seluruh program yang direncanakan terealisasi dengan maksimal dan nyata. “Jangan cuma sekadar meneriakkan slogan dengan keras tapi tidak ada hasil,” tegasnya. (nd)

Lebih Lanjut »
REKTOR: CARA UIN MALANG MENGABDI PADA ALLAH
Jumat, 4 September 2020 . in Berita . 464 views
2931_khot.jpg
PROF. Dr. Abd. Haris, M.Ag., Rektor UIN Malang, saat memberikan wejangan pasca pelaksanaan Istighosah dan Khotmil Quran daring.

GEMA-Setiap Jumat, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. selalu mengajak sivitas akademik untuk mengikuti Istighosah maupun Khotmil Quran. Namun, di masa lockdown sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan rektor pada (31/8), maka kegiatan rutin mingguan itupun dilaksanakan secara daring, Jumat (4/9). Pasca pembacaan Quran dan sholawat, ia pun menyampaikan beberapa hal di antaranya mengenai pengabdian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kepada Sang Pencipta, Allah swt.
Di jalur pendidikan, tugas utama kampus ialah membekali mahasiswa dengan ilmu sesuai bidang yang dipilih. Ilmu yang diberikan pastinya ditujukan untuk pengembangan generasi Muslim di masa depan. Agar nantinya, pemuda Muslim dapat berkontribusi nyata dimanapun. “Karena itu, UIN Malang ingin membuka beberapa program studi baru untuk mendalami sains milik Allah yang sudah tertulis dalam al Quran,” papar Prof. Haris.
Menurutnya, sudah menjadi kewajiban Muslim untuk membuktikan bahwa ilmu apapun bersumber dari Kitab Allah swt. Ini sekaligus menunjukkan bahwa Islam hadir sebagai rahmat bagi seluruh alam. Selain belajar, Muslim pun berkewajiban berdoa untuk meminta petunjuk dari Allah. “Tujuan kita meminta petunjuk ialah agar kita mantap karena hati manusia sering terbolak-balik,” jelasnya. Selain itu, meminta petunjuk Allah tentu dimaksudkan agar manusia selalu selamat di kehidupan dunia dan akhirat.
Kegiatan Istighosah maupun Khotmil Quran ini pertama kalinya dilakukan secara daring. Rektor menginisiasi hal ini agar aturan physical distancing yang dicanangkan pemerintah tetap berjalan. Prof. Haris cukup terkejut pasalnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini lebih banyak dari biasanya. “Kalau begitu selanjutnya kita adakan dengan cara seperti ini saja ya selain offline,” ujarnya. (nd)

Lebih Lanjut »
AGAR TIDAK GAGAL STUDI, SIAPKAN DARI AWAL
Rabu, 2 September 2020 . in Berita . 948 views
2929_pasc.jpg

GEMA-Menghindari banyaknya mahasiswa yang telat lulus atau bahkan berakhir drop out, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. pun menyampaikan beberapa hal. Dalam Orientasi Program Studi Pascasarjana yang dilaksanakan secara daring, ia meminta mahasiswa baru (maba) untuk mulai menata niat dan merencanakan segalanya sejak awal studi, Rabu (2/9).
Ia melihat bahwa banyak mahasiswa yang sering terhambat di tahap akhir perkuliahan. Yakni tahap penyusunan tugas akhir seperti tesis bagi mahasiswa magister dan disertasi bagi program doktor. Banyaknya proses yang harus dilakukan membuat banyak mahasiswa Pascasarjana kehilangan semangat dan lupa akan niat studinya.
Prof. Haris menegaskan agar tidak ada mahasiswa yang gagal studinya di tahapan manapun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia meminta kepada seluruh maba Pascasarjana UIN Malang semester ganjil untuk mempersiapkan pra syarat kelulusan sejak dini. Hal ini bisa dilakukan dengan mulai mencari bidang dan tema yang ingin diteliti untuk tesis dan disertasinya. Dengan persiapan lebih awal, maka mahasiswa tidak akan kelelahan di akhir karena tanggungan yang menumpuk. “Tidak boleh ada yang gagal studi, itu dosa besar tak hanya bagi dosen tapi juga bagi mahasiswanya,” lugas rektor kelahiran Lamongan itu.

2930_pasc1.jpg


Ia pun berpesan kepada jajaran dosen di Pascasarjana untuk meluangkan waktu bagi mahasiswa. Terutama yang berkaitan dengan penyusunan tugas akhir. Dosen bertugas mengarahkan mahasiswa untuk merencanakan dan melakukan riset dengan tepat. “Saya yakin, semua kendala akan teratasi kalau semuanya sama-sama bergerak,” ujar Prof. Haris.
Selain dilakukan secara daring, orientasi tersebut juga dihadiri beberapa perwakilan maba Pascasarjana di Kampus 2 UIN Malang. Jajaran dosen juga menghadiri orientasi tersebut, termasuk para kepala prodi. Direktur Pascasarjana UIN Malang Prof. Dr. Umi Sumbulah dan rektor secara simbolis memakaikan jas almamater kampus kepada dua perwakilan maba. (nd)

Lebih Lanjut »
REKTOR: PAHAMI DAN PRAKTIKKAN
Selasa, 1 September 2020 . in Berita . 375 views
2928_rekk.jpg

GEMA-Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag., Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberi wejangan kepada para dosen yang mengikuti Webinar Cara Mudah Menulis Artikel di Jurnal Nasional dan Bereputasi Internasional, Senin (31/8). Acara daring ini dihelat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Menurut rektor, hal pertama yang harus dilakukan ialah memahami teori tata cara penulisan artikel yang sesuai dengan bidangnya. “Setelah memahami, wajib bagi dosen untuk mempraktikkan langsung dengan mulai menulis karya ilmiah,” tegasnya.
Ia menambahkan, satu hal lagi yang harus dimiliki penulis/dosen yakni sikap sabar. Proses panjang dalam menulis artikel seringkali membuat si penulis hilang kesabaran dan akhirnya menyerah di tengah prosesnya. Belum lagi jika harus menanti kabar dari jurnal yang dituju. “Para dosen sering merasa down atau kecewa dan akhirnya putus asa ketika artikelnya ditolak di jurnal terakreditasi Scopus atau sejenisnya,” ujar Prof. Haris.
Untuk itulah ia mendukung LP2M dalam menghelat webinar bertema penulisan karya ilmiah. Ia berharap, akan banyak hal yang dapat dipelajari para dosen di webinar kali ini. Pasalnya, menulis karya ilmiah adalah hal yang wajib bagi mereka untuk menunjang karir akademik dan meningkatkan kualitas diri. Di webinar ini, pihak LP2M menghadirkan Prof. Dr. Irwan Abdullah dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
PEREMPUAN DENGAN SKILL TINGGI BISA PUNYA POSISI STRATEGIS
Selasa, 1 September 2020 . in Berita . 493 views
2926_ejxx1.jpg
PRA-ACARA yang ditampilkan dalam webinar East Java Exploration (EJx) 2020 dibawakan oleh mahasiswa UIN Malang

GEMA-Sebagai salah satu universitas yang menyelenggarakan East Java Exploration (EJx) 2020, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pun mendapat giliran sebagai tuan rumah. Namun, karena masa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease), maka seluruh sesi di EJx 2020 dilaksanakan secara daring. Tahun ini, UIN Malang menghelat webinar bertema Muslim Women’s Empowerment in Indonesia, Jumat (28/8). Dalam pemaparannya, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Kelembagaan UIN Malang, Dr. Uril Bahrudin, M.Ag. menyatakan bahwa tidak ada gender bias ketika sudah dikaitkan dengan skill. Jika memang perempuan memiliki skill yang lebih baik, maka mereka pun bisa menduduki posisi penting di suatu lembaga. “Meski perempuan, dengan kompetensi yang tinggi maka jabatan apapun bisa dipegang,” tuturnya.
Sebagai bukti, lanjutnya, di UIN Malang banyak posisi-posisi strategis yang dijabat oleh kaum perempuan. Baik itu wakil rektor, dekan, kepala jurusan, maupun kepala lembaga/pusat studi. Melalui webinar ini, ia ingin agar UIN Malang mengenalkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang ramah dan peduli terhadap kaum perempuan. Tak hanya itu, ia ingin agar webinar tersebut menjadi media untuk mengenalkan UIN Malang sebagai kampus yang memiliki tenaga dan fasilitator edukasi yang mahir dan mumpuni di berbagai bidang. “Karena kami memiliki banyak mahasiswa asing, tentunya kami ingin berkontribusi positif terhadap perkembangan Islam dan memberikan manfaat ke seluruh umat," harapnya.

2927_ejxx2.jpg


Dalam webinar tersebut, narasumber yang dihadirkan ialah dua dosen perempuan dari UIN Malang, yaitu Dr. Istiadah (Ketua Pusat Studi Gender dan Anak) dan Ulfah Muhayani (Kandidat Ph.D. di The University of Queensland, Australia). Sebelum webinar dimulai, peserta dapat menyaksikan penampilan Grup Sendratari Srikandi dari Fakultas Humaniora UIN Malang. Mereka menampilkan Tari Saman dari Aceh. Selain itu, ada juga tampilan syair dan nyanyian, diiringi lima penari.
Agenda bertaraf internasional yang kali pertama dilaksanakan secara daring ini diikuti 60 peserta dari 20 negara. Di antaranya ialah Australia, Libya, Mesir, Irak, Sudan, Yaman, Jerman, dan Amerika. EJx merupakan program sepuluh universitas di Jawa Timur yang merupakan anggota Western Australia-East Java Universities Consortium (WAEJUC). Kesepuluh kampus tersebut yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Jember, ITS Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, dan UPN Veteran Surabaya. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
BERDEMOKRASI DAN BERINOVASI DI MASA PANDEMI
Senin, 31 Agustus 2020 . in Berita . 487 views
2924_lantik.jpg
REKTOR didampingi wakil rektor bidang kemahasiswaan melantik pengurus OMIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang secara daring

GEMA-Pasca Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dilakukan secara daring, saatnya mereka yang terpilih untuk dilantik. Komisi Pemilihan Umum Pemilwa langsung mengagendakan pelantikan ketua dan pengurus Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) dari tingkat UKM, DEMA, dan SEMA Periode 2020-2021 sekitar seminggu setelah usai pemilihan, Jumat (28/8).
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. mengapresiasi proses demokrasi yang tetap berjalan meski masih di masa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease). Tentu proses yang tidak biasa ini memberi pengalaman baru bagi mahasiswa dan juga pengurus terpilih. Selain diminta untuk menjalankan amanah seluruh mahasiswa UIN Malang, rektor juga berharap agar para pengurus lebih kreatif lagi. “Saya harap anda mampu berinisiasi dan berinovasi meski sementara kegiatan berjalan secara daring,” pesannya.
Ia menegaskan kepada para pengurus mahasiswa agar menaati peraturan yang berlaku saat menjalankan tugas pokok dan fungsunya. Dengan begitu, akan ada sinergi antar sesama sivitas akademik untuk mewujudkan visi-misi kampus. “Kalau semua berjalan beriringan, saya yakin kampus kita akan lebih berkembang dan maju,” paparnya.
Pelantikan yang berlangsung secara daring dan luring tersebut juga dihadiri wakil rektor Bidang Kemahasiswaan, para Kabiro, para dekan beserta wakilnya, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, serta Kasubbag Kemahasiswaan. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
MA’HAD UIN MALANG LAKSANAKAN PSDM 2020
Senin, 31 Agustus 2020 . in Berita . 914 views
2923_psdm.jpg
MUSYRIF/AH Pusat Ma'had al Jami'ah UIN Malang menerima pembekalan sebelum melaksanakan tugas untuk membimbing pembelajaran bagi mahasantri baru

GEMA-Pusat Ma’had al Jami’ah (PMJ) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menghelat Pengembangan Sumber Daya Musyrif/ah (PSDM) 2020/2021 di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Jumat (28/8). Mengingat sistem pembelajaran tahun ini yang berubah drastis, Direktur PMJ, Dr. Ahmad Muzakki menekankan pentingnya memahami teknis bagi pengurus ma’had. Maka, pihak panitia pun memberi tema “Mewujudkan Musyrif/ah, Santri Tahfidz dan Ta’mir yang Integratif, Inovatif dan Profesional di Tengah Pandemi Covid-19” untuk PSDM 2020.
Meski akan ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring di ma’had, Muzakki ingin agar musyrif/ah tetap menyelenggarakannya dengan tata cara yang memudahkan. “Pembelajaran juga harus menyenangkan serta humanis,” imbuhnya.
Faroidus Syauqy Ahmad, Murabbi PMJ, menyatakan nantinya mahasantri angkatan 2020 akan mengikuti kegiatan ma’had secara daring melalui aplikasi Zoom dan YouTube. Mereka juga akan mengakses video berisi materi tertentu. Untuk memudahkan musyrif/ah dalam membimbing mahasantri baru, PMJ memberikan Buku Pedoman Ta’lim Daring 2020 yang disusun murabbi/ah.
PSDM juga dilaksanakan daring dan luring. Ketika kegiatan luring, musyrif/ah wajib menyetorkan hasil rapid test. Sebelum memasuki ruangan, panitia melakukan cek suhu badan, mewajibkan pemakaian masker dan menggunakan hand sanitizer. (syf/nd)

Lebih Lanjut »
WR 1: SEMOGA UJIAN MANDIRI TERKENDALI TANPA EROR
Rabu, 26 Agustus 2020 . in Berita . 401 views
2917_to1.jpg
WAKIL Rektor Bidang Akademik mengawali pelaksanaan tryout Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang Jalur Mandiri (26/8)

 

GEMA-Sehari sebelum pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang Jalur Mandiri, panitia mengumpulkan sebagian besar operator dan penguji pada tryout, Rabu (26/8). Tryout juga diikuti oleh calon peserta ujian melalui kuota terbatas Zoom. Selebihnya, mereka dapat menyaksikan tayangan langsung melalui kanal YouTube resmi UIN Malang. Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. menaruh harapan agar tidak ada kendala serius selama pelaksanaan ujian yang dimulai pada (27/8) tersebut. “Kami adakan tryout ini agar semua paham alur dan teknisnya agar semua kendala bisa diatasi sebelumnya dan tidak akan ada eror lagi,” tuturnya.
Ia pun menuturkan bahwa peminat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di setiap jalur ujian semakin meningkat tahun ini. Lebih detil ia menyampaikan bahwa peminat di jalur SPAN-PTKIN ialah 25.500 orang, SNMPTN 4.600 orang, SBMPTN 5.600 orang, dan UM-PTKIN sebanyak 12.525 orang. Sementara itu peminat Jalur Mandiri menembus lebih dari 3.300 peserta.
Di hadapan seluruh calon peserta ujian, Prof. Zainuddin pun berpesan agar mulai memantapkan kesiapan untuk ujian daring esok. “Persiapannya bukan fisik saja namun juga mental,” imbuhnya. Ia juga mengingatkan pentingnya sikap jujur selama menjawab segala pertanyaan dari penguji. “Tentu kita mau hasilnya memuaskan karena sikap jujur kita,” papar Guru Besar Bidang Sosiologi Agama itu. (nd)

Lebih Lanjut »
SIAPKAN PERSONEL PERLANCAR SELEKSI MANDIRI
Senin, 24 Agustus 2020 . in Berita . 358 views

 

2911_op.jpg
TATA cara pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disampaikan oleh Ketua BAK, Imam Ahmad.

GEMA-Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah usai menyeleksi penguji dan operator. Total 236 personel yang dipilih untuk menyukseskan pelaksanaan ujian tahap akhir bagi calon mahasiswa baru ini. Mereka terdiri dari 120 penguji dan 116 operator. Agar tidak ada kendala, seluruh operator diberi pelatihan di Aula Gedung C lt. 3, Senin (24/8). Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. menuturkan bahwa tata cara ujian yang disiapkan oleh panitia merupakan terobosan baru yang hanya digunakan di UIN Malang. Pasalnya, sebagian besar kampus lainnya hanya menggunakan seleksi administrasi seperti nilai rapor. “Tapi kita kan selalu ingin input yang berbeda, maka ada seleksi baca tulis al Quran,” papar Guru Besar Sosiologi Agama itu.
Ketua BAK UIN Malang Imam Ahmad menjabarkan bahwa setiap operator bertanggung jawab untuk 20 peserta. Tak hanya mengatur keluar-masuk peserta melalui ruang ujian virtual, operator juga wajib memvalidasi data. “Operator berhak menggugurkan peserta yang datanya tidak sesuai, jadi mereka tidak lolos ke tahap ujian bersama penguji,” jelasnya.
Sebagai ganti Lembar Jawaban Ujian, operator wajib merekam jalannya ujian melalui laptop masing-masing. Hal ini, tutur Imam Ahmad, akan menjadi bukti panitia jika ada orang tua calon maba yang protes karena anaknya tidak lolos di saat hari pengumuman. “Selain itu, ada juga keharusan mengisi berita acara secara manual seperti pada ujian biasanya,” imbuhnya.
Menurut data panitia, per 24 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB, sudah ada 3.119 calon maba yang melakukan registrasi untuk ujian Jalur Mandiri. Dengan begini, ujian akan dilakukan selama dua hari. “Namun jika sampai hari terakhir pendaftaran peserta menembus 5.000, maka ujian akan dilaksanakan hingga Sabtu (29/8),” papar Imam. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up